Selain makanan utama, Ibu juga sesekali memerlukan cemilan sehat ibu hamil yang bergizi. Pasalnya, selama masa kehamilan si Kecil juga akan mengonsumsi apa yang Ibu makan. Jadi, penting bagi Ibu untuk tahu apa saja cemilan sehat ibu hamil yang tak hanya enak tapi juga bernutrisi. Selama kehamilan, pastikan Ibu mengonsumsi susu Frisian Flag PRIMAMUM untuk dukung imunitas dan akal cermat Si Kecil dengan DHA dan 9 Asam Amino Esensial (AAE), yaitu protein penting yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh dan harus didapat dari makanan setiap harinya untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan janin yang optimal. Susu ini juga mengandung 9 nutrisi penting untuk menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh Ibu dengan rasa cokelat yang lezat dan pasti disukai Ibu. 

Banner Register
Banner AKP
Banner Register
Banner Pop Up

Pemenuhan nutrisi ini juga disesuaikan dengan usia kehamilan. Jika biasanya Ibu hamil sulit makan di trimester awal, maka perlu penyesuaian pola makan untuk menemukan solusi terbaiknya.

Jenis nutrisi yang penting untuk dipenuhi Ibu hamil ada banyak, mulai dari asam folat, zat besi, serta beragam nutrisi baiknya sehingga janin dapat berkembang dengan sempurna.

Oleh karena itu, pemilihan cemilan sehat ibu hamil tentu harus penuh nutrisi dan baik untuk kesehatan. Memilih cemilan tidak sehat yang mengandung zat buruk bisa mengganggu tumbuh kembang si Kecil dalam kandungan.

Sering merasa lapar di masa kehamilan merupakan hal yang wajar juga ya Bu, artinya tubuh Ibu sedang berfungsi memenuhi kebutuhan si Kecil dalam kandungan. Cemilan sehat ibu hamil bisa mengatasi situasi seperti ini dengan tetap memerhatikan jenis makanannya.

Artikel Sejenis

Sebab, ada beberapa larangan makanan atau minuman tertentu yang sebaiknya tidak dikonsumsi Ibu hamil karena bisa membahayakan janin dan kesehatan Ibu sendiri. Pemilihan cemilan sehat ibu hamil juga harus diiringi dengan pola hidup sehat yang lainnya ya Bu, seperti istirahat yang cukup serta olahraga yang sesuai dengan Ibu hamil.

Baca juga: Perkembangan Janin di Trimester Kehamilan Pertama

Aturan Memilih Cemilan Sehat Ibu Hamil

Selain nutrisi yang dibutuhkan, Ibu juga harus memerhatikan penambahan jumlah kalori per harinya. Untuk Ibu hamil yang ada di trimester satu, jumlah penambahan kalorinya adalah 180 kkal. Sedangkan untuk trimester dua dan tiga adalah 300 kkal. Jangan lupa, agar diimbangi dengan peningkatan kebutuhan protein yaitu 20g/hari.

Sebagai tips dan jadikan prinsip selama kehamilan, jangan pilih cemilan sehat ibu hamil yang hanya tinggi kalorinya namun nutrisinya rendah seperti gorengan, chips atau minuman bersoda. Selain itu, jangan pilih cemilan yang kadar gulanya tinggi seperti cake, kue atau minuman kemasan. 

Baca juga: Jenis Makanan untuk Menambah Berat Janin

10 Rekomendasi Cemilan Sehat Ibu Hamil

Rekomendasi cemilan sehat ibu hamil - ibudanbalita

Saat menjalani kehamilan, Ibu direkomendasikan untuk mengonsumsi cemilan sehat ibu hamil yang kalori dan proteinnya tinggi sehingga bisa memenuhi rasa lapar Ibu dan menutrisi si Kecil. Apa saja rekomendasi cemilan sehat ibu hamil? Simak lebih lanjut informasinya yuk Bu.

  1. Susu

    Susu sebagai cemilan sehat ibu hamil - ibudanbalita

    Susu hamil bisa dijadikan alternatif cemilan sehat ibu hamil. Sebab dalam segelas susu yang khusus untuk Ibu hamil, terkandung beragam nutrisi pendukung yang bisa mengoptimalkan tumbuh kembang janin dan kesehatan Ibu.

