Whatsapp Share Like Simpan

Saat mendengar istilah gelatin, Ibu pasti langsung berpikir tentang bahan kue, puding, atau dessert, bukan? Memang benar gelatin biasanya digunakan sebagai bahan tambahan dalam membuat berbagai macam camilan seperti kue hingga puding. Namun, tahukah Ibu ternyata manfaat gelatin juga baik lho untuk kesehatan tubuh. Manfaat gelatin yang paling sering disebut-sebut yaitu untuk menjaga kesehatan kulit. Sebelum membahas lebih jauh tentang manfaat gelatin, lebih baik Ibu cari tahu dulu apa itu gelatin dan terbuat dari apa saja. 

Melansir dari laman resmi Medicalnewstoday.com, gelatin merupakan suatu senyawa protein yang diekstraksi dari hewan, dapat diperoleh dari jaringan kolagen hewan yang terdapat pada kulit, tulang, dan jaringan ikat. Gelatin yang ada di pasaran umumnya diproduksi dari kulit dan tulang sapi atau babi. Sekitar 98 hingga 99 persen kandungan dalam gelatin adalah protein yang nantinya dipecah menjadi bentuk sederhana disebut asam amino glisin. Sementara, sisa kandungan lainnya adalah air dan sedikit vitamin serta mineral. Namun, di dalam gelatin tidak terdapat asam amino esensial sehingga menyebabkan gelatin tidak dapat digolongkan sebagai protein lengkap.

Dalam memahami apa itu asam amino, Ibu perlu mengetahui bahwa ada 20 jenis asam amino yang dibutuhkan agar tubuh dapat berfungsi dengan baik. Asam amino ini ada beberapa bagian, yaitu asam amino esensial, asam amino non esensial, dan asam amino kondisional. Meskipun ada 20 asam amino, namun hanya ada 9 jenis asam amino yang masuk dalam kategori sangat penting bagi tubuh. 9 jenis asam amino ini disebut sebagai 9 asam amino esensial atau 9AAE. 

Kehadiran 9 asam amino esensial (9AAE) ini penting untuk tubuh, terutama si kecil yang sedang dalam masa tumbuh kembang karena 9AAE ini bermanfaat untuk:

  • Membangun dan memelihara jaringan tubuh
  • Sebagai antibodi untuk melawan infeksi penyakit, luka, dan pembekuan darah
  • Sebagai sumber energi
  • Mengangkut zat gizi yang dibutuhkan oleh tubuh

Kebutuhan 9 asam amino esensial (9AAE) ini harus terpenuhi dalam 9 jenis yang lengkap dan jumlah yang tepat. 9 jenis asam amino esensial ini meliputi leusin, isoleusin, valin, triptofan, fenilalanin, metionin, treonin, lisin, dan histidin. Bagaimana jika kekurangan satu jenis asam amino esensial tersebut? Maka akan mengurangi fungsi optimal yang dibutuhkan oleh tubuh. Pasalnya, sebuah penelitian dari National Center for Biotechnology Information menjelaskan bahwa kekurangan satu jenis 9 asam amino esensial (9AAE), maka akan menurunkan kinerja hormon pertumbuhan (IGF-1) sebesar 34 persen. Sementara, kekurangan semua jenis 9 asam amino esensial (9AAE) akan menurunkan hormon pertumbuhan (IGF-1) sebesar 50 persen. Kebutuhan 9AAE ini bisa Ibu dapatkan dalam sumber makanan protein hewani, seperti susu, telur, ikan, daging merah, daging putih, serta tambahan dari protein nabati seperti kacang-kacangan serta hasil olahan lainnya. 

Artikel Sejenis

Sedangkan, asam amino non esensial terdiri dari 11 jenis asam amino. Meskipun tidak memiliki istilah esensial, keberadaan asam amino non esensial juga memiliki fungsi untuk membantu memenuhi asupan nutrisi tubuh dan bisa diproduksi oleh tubuh secara alami tanpa bantuan proses penguraian protein dari makanan. Sedangkan, asam amino kondisional merupakan kelompok asam amino yang dibutuhkan ketika sakit, terluka atau mengalami stres, jenisnya antara lain, cystein, glutamin, serine dan proline.

Sehingga dapat disimpulkan bahwa kebutuhan 9 asam amino esensial (9AAE) sangat penting untuk tubuh, terutama pada anak-anak. Ini karena 9 asam amino esensial (9AAE) tidak bisa diproduksi sendiri oleh tubuh sehingga memerlukan bantuan dari makanan berprotein tinggi. Sumber makanan inilah yang nantinya dapat mendukung potensi tumbuh kembang anak lebih optimal. 

