Share Like
Simpan

Senang ya, melihat perkembangan balita yang kini sudah semakin terlihat lincah, suka sekali melompat ke sana kemari dengan aktif. Dulu, ketika melihat si Kecil aktif sekali melompat dan bergerak, saya sempat terpikir untuk mengajaknya bermain lompat tali. Menurut konsultasi yang pernah saya lakukan dengan dokter, permainan ini ternyata banyak manfaatnya bagi kesehatan balita, lho! Berikut beberapa di antaranya:

1. Meningkatkan fungsi jantung dan paru-paru
Semakin sering melakukan lompat tali, fungsi jantung dan paru-paru si Kecil jadi ikut terlatih lho, Bu! Pasalnya, lompat tali dapat meningkatkan sirkulasi darah, melatih otot, dan melancarkan metabolisme tubuh. Selain itu, lompat tali juga dapat menjadi salah satu kegiatan yang mendukung proses pembentukan tulang si Kecil menjadi lebih kuat dan membentuk tubuhnya menjadi bugar. Memiliki badan yang sehat, tentunya akan berpengaruh pada kemampuan belajarnya yang semakin optimal.

2. Mengembangkan kemampuan otak kiri dan kanan
Selain dari asupan gizi, perkembangan otak kiri dan kanan si Kecil dapat didukung dengan melakukan lompat tali. Ya, kegiatan ini membutuhkan gerakan koordinasi tungkai, tangan, kaki, pinggang, bahu secara teratur dan berulang. Hal ini baik untuk melatih keseimbangan, ritme, koordinasi, daya tahan dan kekuatan tubuh. Di waktu yang sama, gerakan yang dilakukan oleh si Kecil dapat menstimulasi sel otak untuk menimbulkan rasa semangat.

3. Mengerti konsep berhitung
Sambil bermain lompat tali, Ibu juga bisa mengajak si Kecil belajar menghitung berapa lompatan yang bisa ia lakukan dalam kurun waktu tertentu. Hal ini tentunya akan membantu melatih kemampuan si Kecil dalam mengenal konsep berhitung dan mengingat angka dengan cara yang lebih menyenangkan.

4. Membakar lemak
Jika Ibu khawatir si Kecil mengalami obesitas, lompat tali bisa menjadi salah satu solusinya. Permainan ini sangat efektif dalam membakar lemak, karena ketika melakukan lompatan tali, hampir seluruh anggota tubuh si Kecil ikut bergerak dan membuat kalori juga turut terbakar. Agar kesehatan si Kecil tetap terjaga, Ibu bisa mengajaknya melakukan permainan ini secara rutin setiap hari bersama-sama supaya si Kecil makin bersemangat saat melompat.

Selain memerhatikan manfaat dari permainan ini, Ibu juga harus memikirkan keamanan dan keselamatan si Kecil ketika akan bermain lompat tali. Pertama-tama, pilihlah tali atau karet yang memang memiliki kualitas baik, dalam arti kondisi tali masih layak pakai dan bagus ya, Bu. Terkait hal ini, Ibu bisa membeli skipping rope khusus di toko perlengkapan olahraga. Lalu, minta si Kecil melakukan pemanasan terlebih dahulu, agar otot tubuhnya tidak kram. Kemudian, pilih tempat yang aman dan cukup luas untuk melakukan lompat tali, misalnya lapangan atau garasi rumah.

Terakhir, untuk menjaga kenyamanan si Kecil saat bermain, sebaiknya hindari bermain lompat tali langsung setelah ia makan, untuk menghindari rasa mual ya, Bu. Selamat bermain bersama si Kecil!