Whatsapp Share Like Simpan

Kebutuhan vitamin C per hari tentu berbeda-beda untuk setiap usia. Kebutuhan vitamin C per hari yang begitu beragam tentu perlu diketahui karena sangat penting untuk tubuh. Agar tetap seimbang, yuk, ketahui lebih jauh berapa kebutuhan vitamin C per hari yang baik bagi tubuh.

Perlu diketahui bahwa Ibu perlu memenuhi kebutuhan vitamin C per hari sesuai standar yang ditetapkan oleh Kementerian Kesehatan Indonesia dalam Angka Kecukupan Gizi (AKG) tahun 2019. Menurut Angka Kecukupan Gizi (AKG), anak berusia 1-3 tahun membutuhkan asupan vitamin C sebanyak 40-45 mg. Sedangkan remaja berusia di atas 12 tahun perlu memenuhi kebutuhan vitamin C setidaknya 65-90 mg per hari. Sementara orang dewasa di atas 18 tahun, kebutuhan vitamin C hariannya yakni 75-90 mg.

Seperti diketahui, vitamin C tidak dapat diproduksi sendiri oleh tubuh. Maka, untuk memenuhi kebutuhan vitamin C per hari, Ibu perlu juga memberikan asupan makanan yang mengandung vitamin C yang umumnya ditemukan pada buah-buahan atau sayuran. Kalau begitu, apa saja contoh vitamin C untuk mendukung kesehatan dan tumbuh kembang anak? Simak penjelasannya di bawah ini.

Sumber Vitamin C Terbaik

Berikut adalah beberapa sumber untuk memenuhi kebutuhan vitamin C per hari yang baik dikonsumsi oleh anak, di antaranya: 

  1. Jambu Biji

    Jambu biji termasuk contoh sumber untuk kebutuhan vitamin C per hari yang baik. Jambu biji dapat dikonsumsi oleh si Kecil untuk mendukung asupan nutrisi hariannya. Dalam sebuah jambu biji ukuran sedang mengandung vitamin C sekira 125 mg. Jumlah tersebut setara dengan 140% dari kebutuhan vitamin C per hari. Kandungan nutrisi lainnya seperti protein, karbohidrat, serat, kalsium, zat besi, zinc, kalium, vitamin B kompleks, dan lainnya.

    Artikel Sejenis

  2. Jeruk

    Kebutuhan vitamin C per hari juga bisa dipenuhi dari buah yang paling populer ini: jeruk. U.S. Department of Agriculture menyebutkan, satu buah jeruk ukuran sedang mengandung vitamin C sekira 70 mg. Jumlah tersebut sebenarnya sudah mencukupi kebutuhan vitamin C harian. Jeruk juga mengandung nutrisi lain yang tak kalah penting, seperti protein, serat, zat besi, vitamin B6, vitamin D, vitamin B12, magnesium, dan lainnya.

  3. Pepaya

    Pepaya dikenal sebagai buah yang dapat melancarkan saluran pencernaan. Pepaya pun termasuk salah satu buah yang bisa memenuhi kebutuhan vitamin C per hari yang penting untuk dikonsumsi si Kecil. Satu mangkuk saji atau sekira 250 gram buah pepaya mengandung vitamin C sebanyak 90 mg. Jumlah tersebut sudah jelas telah mencukupi asupan vitamin C harian yang dianjurkan. Pepaya juga mengandung nutrisi lain yang penting bagi anak, di antaranya protein, serat, vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin D, vitamin E, vitamin K, zat besi. Zinc, magnesium, selenium, dan lain-lain.

  4. Kiwi

    Kiwi adalah buah yang identik dengan perpaduan rasa manis dan asam yang menyegarkan. Kiwi juga termasuk contoh buah yang bisa menyuplai kebutuhan vitamin C per hari untuk si Kecil. Satu buah kiwi berukuran sedang mengandung vitamin C sebanyak 64 mg. Kiwi mengandung beragam nutrisi penting lainnya, seperti protein, serat, vitamin C, vitamin B kompleks, vitamin E, kalsium, kalium, zat besi, magnesium, zinc, fosfor, dan kolin.

  5. Mangga

    Ibu bisa dapatkan juga kebutuhan vitamin C per hari dari buah mangga. Setengah buah mangga berukuran sedang mengandung vitamin C sekitar 65 mg. Tak hanya itu, mangga juga termasuk buah yang kaya akan serat dan fitokimia seperti karotenoid dan polifenol. Penelitian menunjukkan bahwa senyawa antioksidan polifenol yang ada dalam mangga berpotensi menurunkan risiko kanker usus besar.

  6. Stroberi

    Kebutuhan vitamin c per hari selanjutnya yang bisa dipenuhi oleh anak dengan mengonsumsi buah stroberi. Dalam satu mangkuk saji atau setara 150 gram stroberi mengandung vitamin C sekira 90 mg. Stroberi juga mengandung antioksidan tinggi berupa antosianin (zat warna alami pada buah-buahan dan sayuran) yang dapat menangkal radikal bebas dalam tubuh. 