Meskipun hanya mengandung asam amino, manfaat gelatin juga ternyata penting untuk kesehatan tubuh lho, Bu. oleh karena itu, penting bagi Ibu mengetahui apa saja manfaat gelatin dari penjelasan di bawah ini. 

Manfaat Gelatin Untuk Kesehatan

Di balik fungsinya untuk mengenyalkan makanan, ternyata ada beberapa manfaat gelatin yang bisa Ibu dapatkan, di antaranya:

Manfaat Gelatin: Menjaga kesehatan kulit dan rambut

Manfaat gelatin ini didapatkan karena kandungan kolagen yang terdapat di dalamnya. Sebagaimana yang Ibu ketahui, kolagen merupakan komponen penting dalam kulit yang berfungsi untuk menjaga elastisitas dan kelembaban kulit. Namun, seiring bertambahnya usia, produksi kolagen dalam tubuh pun akan berkurang sehingga kulit bisa jadi lebih kering atau bisa memunculkan keriput, terutama di area wajah. 

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa manfaat gelatin dan suplemen kolagen lainnya dapat membantu menghambat penuaan dini dan membantu menjaga kelembaban kulit lho, Bu. Selain itu, manfaat gelatin juga dapat membantu meningkatkan pertumbuhan dan ketebalan rambut.

Manfaat Gelatin: Meningkatkan kesehatan sendi dan tulang

Penelitian dalam Journal of Agricultural and Food Chemistry menyimpulkan bahwa manfaat gelatin dapat membantu mengurangi peradangan pada bagian sendi dan tulang. Namun begitu, gelatin tetap bukan jadi bahan utama untuk menyembuhkan peradangan karena efektivitasnya pun tidak begitu signifikan ya, Bu. Ini karena hal tersebut masih perlu dibuktikan lebih dalam lagi melalui penelitian lanjutan. 

Manfaat Gelatin: Membantu menjaga fungsi otak 

Manfaat gelatin selanjutnya yaitu dapat membantu menjaga fungsi otak. Manfaat gelatin ini didapatkan berkat adanya kandungan asam amino glisin. Studi dari Journal of Clinical Psychopharmacol menyebutkan bahwa mengonsumsi glisin dapat membantu meningkatkan memori. Namun, perlu Ibu ketahui kembali, salah satu nutrisi yang sangat penting untuk meningkatkan fungsi otak adalah protein. Kebutuhan protein yang optimal bisa didapatkan dalam sumber makanan tinggi protein hewani. Pasalnya, makanan berprotein hewani mengandung 9 asam amino esensial (9AAE) yang mendukung potensi tumbuh kembang anak lebih optimal. Kebutuhannya pun harus dalam jenis yang lengkap dan jumlah yang cukup. Oleh karena itu, manfaat gelatin ini hanya sebagai pendukung saja, tidak bisa menjaga fungsi otak secara utuh karena perlu asupan nutrisi yang lebih penting dari protein hewani. 

Baca juga: Manfaat Asam Amino Untuk Pertumbuhan Anak

Manfaat Gelatin: Membantu tingkatkan kualitas tidur

Kandungan asam amino glisin juga dapat memberikan manfaat gelatin untuk membantu meningkatkan kualitas. Penelitian menyebutkan bahwa mengonsumsi gelatin dapat membantu memperbaiki kualitas tidur dan membantu badan terasa lebih fit di hari berikutnya. 


Meskipun manfaat gelatin dipercaya baik untuk kesehatan, Ibu tetap harus menyesuaikan kebutuhannya dengan tepat ya. Yang tak kalah penting, Ibu harus memenuhi kebutuhan nutrisi si kecil dari asupan yang mengandung zat makro, seperti protein, karbohidrat, dan lemak. Pasalnya, zat makro ini merupakan zat yang paling dibutuhkan oleh tubuh. Selain itu, kebutuhan nutrisi si kecil pun perlu didukung oleh asupan zat mikro, seperti vitamin dan mineral. Kebutuhan zat mikro ini memang lebih sedikit dibanding zat makro, namun tetap penting untuk melengkapi kebutuhan nutrisi harian anak. Nah, salah satu sumber makanan berprotein tinggi adalah susu. Susu menjadi sumber protein hewani yang dapat memproduksi 9 asam amino esensial (9AAE) dalam jenis yang lengkap dan jumlah yang cukup untuk tumbuh kembang anak. Ibu bisa memilih susu Frisian Flag 456 PRIMANUTRI sebagai tambahan nutrisi untuk mendukung tumbuh kembang si kecil di usia pra sekolah. Yuk, biasakan si kecil minum susu setiap hari agar tumbuh lebih pintar, kuat, dan tinggi.