    Susu Frisian Flag PRIMAMUM bisa menjadi cemilan sehat ibu hamil sekaligus menjadi asupan nutrisi pendukung selama kehamilan. Susu Frisian Flag PRIMAMUM mengandung 9 asam amino esensial (9AAE) lengkap dan 9 nutrisi penting lainnya untuk kebaikan Ibu dan si Kecil. Susu ini juga diperkaya dengan tinggi asam folat, omega 3 (ALA), omega 6 (LA), serta tinggi DHA untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan sel otak si Kecil.

    Susu ini juga mengandung tinggi zat besi, tinggi zinc, dan sumber serat pangan inulin untuk mendukung daya tahan tubuh Ibu dan si Kecil. Ditambah kandungan tinggi kalsium dan tinggi vitamin C untuk mendukung pertumbuhan sel tubuh si Kecil.

    Frisian Flag PRIMAMUM termasuk susu dengan harga ekonomis dengan nutrisi lengkap yang dapat dikonsumsi oleh ibu hamil dan menyusui. Tersedia dalam rasa cokelat yang lezat dan tidak membuat Ibu merasa enek atau mual.

    Frisian Flag PRIMAMUM mengandung 180 kalori dan 9 gram protein dalam 1 gelasnya. Dengan mengonsumsi 2x sehari, Ibu sudah bisa mendapatkan 15% asupan energi dari Frisian Flag Primamum. Apalagi rasa cokelatnya lezat dan tidak bikin enek sehingga bisa membantu Ibu memenuhi kebutuhan gizi hariannya.

  2. Bubur kacang hijau

    Bubur kacang hijau sebagai cemilan sehat ibu hamil - ibudanbalita

    Bubur kacang hijau rasanya memang enak apalagi jika dimakan hangat-hangat. Jenis makanan ini bisa jadi ide cemilan sehat ibu hamil yang mengenyangkan. Akan lebih baik jika masak bubur kacang hijau tanpa menggunakan santan supaya lebih sehat dan bermanfaat.

    Apalagi kandungan kacang hijau untuk Ibu hamil ada banyak, mulai dari asam folat, zat besi, lemak serta tiamin yang baik untuk tumbuh kembang janin.

  3. Edamame

    Edamame sebagai cemilan sehat ibu hamil - ibudanbalita

    Edamame yang kaya dengan protein ini bisa jadi pilihan cemilan sehat ibu hamil. Kacang kedelai berwarna hijau ini mengandung zat besi dan kalsium yang baik bagi kesehatan tubuh. 

    Selain itu, edamame juga bebas gluten dan rendah kalori. Ibu bisa mengolah edamame dengan cara mengukus, merebus atau memasak edamame dengan microwave.

  4. Smoothies

    Smoothies sebagai cemilan sehat ibu hamil - ibudanbalita

    Resep cemilan sehat ibu hamil yang ini banyak disukai karena campuran rasa manis dan asam dari olahan buah ini bisa menghilangkan rasa mual yang umumnya dirasakan Ibu hamil. 

    Ibu bisa buat smoothies dengan pisang, beri atau buah naga beku dan campuri dengan sayuran hijau. Selain kaya dengan vitamin dan serat, beragam nutrisi dari campuran buah dan sayur sangat baik untuk janin.

  5. Kacang almond

    Kacang almond sebagai cemilan sehat ibu hamil - ibudanbalita

    Kacang almond bisa jadi ide cemilan sehat ibu hamil karena kandungan gizinya yang kaya, mulai dari serat, zat besi, kalsium, protein, vitamin E, potasium, magnesium dan lemak sehat. Jika tidak tidak memiliki alergi, kacang almond bisa menjadi pilihan cemilan sehat ibu hamil yang direkomendasikan.

  6. Roti gandum dan alpukat

    Roti gandum dan alpukat sebagai cemilan sehat ibu hamil - ibudanbalita

    Kalium dalam alpukat bisa membantu keluhan kram yang sering kali dialami oleh ibu hamil. Selain kalium ada kalori, protein dan serat sehingga buah alpukat dikenal baik sebagai cemilan sehat ibu hamil. 

    Ibu juga bisa pilih roti gandum sebagai karbohidrat kompleks sebagai pendamping alpukat untuk sekaligus memenuhi kebutuhan kalori harian.

  7. Ubi

    Ubi sebagai cemilan sehat ibu hamil - ibudanbalita

    Ubi bisa dijadikan cemilan sehat ibu hamil dengan cara dipanggang atau direbus. Cemilan ini bisa mengenyangkan apalagi manfaatnya baik untuk Ibu hamil, seperti mengendalikan tekanan darah dan menurunkan risiko komplikasi kehamilan. Ubi juga kaya serat, potasium dan vitamin A, C dan B6 yang baik bagi kesehatan tubuh. 

