Share Like
Simpan

Bu, masih bingung memilih sepatu yang akan dibeli untuk si Kecil? Ibu tidak perlu khawatir, ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Biasanya, saya memprioritaskan kenyamanan kaki si Kecil. Apalagi, batita kesayangan tengah belajar berjalan. Tentunya, pemilihan sepatu harus lebih hati-hati. Nah, berikut ini tips memilih sepatu anak  yang saya terapkan kepada si Kecil dulu. Simak yuk, Bu!

1. Pilih Sepatu Berperekat Dibanding Bertali

Model sepatu anak saat ini memang beragam. Tapi, selain memperhatikan model atau warnanya, perhatikan juga cara menggunakannya. Pilihlah yang paling mudah digunakan. Oleh sebab itu, Ibu lebih baik memilih sepatu yang menggunakan velcro (berperekat) dibanding sepatu bertali, terutama saat si Kecil menginjak usia 1-3 tahun. Sepatu bertali bisa mempersulit Ibu saat membuka dan memakaikannya dan beresiko membuat si Kecil tersandung, Bu.

2. Cari Bahan  yang Ringan

Tips memilih sepatu anak yang kedua adalah cari bahan lembut dan ringan. Ibu bisa memperhatikannya mulai dari bahan sol yang bertekstur agar tidak licin. Kemudian, untuk bagian dalam sepatu, carilah bahan yang berpori sehingga mampu menyerap keringat. Jadi, sepatu dan kaki si Kecil tidak bau.

3. Pastikan Bentuknya Fleksibel

Agar pertumbuhan kaki si Kecil tidak terganggu, pilihlah sepatu yang fleksibel. Caranya adalah menekuk sepatu menjadi dua. Apabila Ibu menemukan sepatu yang bisa ditekuk seperti itu, berarti pilihan Ibu sudah benar. Sepatu yang fleksibel memudahkan si Kecil melangkah karena tidak kaku.

4. Cobalah Pada Kedua Kaki si Kecil

Saat membeli sepatu si Kecil, lebih baik ajak ia untuk mencobanya. Pinta si Kecil berjalan beberapa langkah dengan sepatu tersebut. Hal ini untuk menghindari rasa kesempitan atau tidak nyaman. Apabila kaki si Kecil merasa kesakitan, pilihlah sepatu lain yang membuatnya nyaman dan tahan berjalan seharian.

Apakah tips di atas bisa membantu Ibu memilih sepatu batita kesayangan? Ingatlah selalu untuk mementingkan kenyamanan si Kecil sebelum memerhatikan model atau warna sepatu yang akan dipilih ya, Bu. Semoga tips memilih sepatu anak dari saya ini  bermanfaat!