Whatsapp Share Like
Simpan

Hore, si Kecil sudah memasuki usia dua tahun. Ini saatnya Ibu dianjurkan untuk menyiapkan si Kecil untuk disapih. Nah, biasanya Ibu akan merasa kurang nyaman ketika melewati proses menyapih. Saya pun mengalami hal yang sama lho, Bu. Ketika menyapih si Kecil, saya merasakan dampak seperti payudara bengkak dan nyeri. Akhirnya saya konsultasikan hal ini pada dokter dan barulah saya tahu perawatan payudara yang tepat pasca menyapih, Bu.

1. Pijat Payudara secara Rutin

Bu, biasanya pembengkakan payudara pasca menyapih anak disebabkan oleh penyumbatan saluran air susu. Oleh sebab itu, Ibu perlu melakukan pijat payudara secara rutin untuk menghilangkan penyumbatan tersebut. Cara lain yang bisa Ibu lakukan untuk mengurangi pembengkakan adalah dengan memberikan kompres. Namun, jika muncul warna kemerahan pada payudara dan Ibu mengalami gejala demam, segera periksakan ke dokter ya.

2. Terapkan Gaya Hidup Sehat

Selain melakukan pijat payudara, dokter juga menyarankan saya untuk memperbanyak  asupan nutrisi dengan mengonsumsi Vitamin D dan B. Kandungan vitamin tersebut dipercaya dapat dapat mengurangi risiko kanker, Bu. Oh iya, pastikan juga untuk istirahat yang cukup ya, Bu. Tahukah Ibu? Tidur menjadi cara terbaik untuk mendukung proses pemulihan pada tubuh. Yuk, kembalikan kesehatan tubuh Ibu dengan mendapatkan tidur yang cukup.

3. Jaga Kebersihan Puting dan Aerola

Selama proses menyapih, saya selalu menjaga kebersihan puting dan areola agar terhindar dari bakteri yang dapat menyebabkan infeksi, Bu. Sebagai info, kelembapan dapat memudahkan kuman untuk berkembang biak. Itu sebabnya, sebisa mungkin jaga area payudara Ibu dalam keadaan kering, ya. Selain itu, hindari membersihkan puting dengan sabun. Hal ini disebabkan kandungan soda di dalamnya dapat membuat kulit menjadi kering sehingga mudah lecet dan iritasi. Nah, untuk proses pembersihannya, Ibu cukup menggunakan kapas dan air hangat.

4. Konsultasikan ke Dokter

Terlepas dari cara di atas, akan lebih baik jika Ibu konsultasikan masalah pasca menyapih ke dokter, ya. Terlebih jika Ibu merasakan gejala seperti demam, kulit kemerahan, dan rasa nyeri yang berlebihan. Dengan konsultasi ke dokter, proses menyapih akan jadi lebih nyaman.

Itu dia Bu, beberapa cara perawatan payudara yang bisa Ibu lakukan selama proses menyapih. Mudah, bukan? Yuk, terus jaga kesehatan payudara Ibu agar selalu sehat.