    Buah yang termasuk contoh vitamin C ini pun mengandung protein, karbohidrat, serat, vitamin B6, vitamin B9 (asam folat), vitamin B12, vitamin D, kalsium, magnesium, natrium, dan lainnya. Semua nutrisi tersebut akan memberikan manfaat bagi kesehatan si Kecil. Selain stroberi, buah-buahan dalam kategori buah beri, seperti blueberry, cranberry, blackberry, dan blackcurrant akan memasok kebutuhan vitamin C per hari pada anak-anak. 

  7. Nanas

    Ibu juga bisa mendapatkan kebutuhan vitamin C per hari yang tepat dengan memberikan nanas kepada si Kecil. Satu buah nanas besar mengandung sekira 79 mg vitamin C. Buah ini juga terkenal dengan kandungan bromelain yang ada di dalamnya. Bromelain adalah enzim pencernaan yang membantu memecah protein dalam makanan, mengurangi perut kembung, serta berfungsi sebagai antiradang.

  8. Lemon

    Lemon dan jeruk memiliki banyak kemiripan sebagai buah untuk memenuhi kebutuhan vitamin C per hari yang baik. Satu buah lemon utuh mengandung vitamin C sekira 80 mg yang jumlahnya memang cukup tinggi. Karena itu, lemon sangat baik untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan dan meningkatkan daya tahan tubuh. Sama seperti buah-buahan dalam kategori sitrus, lemon juga mengandung antioksidan seperti serat dan zat fitokimia, sehingga penting untuk menurunkan risiko penyakit jantung di kemudian hari.

  9. Brokoli

    Selain buah-buahan, kebutuhan vitamin C per hari juga bisa didapatkan dari kategori sayuran yang aman dikonsumsi si Kecil. Salah satunya adalah brokoli. Semangkuk brokoli mengandung sekitar 85 mg vitamin C. Sayuran ini juga mengandung beragam nutrisi dan beragam manfaat penting seperti protein, serat, vitamin A, vitamin B6, vitamin B9 (asam folat), vitamin B12, vitamin C, vitamin K, kalsium, kalium, fosfor, magnesium, dan sodium.

  10. Kembang kol

    Jenis sayuran selanjutnya yang bisa penuhi kebutuhan vitamin C per hari adalah kembang kol. Semangkuk kembang kol mentah mengandung sekira 60 mg vitamin C yang bermanfaat bagi anak. Kembang kol juga mengandung nutrisi lain yang tak kalah penting, seperti serat, vitamin B6, vitamin B12, vitamin D, kalsium, kalium, zat besi, fosfor, magnesium, dan natrium.

  11. Bayam 

    Bayam juga merupakan sayuran yang akan penuhi kebutuhan vitamin C per hari yang baik bagi anak-anak. Dalam semangkuk bayam, atau setara 30 gram, mengandung vitamin C sekira 8,5 mg. Kandungan vitamin C pada bayam memang tidak sebanyak kandungan vitamin pada kedua jenis sayuran sebelumnya, tetapi bayam mengandung banyak nutrisi penting, mulai dari serat, vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin K, kalsium, kalium, zat besi, fosfor, magnesium, dan zinc. Kandungan nutrisinya menjadikan bayam sebagai sayuran yang dapat menjaga kesehatan saluran pencernaan, meningkatkan daya tahan tubuh, menjaga kesehatan jantung, dan lainnya. 

Selain dari sumber makanan di atas, kebutuhan vitamin C per hari juga bisa Ibu dapatkan dalam susu susu bubuk pertumbuhan Frisian Flag PRIMAGRO 1+ yang telah diperkaya oleh beragam nutrisi penting, termasuk kandungan vitamin C yang mencapai 100% AKG. Frisian Flag PRIMAGRO 1+ merupakan susu bubuk pertumbuhan yang diperkaya oleh vitamin D3 dengan kombinasi 9 Asam Amino Esensial (9AAE) yang lengkap, serta zat besi, zinc, magnesium, dan vitamin C tertinggi untuk mendukung daya tahan tubuh si Kecil lebih optimal.

Pertumbuhan si Kecil bisa terhambat jika kekurangan 9AAE. Berdasarkan penelitian J.Nutr yang dipublikasi dalam National Center for Biotechnology Information menyebutkan, kekurangan 1 jenis dari 9 Asam Amino Esensial (9AAE) akan menghambat tumbuh kembang anak sebanyak -34%. Bahkan, kekurangan semua jenis 9 Asam Amino Esensial (9AAE) akan menghambat tumbuh kembang anak hingga -50%. Karena itu, kehadiran 9 Asam Amino Esensial (9AAE) yang lengkap dalam susu Frisian Flag PRIMAGRO 1+ sangat penting untuk meningkatkan penyerapan nutrisi lain sehingga lebih mudah diserap oleh tubuh si Kecil. Susu bubuk pertumbuhan Frisian Flag PRIMAGRO 1+ juga dilengkapi dengan empat kali DHA yang lebih tinggi, asam sialat dan spingomyelin yang berperan dalam perkembangan otak dan akal kreatif anak.

Ditinjau oleh: Yeni Novianti, S.Gz