Share Like
Simpan

Rasanya senang ya Bu, melihat si Kecil aktif bergerak selama bermain, serta tak melulu asyik menonton TV atau berinteraksi dengan gadget. Saya pun demikian, Bu. Sebab, menurut konsultasi anak online via live chat di Facebook Ibu & Balita, bermain aktif yaitu aktivitas bermain yang membuat tubuh si Kecil terpacu bergerak aktif, dapat berdampak positif bagi tumbuh kembang balita karena memiliki manfaat sama seperti berolahraga.

Ya, saat aktif bermain petak umpet, lompat tali, engklek gunung, dan permainan-permainan sejenis, si Kecil bukan hanya semakin ceria, tapi juga akan semakin sehat dan bugar karena gerakan-gerakan yang ia lakukan membuat otot tubuhnya kian terlatih. Selain itu, masih banyak lho, Bu, manfaat lain yang bisa si Kecil dapatkan dari bermain aktif. Berikut beberapa di antaranya:

1. Mengoptimalkan Pertumbuhan Otot dan Tulang si Kecil
Selama bermain aktif, si Kecil akan menggerakkan anggota tubuhnya, baik secara bersamaan maupun secara bergantian. Secara tak langsung, hal ini akan menstimulasi dan melatih otot-otot serta tulang. Efeknya, pertumbuhan otot-otot dan tulang si Kecil pun kian pesat sehingga perkembangan balita menjadi semakin optimal.

2. Meningkatkan Sistem Koordinasi Tubuhnya
Sewaktu melompat, berlari, berjalan, dan melakukan aktivitas fisik lainnya, si Kecil secara tidak langsung akan belajar untuk mengatur tubuhnya agar tetap seimbang sehingga ia tidak terjatuh dan selalu dalam posisi aman. Ini berarti, semakin sering si Kecil bermain aktif, semakin sering pula ia belajar mengoordinasi anggota tubuhnya, Bu. Dengan demikian, geraknya pun menjadi semakin lincah, keseimbangan tubuhnya kian baik, dan seiring pertumbuhan anak di usia balita, kontrol diri si Kecil pada gerak tubuhnya sendiri pun perlahan semakin sempurna.

3. Meningkatkan Kinerja Organ Tubuh
Seperti berolahraga, bermain aktif secara otomatis akan memicu jantung bekerja lebih cepat. Hal ini dapat mempercepat metabolisme tubuh dan membuat peredaran darah semakin lancar. Efeknya, tumbuh kembang balita dapat lebih optimal karena sari-sari makanan dan oksigen yang dapat disebarkan dengan baik oleh darah ke seluruh tubuh si Kecil.

4. Menjaga Berat Badan
Aktif bergerak tentu membuat si Kecil harus mengeluarkan energi lebih banyak dibanding bila ia hanya menonton TV atau sekadar bermain gadget, Bu. Itu artinya, saat bermain, tubuh si Kecil mengubah kalori menjadi energi sehingga tidak terjadi penumpukan kalori di tubuh mungil balita kesayangan Ibu. Dengan demikian, si Kecil pun terhindar dari risiko obesitas.

Nah, banyak ya, Bu, manfaat bergerak dan bermain aktif. Supaya energi si Kecil senantiasa cukup selama bermain, Ibu perlu memastikan bahwa kebutuhan nutrisinya senantiasa terpenuhi. Untuk itu, berikan ia asupan bergizi seimbang serta segelas susu Frisian Flag Karya di pagi dan sore hari, ya. Hadir dalam rasa cokelat, vanila, dan madu yang disukai anak-anak, Frisian Flag Karya siap membantu Ibu memenuhi kebutuhan Kalsium, Vitamin D3, Vitamin A, dan nutrisi lain yang dibutuhkan si Kecil.

Selamat mengajak si Kecil bermain dengan ceria dan aktif supaya tumbuh kembang balita semakin optimal, Bu!