Whatsapp Share Like Simpan

Pola dan gaya hidup vegan tidak serta merta hanya memengaruhi mereka yang ingin mencoba menurunkan berat badan secara alami saja. Beberapa bahan makanan dan minuman ternyata menawarkan manfaat yang baik bagi Ibu hamil yang butuh nutrisi lengkap. Salah satunya adalah susu almond untuk Ibu hamil. Sesuai dengan namanya, susu almond untuk Ibu hamil berasal dari kacang almond, salah satu jenis kacang-kacangan yang mengandung protein sebagai salah satu sumber nutrisi yang diperlukan oleh Ibu hamil dalam menjaga kesehatan kandungan. Lalu bagaimana dengan manfaat dari susu almond untuk Ibu hamil? Temukan lengkapnya di bawah.

Kandungan susu almond untuk Ibu hamil

Susu almond untuk Ibu hamil bisa jadi alternatif baik untuk melengkapi nutrisi Ibu yang mengidap alergi susu sapi. Meskipun berbeda dengan olahan susu sapi, susu almond untuk Ibu hamil ini dinilai memiliki kandungan yang tepat dalam menjaga kesehatan kandungan tetap optimal. Berikut adalah kandungan yang bisa Ibu temukan dalam susu almond untuk Ibu hamil.

  1. Sumber vitamin

    Sebagai salah satu alternatif susu yang baik, susu almond untuk Ibu hamil mengandung ragam vitamin penting yang diperlukan oleh Ibu guna mencukupi kadar asupan harian. Dalam susu almond untuk Ibu hamil terdapat kandungan vitamin A, B12, D, dan E. Pemenuhan asupan vitamin tersebut dianggap mampu menghadirkan manfaat dalam menjaga kesehatan janin di dalam kandungan agar dapat tumbuh secara optimal. Selain itu, vitamin E yang ada dikandung oleh susu almond untuk Ibu hamil juga dapat membantu kulit untuk tetap terlihat cerah di masa kehamilan.

  2. Kaya kalsium

    Kandungan lainnya yang dibutuhkan oleh Ibu hamil adalah kalsium. Kalsium berguna demi menghindari keroposnya tulang pada Ibu hamil, sekaligus juga membantu perkembangan tulang dan gigi pada janin. Susu almond untuk Ibu hamil juga bisa jadi alternatif baik untuk dikonsumsi agar Ibu mampu melengkapi kebutuhan harian secara optimal. Pasalnya, kurangnya asupan kalsium harian dinilai berbahaya bagi kesehatan Ibu di masa kehamilan.

  3. Mengandung antioksidan

    Antioksidan bermanfaat agar tubuh Ibu dapat terhindar dari radikal bebas yang menjadi salah satu pemicu rentan terserang penyakit. Namun, kegunaan antioksidan pada Ibu hamil tidak hanya berhenti di situ. Susu almond untuk Ibu hamil juga mengandung antioksidan yang bermanfaat untuk menghindari risiko hadirnya stres oksidatif yang kerap kali hinggap di masa kehamilan. Stres oksidatif ini terjadi di masa perkembangan plasenta. Mengatur tingkat stres secara baik akan membantu tubuh Ibu tetap merasa rileks dalam menjalankan aktivitas sehari-hari.

    Artikel Sejenis

  4. Asam lemak omega-3

    Dalam memenuhi kebutuhan asam lemak omega-3 untuk menjaga kesehatan kandungan, Ibu juga bisa memilih susu almond untuk Ibu hamil sebagai alternatif di luar bahan makanan hewani, seperti ikan. Kebutuhan asupan asam lemak omega-3 di masa kehamilan diperlukan tidak hanya agar bayi dapat tumbuh dengan optimal, tapi juga mengurangi risiko kelahiran prematur.

  5. Kandungan gula rendah

    Di masa kehamilan, Ibu juga perlu dengan cermat membatasi konsumsi gula. Pasalnya, risiko hadirnya diabetes gestational cukup tinggi menghampiri di masa kehamilan. Oleh karena itu, sangat dianjurkan bagi Ibu untuk mengonsumsi makanan dan minuman dengan kadar gula yang rendah, seperti susu almond untuk Ibu hamil ini. Diabetes gestasional ini perlu sangat dihindari untuk terjangkit di masa kehamilan. Tidak hanya dapat membahayakan Ibu dengan risiko diabetes, hadir juga risiko terhadap bayi yang lahir dengan berat badan yang kurang normal hingga risiko cidera saat persalinan.

