Share Like
Simpan

Ibu pasti bangga melihat si Kecil yang semakin pintar saat ini. Saya juga merasakan hal yang sama saat si Kecil berhasil menunjukkan perkembangan tertentu, Bu. Untuk terus mengasah kecerdasannya, salah satu cara yang saya lakukan adalah dengan memastikan asupan nutrisinya. Salah satunya adalah dengan rajin memberikan sayur untuk anak. Dari artikel online yang saya baca, menurut Ong Jian Xin, seorang ahli diet di KK Women’s and Children Hospital, Singapura, sayur memiliki banyak sekali manfaat bagi kecerdasan dan tumbuh kembang anak. Mari kenali jenis sayuran apa saja yang dapat mendukung perkembangan otak si Kecil.

1. Bayam

Asam folat, Vitamin E, dan Vitamin K adalah kandungan yang ada di dalam sayur hijau ini dan bermanfaat untuk perkembangan otak si Kecil. Oleh karena itu, sebuah jurnal penelitian menyebutkan bahwa konsumsi bayam mampu mencegah penurunan psikologis anak hingga 40%. Dalam setengah mangkuk bayam, ada sekitar sepertiga kadar Asam Folat dan dan lima kali kadar Vitamin K yang dibutuhkan tubuh per harinya, Bu. Oleh sebab itu, ini saatnya Ibu mulai sering memberikan si Kecil bayam, ya.

2. Tomat

Apakah si Kecil sering mengonsumsi buah tomat? Jika iya, kebiasaan ini baik untuk dipertahankan, Bu. Tomat memiliki kandungan Vitamin A, Vitamin C, dan lycopene yang dapat meningkatkan daya ingat dan konsentrasi si Kecil. Ibu bisa mengolah tomat menjadi campuran ikan sarden, telur bumbu tomat, atau jenis makanan untuk perkembangan otak anak lainnya. Saat proses masak, Ibu juga bisa menambahkan sedikit minyak zaitun demi mengoptimalkan penyerapan dari khasiatnya.

3. Ubi Manis

Selain rasanya yang nikmat, ternyata ubi manis bermanfaat untuk tumbuh kembang anak, lho. Jenis sayuran satu ini kaya akan Vitamin B6 dan antioksidan yang berguna untuk meningkatkan kerja otak. Sebagai inspirasi, agar lebih nikmat, saya sering memberikan si Kecil rebusan ubi manis yang dilumuri madu.

4. Buah Bit

Siapa sangka, ternyata buah berwarna ungu ini memiliki banyak sekali manfaat bagi tubuh si Kecil, antara lain meminimalkan risiko kanker dan meningkatkan konsentrasi serta fokus anak, Bu. Salah satu cara mengolah bit dengan mudah adalah menjadikannya minuman jus sehat. Sayangnya, buah bit juga mengeluarkan rasa langu yang terkadang membuat si Kecil menolak untuk meminumnya, Bu. Nah, untuk mengurangi rasa langu tersebut, Ibu bisa mencampurnya dengan buah lain seperti wortel, stroberi, atau jeruk; dan menambahkan madu ke dalam jus.

5. Kembang Kol

Sayuran satu ini tentu pernah Ibu masak, bukan? Nah, ternyata kembang kol merupakan salah satu jenis makanan untuk perkembangan otak anak, lho. Kembang kol kaya akan Vitamin C dan Vitamin K yang merupakan nutrisi baik bagi otak si Kecil.  Hidangan kembang kol sendiri juga tergolong cukup variatif, seperti tumis sayur atau sup yang lezat.


Mari, Bu dukung si Kecil tumbuh pintar dengan memberikannya menu yang mengandung sayur untuk anak di atas. Sebagai inspirasi, Ibu dapat mendapatkan berbagai inspirasi resep dari Ibu dan Balita. Tertarik untuk mencobanya, Bu?