Whatsapp Share Like
Simpan

Bu, agar tumbuh kembang si Kecil dapat berjalan secara optimal, Ibu perlu mendukung aktivitas fisik si Kecil. Salah satunya adalah dengan rutin berenang. Saya pun sering mengajak si Kecil berenang sejak ia berusia satu tahun lho, Bu. Menurut artikel online yang saya baca, pada saat berada dalam air, sistem saraf si Kecil akan terangsang karena mereka akan menendang, berseluncur, dan melakukan aktivitas lain dalam air. Berikut ini saya mau berbagi soal manfaat berenang untuk anak, Bu.

1. Menguatkan Otot Tubuh

Saya jadi ingat pertama kali mengajak si Kecil berenang, ia kelihatan sangat senang dan aktif menggerakkan tubuhnya. Nah, perlu Ibu ketahui bahwa ketika berenang, tubuh perlu mengeluarkan energi lebih, untuk melawan massa air. Jadi, dengan rutin berenang, otot tubuh si Kecil akan lebih kuat serta lentur, khususnya pada bagian trisep, dada, dan paha depan. Selain itu, otot yang aktif bergerak juga dapat menstimulasi si Kecil tumbuh lebih tinggi lho, Bu.

2. Baik untuk Kesehatan Jantung

Selain membentuk otot tubuh, berenang juga mampu meningkatkan otot jantung si Kecil, Bu. Bahkan, menurut penelitian yang dilansir oleh British Journal and Sports Medicine, olahraga berenang dapat mengurangi risiko terkena penyakit jantung hingga 40%. Hal ini dikarenakan, ketika berenang, otot jantung akan bekerja lebih baik dalam memompa aliran darah ke seluruh tubuh si Kecil. Nah, agar kesehatan jantung si Kecil dapat terjaga secara optimal, ia disarankan untuk melakukan olahraga renang sebanyak satu kalidalam seminggu dengan durasi 20-30 menit, ya.

3. Baik untuk Kesehatan Paru-Paru

Tahukah Ibu? Berenang bisa menjadi pilihan olahraga anak yang tepat untuk mengatasi gangguan pernapasan. Hal ini disebabkan olahraga renang mampu memperluas kapasitas paru-paru pada tubuh, sehingga sistem pernapasan si Kecil dapat berfungsi secara lebih optimal. Lalu, bagaimana jika si Kecil menderita asma? Tidak perlu khawatir Bu, karena olahraga renang sebenarnya baik untuk dilakukan penderita asma, lho. Namun, Ibu perlu memastikan agar kepala si Kecil tetap berada di atas permukaan air atau tidak menyelam ya, Bu. Namun Ibu tetap direkomendasikan untuk berkonsultasi ke dokter dulu, jika si Kecil memiliki kondisi tertentu.

4. Meningkatkan Kepercayaan  Diri

Selain baik untuk kesehatan fisik si Kecil, ternyata berenang dapat meningkatkan kepercayaan dirinya. Waktu dulu ketika saya mengajak si Kecil berenang, awalnya ia merasa takut untuk masuk ke kolam renang. Namun, setelah saya bujuk secara perlahan-lahan, si Kecil akhirnya malah kegirangan bergerak dengan bebas dan leluasa di dalam air. Nah, ternyata pencapaian si Kecil untuk menaklukan rasa ketakutan tersebut dapat meningkatkan kepercayaan dirinya.

5. Mengurangi Rasa Cemas

Tidak hanya itu saja, olahraga renang juga dapat menghilangkan stres, Bu. Dari artikel online yang saya baca, berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Centers for Disease Control and Prevention, berenang dapat meningkatkan hormon endorfin atau hormon bahagia dalam tubuh. Tentu saja hal ini berlaku untuk Ibu dan juga si Kecil. Jadi, aktivitas positif ini juga bisa Ibu manfaatkan sebagai waktu berkualitas bersama si Kecil, deh. 

Ada banyak sekali ya manfaat berenang untuk anak. Jadi tunggu apa lagi? Yuk, dukung tumbuh kembang si Kecil dengan rutin mengajaknya berenang. Ibu juga tetap disarankan untuk berkonsultasi ke dokter sebelum mengajak si Kecil berenang, terutama jika ia memiliki kondisi tertentu, seperti sakit atau alergi tertentu. Semoga artikel ini bermanfaat ya, Bu!