Share Like
Simpan

Pernahkah bunda menemukan baju atau sepatu yang rasanya baru saja dibeli sebulan lalu dan kini telah sempit saat dikenakan si kecil? Anak-anak memang tumbuh dengan cepat, namun bunda dapat tetap berhemat dalam keperluan baju dan sepatu untuk si kecil dengan beberapa tips berikut ini:

1.Murah tidak selalu hemat
Saat bunda melihat baju atau sepatu yang dijual dengan harga murah, tentu akan tergoda untuk membelinya Namun ingatlah, harga murah belum tentu memiliki kualitas yang baik. Periksalah kualitas baju dan sepatu saat bunda membeli baju atau sepatu. Lebih baik bunda membeli baju atau sepatu dengan harga yang di atas harga obral, namun memiliki kualitas yang baik, sehingga lebih awet.

2. Manfaatkan saat musim SALE tiba
Beberapa pusat perbelanjaan baju dan sepatu biasanya memiliki program SALE di saat-saat tertentu. Bunda dapat memanfaatkan saat obral untuk membeli perlengkapan si kecil, seperti baju, sepatu, topi, dll. Jangan lupa periksalah kualitasnya sebelum membeli. Sesuaikan juga dengan budget dan kebutuhan. Misalnya, walau bunda melihat dan tertarik membeli baju hangat, pertimbangkan kembali mengingat musim atau baju hangat yang lama masih bagus dan masih dapat dipakai.

3. Baju unisex
Jika si kecil memiliki adik perempuan atau laki-laki, bunda dapat memanfaatkan baju atau celana panjang yang dapat dipakai baik oleh adik maupun kakak. Dengan demikian bunda dapat menghemat pengeluaran karena baju dan celana yang dibeli dapat digunakan baik oleh anak perempuan dan anak laki-laki selama beberapa waktu.

4. Cari yang serba guna
Pilihlah busana yang dapat dipadu padankan dengan baju lainnya, seperti jins, legging atau rok. Baju dan celana tersebut dapat digunakan kapan saja dan dipadukan dengan busana lain. Bunda juga dapat membeli busana yang bersifat nyaman dan memiliki ‘tali ulur’ pada pinggang celana, sehingga dapat disesuaikan besar kecilnya lingkar pinggang anak, dan dapat dikenakan hingga si kecil tumbuh lebih besar nanti.

5. Hindari membeli baju yang terlalu pas
Beli baju atau celana yang sedikit lebih longgar/ukuran sedikit lebih besar dibandingkan ukuran tubuh si kecil saat ini, sehingga dapat ‘awet’ terpakai selama beberapa waktu.