Whatsapp Share Like Simpan

Organ tubuh anak-anak masih dalam tahap perkembangan agar bisa berfungsi dengan sempurna, termasuk sistem imunitasnya. Fungsi dari sistem imun sendiri adalah untuk menangkal serangan mikroorganisme asing yang masuk ke dalam tubuh supaya tubuh tidak terserang penyakit. Dikarenakan fungsinya yang penting ini, maka Ibu perlu meningkatkan imun si Kecil dengan beberapa makanan penambah imunitas tubuh seperti berikut ini:

1. Kerang-kerangan

Makanan penambah imunitas tubuh selanjutnya adalah kerang-kerangan, seperti lobster, kepiting, kerang, dan remis. Makanan laut ini menyimpan kandungan protein, zinc, dan asam amino esensial yang berperan penting dalam memperkuat sistem kekebalan tubuh. Kerang-kerangan juga mengandung berbagai nutrisi lainnya, mulai dari asam lemak omega 3, vitamin A, vitamin B12, vitamin C, kalsium, mangan, zat besi, kalium, dan selenium.

2. Jeruk

Untuk makanan penambah imunitas tubuh, para Ibu biasanya akan memilih buah jeruk karena kandungan vitamin C nya yang berperan penting dalam membangun sistem imun tubuh. Vitamin ini akan meningkatkan produksi kadar sel darah putih untuk menangkal infeksi di dalam tubuh yang disebabkan oleh virus atau bakteri. Rasanya yang manis dan menyegarkan juga akan membuat anak-anak menyukainya.

3. Pepaya

Pepaya sama seperti jeruk, yaitu menjadi sumber vitamin C yang membantu menambah imunitas tubuh. Selain itu, pepaya juga mengandung enzim papain yang mempunyai efek anti-inflamasi dan berbagai jenis mineral yang bermanfaat bagi kesehatan, seperti kalium, magnesium, dan folat.

4. Kiwi

Makanan penambah imunitas tubuh lainnya adalah kiwi. Buah dengan daging berwarna hijau ini kaya akan kandungan vitamin C, vitamin K, dan mineral, seperti folat dan kalium. Semua kandungan nutrisi tersebut dapat membuat tubuh si Kecil lebih sehat dan lebih kebal terhadap serangan penyakit.

Artikel Sejenis

5. Paprika Merah

Vitamin C tidak hanya terkandung di dalam buah-buahan saja, beberapa sayuran pun menyimpan kandungan yang sama. Contohnya saja paprika merah. Bahkan, kadar vitamin C di dalam paprika merah tiga kali lebih tinggi dibandingkan dengan jeruk florida. Selain itu, sayuran ini juga menyimpan vitamin A yang berperan dalam menjaga kesehatan mata si Kecil supaya tidak rentan mengalami rabun jauh maupun penyakit mata lainnya.

6. Brokoli

Brokoli adalah jenis sayuran yang bergizi tinggi dan berperan sebagai makanan penambah imunitas tubuh. Terdapat tiga jenis vitamin di dalam sayuran hijau ini, yakni vitamin A, C, dan E yang mampu memperkuat sistem imun tubuh. Ditambah dengan kandungan protein dan antioksidan, brokoli akan semakin membuat daya tahan tubuh si Kecil semakin kuat sehingga mampu melawan serangan virus, bakteri, ataupun kuman penyebab penyakit.

7. Bayam

Bayam tergolong sebagai sayuran yang mengandung nutrisi cukup lengkap. Diantaranya ada protein, karbohidrat, lemak, vitamin, dan mineral. Di samping berperan dalam tumbuh kembang si Kecil, bayam juga merupakan makanan penambah imunitas tubuh berkat adanya kandungan vitamin C, antioksidan, dan beta karoten. Ketiganya akan melindungi tubuh si Kecil dari serangan penyakit agar tubuhnya lebih sehat.

8. Almond

Almond adalah salah satu jenis kacang-kacangan yang menyehatkan dan sangat baik untuk dikonsumsi anak-anak. Adanya kandungan vitamin E bermanfaat bagi kesehatan kulit dan juga meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu, almond juga mengandung lemak sehat sebagai sumber energi supaya si Kecil bersemangat dalam mengeksplorasi dunianya.

9. Biji Bunga Matahari

Biji bunga matahari atau kuaci tidak hanya enak untuk dinikmati sebagai camilan, tapi juga menyehatkan. Di dalamnya terkandung beberapa jenis vitamin dan mineral. Sebut saja vitamin B6, vitamin E, magnesium, fosfor, dan selenium. Kandungan vitamin E bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit sekaligus menunjang daya tahan tubuh si Kecil supaya lebih kuat dan tidak mudah terserang penyakit.

10. Yogurt

Yogurt adalah produk olahan susu yang mengandung probiotik untuk membantu menjaga sistem kekebalan tubuh. Kemudian, ada juga kandungan nutrisi lainnya yang berupa protein, karbohidrat, lemak, vitamin B2, vitamin B12, kalsium, dan fosfor. Dari semua nutrisi tersebut, si Kecil akan mendapatkan manfaat lainnya, seperti untuk pertumbuhan, energi, dan tulang yang kuat.

11. Bawang Putih

Makanan penambah imunitas tubuh lainnya yang bisa diperoleh di dapur adalah bawang putih. Di dalam bawang putih terkandung allicin, yakni senyawa belerang yang bermanfaat untuk kesehatan. Senyawa tersebut telah terbukti secara efektif mampu menangkal infeksi, menurunkan tekanan darah, dan memperlambat pengerasan pembuluh darah.

12. Kunyit

Fungsi kunyit tidak sekedar bumbu dapur yang bisa meningkatkan nafsu makan lho, Bu. Kunyit ternyata juga merupakan salah satu makanan penambah imunitas tubuh. Kunyit bersifat antivirus dan anti inflamasi yang mampu menyembuhkan osteoartritis, artritis reumatoid, serta gejala lainnya, seperti mual, kembung, maag, dan Irritable Bowel Syndrome (IBS). IBS adalah peradangan usus besar yang bisa mengakibatkan masalah BAB dalam jangka waktu lama.

13. Jahe

Di samping dapat memberikan rasa hangat di dalam tubuh, jahe juga dapat menjadi peningkat sistem imun tubuh. Rempah-rempah ini juga akan membantu meredakan beberapa gejala penyakit, mulai dari peradangan, mual, menurunkan kadar kolesterol, dan nyeri kronis.

14. Teh Hijau

Teh hijau mengandung flavonoid yang merupakan antioksidan dan epigallocatechin gallate (EGCG). EGCG adalah jenis antioksidan kuat yang telah terbukti ampuh memperkuat fungsi kekebalan tubuh. Teh hijau juga menyimpan asam amino L-theanine yang bermanfaat untuk menghasilkan senyawa untuk menangkal kuman di sel T tubuh.

 

Makanan penambah imunitas tubuh penting untuk diberikan pada si Kecil secara rutin supaya ia tidak mudah terserang penyakit. Saat tubuhnya sakit, maka proses tumbuh kembang si Kecil akan ikut terganggu. Oleh karenanya, jangan sampai mengabaikan kesehatan buah hati ya, Bu.

Jika ibu memiliki pertanyaan lain seputar nutrisi maupun tumbuh kembang si Kecil, silahkan berkunjung ke laman Tanya Pakar. Para ahli di sana akan menjawab pertanyaan Ibu secara langsung. Untuk dapat menggunakan fitur tersebut, jangan lupa untuk registrasi terlebih dulu ya, Bu.


Sumber:

Liputan6