Setiap bayi lahir tentu akan diberikan nama yang baik oleh orang tuanya. Inspirasi nama-nama bisa diambil dari mana saja. Ada yang diambil dari bahasa Arab, Latin, Sansekerta, maupun berbagai bahasa daerah. Tak sedikit yang mengambil nama Latin yang memang terkenal akan keindahannya. Dari mana pun insipirasi nama bayi, yang penting diperhatikan nama tersebut harus bermakna baik.

Biasanya orang tua akan mengambil inspirasi nama bayi dari nama-nama orang saleh dari kalangan nabi, rasul, maupun orang saleh lainnya. Selain itu, bisa diambil dari nama-nama yang bermakna bagus, sehingga diharapkan kelak sang bayi akan memiliki sifat dan kepribadian sesuai nama, derajat agama, dan martabatnya.

Dalam menentukan nama bayi Islami, hendaklah mengikuti kaidah-kaidah berikut ini agar sesuai syariat Islam, yakni:

  1. Nama-nama yang bermakna penghambaan kepada Allah Swt dan digabung dengan nama-namaNya yang indah (Asmaul Husna), misalnya Abdul Aziz dan Abdul Ghoniy.
  2. Nama dapat dinisbatkan kepada para nabi, seperti Muhammad, Ibrahim, dan Yahya.
  3. Nama dapat diambil dari nama para sahabat, tabi’in, atau orang soleh.
  4. Nama yang mencerminkan doa, harapan, simbol kemuliaan, atau dorongan untuk berbuat kebaikan.
  5. Nama tidak harus diambil dari bahasa tertentu. Meskipun bahasa Arab adalah bahasa yang digunakan dalam Al-Qur`an, nama yang baik tidak harus berasal dari bahasa Arab. Yang paling penting adalah nama tersebut bermakna baik. Orang tua bisa mencari nama dari bahasa lain selama bermakna baik dan mengandung kemaslahatan.


Nama bayi biasanya sudah dipersiapkan jauh-jauh hari sejak masih dalam kandungan. Namun, terkadang ada orang tua yang tak segera ‘mengumumkan’ saat kelahirannya. Untuk masalah itu, waktu pemberian nama tidak ditentukan. Boleh diberikan pada saat kelahirannya, namun disunnahkan untuk memberinya nama pada hari ketujuh, yakni pada saat aqiqahnya, atau boleh juga setelah itu.

Mengingat hanya sedikit orang yang paham akan bahasa Arab, bagi orang tua sangat dianjurkan untuk sungguh-sungguh mencari artinya. Bisa dengan menanyakannya pada alim ulama, ataupun orang-orang yang paham sepenuhnya akan bahasa Arab. Tentunya agar tujuan mencarikan nama bayi bisa sesuai dengan makna dan syariat Islam. Sebab, nama akan melekat sepanjang hidup seseorang, bukan?

Untuk memudahkan Ibu mempertimbangkan nama sang bayi yang akan lahir, ibu bisa mendapatkan inspirasi nama bayi, dengan mengunjungi Baby Names. Silakan pilih kategori gender, asal nama, dan tema lebih dulu. Kemudian pilih huruf dan tekan tombol "Cari" untuk memproses nama calon buah hati pilihan. Dan untuk melihat nama-nama lainnya lanjutkan dengan memilih "Lihat nama lainnya". Ibu juga bisa mencari nama sesuai keinginan Ibu dengan mengetikkan sebuah nama yang Ibu inginkan, misalkan bijaksana, pintar, tegas, cantik, dan lain-lain.

Sebagai contoh, bila Ibu mengetik ‘baik hati’, maka nama-nama yang keluar adalah ‘Arifah (mulia, baik hati), dan Addi (bangsawan yang baik hati). Nah, Ibu, yuk mulai mencari inspirasi nama bayi Ibu di http://www.ibudanbalita.com/babynames.