    Baca juga: 6 Manfaat Susu Kedelai untuk Ibu Hamil dan Efek Sampingnya Terhadap Kesehatan

Manfaat susu almond untuk Ibu hamil

Dari kandungan yang ada di dalam susu almond untuk Ibu hamil, tentu alternatif minuman pelengkap nutrisi ini juga membawa manfaat yang baik bagi Ibu hamil. Berikut adalah manfaat yang bisa Ibu dapatkan di masa kehamilan dengan meminum susu almond untuk Ibu hamil.

  1. Menjaga kesehatan jantung

    Salah satu manfaat yang bisa Ibu rasakan ketika mengonsumsi susu almond untuk Ibu hamil adalah menjaga kesehatan jantung dengan baik. Manfaat tersebut bisa didapatkan karena susu almond untuk Ibu hamil tidak mengandung lemak jenuh. Oleh karena itu, susu almond untuk Ibu hamil tidak menghadirkan risiko dalam meningkatkan kolesterol pada darah yang mengalir di dalam tubuh sehingga kesehatan jantung dapat terjaga secara optimal. 

  2. Mengurangi risiko cacat pada bayi

    Kandungan nutrisi yang ada di dalam susu almond untuk Ibu hamil manfaatnya juga bisa dirasakan oleh janin yang ada di dalam kandungan. Diketahui bahwa susu almond untuk Ibu hamil juga mengandung asam folat yang baik untuk perkembangan jaringan sel janin di dalam kandungan. Dengan mengonsumsi susu almond untuk bayi sebagai alternatif, Ibu juga berperan agar janin di dalam kandungan tetap terjaga kesehatannya sehingga mengurangi risiko cacat seusai proses persalinan berlangsung.

  3. Meningkatkan daya tahan tubuh

    Antioksidan merupakan salah satu senyawa yang dibutuhkan oleh tubuh agar sistem imun dapat berfungsi dengan baik. Oleh karena itu jadi penting bagi Ibu dalam menjaga konsumsi susu almond untuk Ibu hamil yang kaya akan antioksidan. Pasalnya dalam beberapa kondisi, kerap kali Ibu hamil mudah terserang penyakit akibat sistem imun yang memiliki kinerja kurang baik. Menjaga daya tahan tubuh secara optimal juga akan memudahkan Ibu menjalankan aktivitas sehari-hari dan tidak mudah merasa lelah.

  4. Mengatasi sembelit

    Reputasi kacang almond sebagai salah satu makanan yang dianjurkan untuk dikonsumsi dalam program penurunan berat badan ternyata juga bermanfaat dalam menjaga sistem pencernaan Ibu hamil untuk tetap berada dalam kondisi sehat. Sebagai olahan kacang almond, susu almond untuk Ibu hamil juga mengandung serat yang tinggi sehingga membantu tubuh melancarkan sistem pencernaan. Sistem pencernaan yang lancar tersebut membantu Ibu untuk memiliki siklus buang air besar yang teratur sehingga terhindar dari risiko sembelit yang mengganggu di masa kehamilan.

Bagi Ibu yang memang mengidap alergi terhadap protein di dalam susu sapi, minum susu almond untuk Ibu hamil bisa jadi pilihan baik agar Ibu tetap menjaga asupan nutrisi yang dibutuhkan secara lengkap. Namun, pastikan juga bahwa Ibu tidak memiliki alergi terhadap kacang dan olahannya. Konsultasikan kepada dokter untuk mencari alternatif yang baik jika Ibu tidak bisa mengonsumsi olahan kacang seperti susu almond untuk Ibu hamil.

Jika Ibu tidak memiliki masalah alergi pada suatu bahan makanan, susu almond untuk Ibu hamil bisa jadi alternatif yang baik untuk mencoba hal baru yang bermanfaat di masa kehamilan. Agar kesehatan janin yang dikandung tetap terjaga dengan baik, pastikan Ibu selalu memerhatikan kualitas asupan di masa kehamilan. Selain susu almond untuk Ibu hamil, Ibu juga bisa melengkapi asupan nutrisi harian yang berkualitas rutin mengonsumsi susu khusus Ibu hamil dari dari Frisian Flag MAMA yang mengandung protein, serat pangan, vitamin B9 (asam folat), zat besi, dan kalsium untuk mendukung kesehatan Ibu dan si Kecil selama di dalam kandungan hingga setelah lahir.