  8. Overnight oats

    Overnight oats sebagai cemilan sehat ibu hamil - ibudanbalita

    Cemilan sehat ibu hamil ini bisa jadi makanan yang kaya akan serat dan nutrisi. Apalagi Ibu bisa merasa kenyang lebih lama. Campuran oat, madu, susu atau yoghurt dengan potongan buah tentu membuat cemilan ini sangat kaya nutrisi dalam satu sajian.

  9. Kacang mete

    Kacang mete sebagai cemilan sehat ibu hamil - ibudanbalita

    Cemilan sehat ibu hamil yang ini sulit untuk ditolak karena rasanya yang empuk dan kaya manfaat sangat banyak penggemarnya. Pastikan pengolahannya dipanggang ya Bu, bukan digoreng. Kacang mete juga memiliki nutrisi zat besi, protein dan magnesium yang baik untuk Ibu hamil.

  10. Pisang dan selai kacang

    Pisang dan selai kacang sebagai cemilan sehat ibu hamil - ibudanbalita

    Kombinasi antara pisang dan selai kacang memang nikmat dan lezat. Cemilan sehat ibu hamil ini akan mengenyangkan karena kaya kandungan protein dan potasium yang baik untuk Ibu dan bayi.

Nah, sudah tahu kan apa saja pilihan cemilan sehat ibu hamil? Mengonsumsi cemilan sehat selama kehamilan diperlukan untuk memenuhi tambahan energi, protein dan nutrisi penting lainnya yang dapat mendukung kesehatan Ibu dan tumbuh kembang janin yang sehat dan optimal. 

Selain mengonsumsi makanan bergizi, Ibu juga perlu mengonsumsi susu ibu hamil yang mengandung tinggi DHA untuk mendukung perkembangan otak janin, 9 Asam Amino Esensial (AAE), yaitu protein penting yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh dan harus didapat dari makanan setiap harinya untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan janin yang optimal serta 9 nutrisi penting lainnya seperti; tinggi asam folat, omega 3 (ALA), Omega 6 (LA), tinggi zat besi, serat pangan inulin, tinggi vitamin C, protein, tinggi kalsium dan tinggi seng untuk menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh Ibu selama periode kehamilan.

Frisian Flag PRIMAMUM adalah susu ibu hamil untuk dukung imunitas dan akal cermat Si Kecil dengan DHA serta 9 Asam Amino Esensial (AAE) selama periode kehamilan. Satu gelas Frisian Flag PRIMAMUM mengandung energi sebanyak 180 kalori, DHA 34 mg, protein 9 gram dan 9 nutrisi penting lainnya dalam jumlah yang disesuaikan dengan tambahan nutrisi yang dibutuhkan ibu selama periode kehamilan. Frisian Flag PRIMAMUM tersedia dalam rasa cokelat yang lezat, tidak membuat enek atau mual serta enak disajikan dalam kondisi hangat maupun dingin. Optimalkan tumbuh kembang janin dengan susu Frisian Flag PRIMAMUM!

Selain pemenuhan nutrisi, Ibu juga perlu cari tahu informasi tentang kehamilan, serta hal-hal lain yang sangat berpengaruh terhadap kesehatan. Nah, Ibu tidak perlu khawatir karena Kamus Kehamilan dari Akademi Keluarga Prima bisa memudahkan Ibu memantau kondisi janin, hal-hal yang dianjurkan dan dilarang selama hamil, serta informasi penting lainnya. Yuk, langsung coba fiturnya sekarang juga.

Jangan lupa registrasikan data Ibu untuk informasi dan fitur lengkap seputar kehamilan dan tumbuh kembang si Kecil dari Ibu dan Balita. Selain itu, dengan registrasi Ibu juga dapat memperoleh poin yang akan bisa ditukarkan dengan hadiah dan promo yang menarik. Daftar sekarang di sini ya!

Konsultasi Gratis dengan Ahli Gizi

Data Ibu

Hanya boleh berupa huruf

Format nomor handphone 08xxxxxxxxxx

  • Password harus memiliki minimal 8 karakter
  • Password harus memiliki setidaknya 1 huruf besar
  • Password harus memiliki setidaknya 1 huruf kecil
  • Password harus memiliki setidaknya 1 angka
  • Password harus memiliki setidaknya 1 karakter khusus (misalnya ., *, !, ? atau semacamnya)

Data Anak

Silakan isi data anak atau anak yang termuda.