Whatsapp Share Like Simpan

Vitamin B6 atau piridoksin merupakan jenis nutrisi yang tidak diproduksi oleh tubuh, sehingga harus dilengkapi dari luar tubuh. Vitamin ini mempunyai manfaat yang cukup penting bagi tubuh dan kesehatan, termasuk untuk anak-anak. Piridoksin berperan untuk mencegah stres, mendukung perkembangan dan fungsi saraf otak, menjaga kadar gula di dalam tubuh agar tetap normal, membantu tubuh menghasilkan hemoglobin dan antibodi, dan melindungi tubuh dari polusi.

Untuk mendapatkan semua manfaat tersebut, maka anak perlu rutin mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin B6. Diantaranya adalah sebagai berikut:

Salmon

Kandungan nutrisi dari ikan yang satu ini sudah tidak perlu diragukan lagi. Selain tinggi kandungan asam lemak omega 3 yang bermanfaat untuk kecerdasan otak anak, kandungan vitamin B6 di dalamnya ternyata juga tinggi. Bisa dikatakan bahwa salmon merupakan sumber vitamin B6 yang terbesar.

Pada seporsi salmon sudah mengandung 0,6 mg vitamin B6 yang artinya akan memenuhi kebutuhan harian sebanyak 35%. Ibu sebaiknya memilih salmon jenis liar karena kandungan vitamin tersebut jauh lebih banyak dibandingkan dengan salmon hasil budidaya.

Telur

Sumber protein yang satu ini juga memiliki kandungan vitamin B6 yang cukup tinggi. Bukan cuma itu, telur adalah makanan yang kaya akan kandungan nutrisi yang sangat baik dikonsumsi oleh anak-anak di masa tumbuh kembangnya. Di antara nutrisi ada vitamin A, B2, B5, B12, D, E, zat besi, fosfor, folat, yodium, dan selenium. Ini artinya mengonsumsi telur akan memberikan manfaat berupa sistem kekebalan yang lebih kuat, kulit yang sehat, dan produksi sel darah merah yang terjaga dengan baik.

Artikel Sejenis

Daging

Beberapa jenis daging, seperti ayam, sapi, dan kalkun, memiliki kandungan vitamin B6. Daging juga merupakan sumber protein yang mengandung beberapa nutrisi lainnya, seperti vitamin A, D, E, K, zat besi, kalsium, dan fosfor, sehingga akan memberikan manfaat untuk kesehatan mata, pertumbuhan dan kekuatan tulang, dan pembekuan darah.

Ubi

Ubi lebih dikenal sebagai sumber karbohidrat, tapi ternyata ubi juga merupakan sumber vitamin B6, lho. Pada satu buah ubi dengan ukuran sedang sudah mampu mencukupi kebutuhan harian sebanyak 15%. Di dalam ubi juga masih mengandung nutrisi penting lainnya, yaitu vitamin A, magnesium, dan serat. Magnesium berfungsi untuk menjaga fungsi saraf, membantu produksi DNA dan protein, serta mengontrol tekanan darah dan kadar gula darah.

Pisang

Si kuning yg satu ini memang kaya akan kandungan nutrisi, salah satunya adalah vitamin B6. Pada satu buah pisang saja sudah bisa memenuhi 20% kebutuhan harian tubuh. Di samping vitamin B6, di dalam pisang juga terdapat kandungan nutrisi penting lainnya untuk anak, mulai dari vitamin C, K, folat, potassium, dan serat.

Alpukat

Selain kaya akan kandungan lemak baik, alpukat juga merupakan buah yang mengandung vitamin B6. Bahkan kandungan vitamin tersebut sudah bisa memenuhi 30% kebutuhan asupan harian tubuh. Alpukat juga memiliki kandungan lainnya, berupa vitamin C dan serat yang sangat baik untuk meningkatkan sistem imun dan menjaga kesehatan sistem pencernaan.

Bayam

Di samping kaya akan kandungan zat besi, bayam juga mengandung vitamin B6. Bayam merupakan sayuran berdaun hijau yang memang sangat baik untuk dikonsumsi oleh anak-anak, karena banyaknya kandungan nutrisi yang ada di dalamnya, seperti vitamin A, C, E, K, mangan, folat, dan tembaga.

Wortel

Wortel adalah sayuran yang mengandung 0,2 mg vitamin B6 yang setara dengan kebutuhan harian sebanyak 9%. Sayuran ini juga mengandung vitamin A yang baik untuk kesehatan mata, serat untuk kesehatan pencernaan, dan kalium yang membantu menjaga tekanan darah tetap stabil. Ada pula kandungan antioksidan yang berpotensi mengurangi risiko jenis kanker tertentu, seperti leukimia, prostat, usus besar, dan paru-paru.

Kacang Polong

Kacang polong sudah mampu mencukupi kebutuhan vitamin B6 sebanyak 17%, karena di dalam 160 gram nya terdapat 0,3 mg vitamin tersebut. Kacang berwarna hijau ini juga mengandung vitamin A, C, dan serat yang juga berperan penting untuk tubuh anak.

 

Baca juga: 5 Macam Vitamin untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Anak

Kebutuhan Harian Vitamin B6 Anak Sesuai Usia

Masing-masing anak tentu akan membutuhkan kadar kebutuhan harian vitamin B6 yang berbeda-beda sesuai dengan usianya. Berikut adalah daftarnya:

  • Bayi usia 0-6 bulan: 0,1 miligram
  • Bayi usia 7-12 bulan: 0,3 miligram
  • Anak usia 1-3 tahun: 0,5 miligram
  • Anak usia 4-8 tahun: 0,6 miligram
  • Anak usia 9-13 tahun: 1 miligram

Mengonsumsi sumber vitamin B6 tidak hanya untuk kesehatan anak, tetapi juga untuk pertumbuhan dan perkembangannya. Di usia ini anak memang sangat membutuhkan banyak sekali nutrisi supaya tumbuh kembangnya berjalan dengan optimal. Kesehatan anak juga tak kalah penting, karena saat ini semua orang lebih banyak mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang agar tidak mudah tertular virus.

Susu Frisian Flag 456 PRIMANUTRI akan membantu Ibu untuk melengkapi kebutuhan nutrisi anak. Pada susu ini sudah terkandung gizi lengkap yang sangat dibutuhkan oleh anak, yaitu protein, karbohidrat, lemak, vitamin, dan mineral serta selenium, omega 3 dan 6, zat besi, kalsium, zinc, dan serat pangan inulin.

Untuk Ibu yang ingin berkonsultasi seputar anak, bisa berkunjung ke laman Tanya Pakar, ya. Pertanyaan Ibu akan dijawab langsung oleh ahlinya. Untuk bisa mengakses laman tersebut, jangan lupa untuk registrasi terlebih dulu.

 

Sumber:

Sehatq

Detik

Alodokter