Whatsapp Share Like
Simpan

Halo, Bu! Selama ini kita sering mendapat informasi bahwa telur dan seafood bisa memicu alergi pada bayi usia kurang dari setahun. Namun, pernahkah Ibu mendengar bahwa beberapa jenis buah dan sayur juga bisa memicu alergi bila diberikan di usia terlalu dini saat memulai MPASI? Yuk, simak penjelasan selengkapnya.

· Bisakah Bayi Alergi Buah dan Sayur?

Meski kasus alergi buah dan sayur sangat jarang terjadi, namun hal ini bisa saja menimpa si Kecil kesayangan di rumah. Saat konsultasi, dokter menjelaskan kepada saya bahwa kebanyakan kasus alergi disebabkan oleh reaksi terhadap Profilins atau kandungan Protein yang memengaruhi bentuk dan fungsi sel dalam tubuh. Nah, Profilins ini biasanya terkandung dalam sayur serta buah pemicu alergi pada bayi, seperti melon, semangka, tomat, pisang, jeruk, mentimun, dan labu. Selain itu, alergi juga bisa muncul karena kekebalan tubuh dan sistem pencernaan si Kecil masih berkembang.

· Apa Gejala Alergi Buah dan Sayur?

Ketika mengalami alergi, umumnya si Kecil akan menggaruk beberapa bagian tubuhnya karena merasa gatal atau muncul ruam. Pada kasus alergi yang lebih parah, si Kecil bisa saja mual atau beberapa bagian tubuhnya membengkak, seperti lidah, bibir, atau mulut. Bila pada pemberian MPASI pertama si Kecil mengalami hal tersebut, sebaiknya hentikan pemberian makanan dan tunda menu tersebut sampai beberapa bulan kemudian.

· Bagaimana Cara Mengatasinya?

Mengingat si Kecil baru memulai MPASI, ada baiknya Ibu mencatat menu yang diberikan kepada si Kecil setiap harinya. Jadi, apabila terjadi ruam, gatal-gatal, atau gejala alergi lain, Ibu dapat mengetahuinya berdasarkan makanan yang dikonsumsi. Hindarilah jenis makanan tersebut selama beberapa bulan. Misalnya, bila si Kecil ruam setelah makan puree tomat di usia 6 bulan, tunda pemberiannya sampai ia berusia 8-9 bulan. Setelah itu, Ibu bisa mencoba memberikan tomat kembali sebagai kombinasi menu 4 bintang. Bila alergi tersebut hilang, ada kemungkinan tubuh si Kecil sudah mulai menerima makanan tersebut dengan baik.

Nah, itu dia beberapa informasi seputar alergi pada bayi saat memulai MPASI. Semoga info ini bermanfaat ya, Bu. Semangat terus merawat si Kecil!