Share Like
Simpan

Pernahkah Ibu merasa khawatir ketika mengajak si Kecil salat Tarawih? Saya pun sempat berpikir demikian. Awalnya, saya takut si Kecil akan mengganggu orang lain beribadah. Ternyata, pikiran saya salah, Bu. Justru dengan mengikuti salat Tarawih, si Kecil mendapatkan ilmu-ilmu baru. Berikut ini saya mau berbagi tips mendidik anak mengenai manfaat Tarawih bagi si Kecil, Bu.

1. Kenal Ayat Alquran

Memang benar Bu, si Kecil belum bisa menghafal surat-surat Alquran. Namun, Ibu bisa memperkenalkannya supaya si Kecil terbiasa. Dalam salat Tarawih, ada banyak surat pendek yang dibacakan oleh imam. Walau si Kecil belum sempurna mengerjakan salat, ia tidak akan merasa asing ketika harus menghafalnya kelak. Kalau kata pepatah, tak kenal maka tak sayang.

2. Mendengar Ceramah

Beberapa kisah nabi dan sejarah Islam sering diceritakan ketika ceramah salat Tarawih. Kebetulan saya memang tidak terlalu hafal dengan sejarah tersebut, sehingga jarang menceritakannya kepada si Kecil. Untungnya, saat salat Tarawih, si Kecil duduk tenang mendengarkan. Sampai-sampai ia bertanya soal siapa para nabi tersebut. Ketimbang materi pelajaran yang sulit, penyampaian secara langsung seperti ini bisa lebih mudah dimengerti si Kecil, Bu.

3. Belajar Tenggang Rasa

Salah satu cara mendidik anak yang bisa didapatkan ketika Tarawih adalah belajar tenggang rasa. Menurut artikel yang saya baca, dengan mengajak si Kecil Tarawih, ia akan belajar soal hal tersebut. Misalnya, saya selalu mengingatkan si Kecil ketika ia mulai mengobrol di masjid dan aktivitasnya mulai mengganggu orang lain. Biasanya, saya bilang kepadanya, “Adik, kita harus menghormati orang lain saat mereka beribadah dan tidak mengganggu mereka.” Setelah mendengar penjelasan tersebut, si Kecil langsung berhenti berbicara, Bu.

4. Belajar Bersabar

Salat Tarawih memakan waktu yang cukup lama, Bu. Selama sekitar 1,5-2 jam, Ibu dan si Kecil fokus beribadah dan tidak melakukan aktivitas lainnya. Saya sempat khawatir si Kecil akan merasa bosan dan mulai ngambek. Namun, saya terus-menerus mengingatkannya dan mengalihkan perhatiannya. Untungnya, si Kecil lebih tenang ketika pehatiannya teralihkan. Ia tidak melulu bertanya kapan salat selesai, Bu.

Dengan mengetahui manfaat salat Tarawih bagi si Kecil, Ibu tidak perlu khawatir lagi untuk mengajaknya bukan? Berdasarkan pengalaman saya ini, salat Tarawih bisa menjadi salah satu tips mendidik anak tentang berbagai hal, Bu. Yuk, ajak si Kecil salat Tarawih bersama!