Masuk / Daftar

Menghilangkan Kebiasaan Mengompol Pada Anak

oleh Diah Rahmawati, 4 Tahun Lalu
Salam Hangat,
Anak pertama saya, Raihana, umur 5th tapi sampai saat ini kalau tidur masih suka mengompol. Apakah hal ini masih tergolong wajar?Saya sudah berusaha untuk menyuruhnya Buang Air Kecil-BAK sebelum tidur dan bila sudah 1 jam dr tidurnya seringkali saya bangunkan untuk BAK kembali. Jika hal ini tidak saya lakukan atau waktu membangunkannya lewat dr 1 jam bisa dipastikan ia akan mengompol. Selain itu ia juga masih suka BAB dicelana, walau masih sedikit dan setelah itu ia baru bilang kalau ia BAB. Saya hampir kehilangan akal untuk menghilangkan kebiasaannya ini. Mohon solusi dari ibu. Terimakasih.

Pakar Menjawab

Efriyani Djuwita

28 October 2012, 10:15:23 AM
Halo bunda
Pada usia 5 tahun pada umumnya anak sudah memiliki kemampuan untuk mengontrol kemampuan BAB dan BAK nya. Yang perlu diperhatikan pertama untuk masalah BAKnya apakah si kecil minum terlalu banyak atau masih meminum susu di sela tidurnya. Jika ya maka lepaskan kebiasaan ini. Di saat siang hari ajarkan ia untuk tidak cepat cepat ke kamar mandi namun katakan coba tahan dulu dan berjalanlah dengan tenang. Apa yang bunda lakukan sudah sangat baik dimana bunda membangunkan di jam ia biasa mengompol. Pastikan ia terbangun dan pergi jalan ke kamar mandi untuk BAK di toilet. Hal lain yang perlu diperhatikan adalah karena BAK ini berkaitan dengan kondisi fisik, periksakan juga ke dokter /urolog untuk mengetahui apakah ada masalah dalam kontrol bladder si kecil jika apa yang telah bunda lakukan belum juga membuahkan hasil.
Sementara itu, untuk BAB si kecil yang masih sering di celana, periksa apakah kondisi ini hanya terjadi di rumah atau smeua situasi. Apakah terjadi jika hanya ada orangtua atau saat bersama orang lainpun ia akan melakukannya. Jika hanya pada situasi tertentu seperti rumah dan ada orangtua, mungkin perilaku ini berkaitan dengan pengasuhan yang cenderung membantu anak atau mengijinkan anak akhirnya melakukannya. Untuk emngatasinya terapkan sistem reward and punishment dimana si kecil akna mendapat stiker atau cap jika ia bisa BAB di toilet atau tidak mengompol. Sementara saat mengompol ia akan mendapatkan sangsi misalnya tidak menonton tv atau bermain dengan mainan kesukaannya.

Selamat mencoba

Pertanyaan lainnya

susah makan
oleh Tri Yuliani, 2 Tahun Lalu
Kategori Tumbuh Kembang, Anak 4-6 Tahun
Belum dijawab
Anak sering memukul
oleh Chayank Cimut, 2 Tahun Lalu
Kategori Psikologi, Anak 1-3 Tahun
Sudah dijawab
susah dinasehatin
oleh Hevi Purwanti, 5 Tahun Lalu
Kategori Umum, Umum
Sudah dijawab
Bisakah hamil lagi walaupun tidak pernah haid semenjak melah...
oleh Cris Notsirk, 1 Tahun Lalu
Kategori Umum, Kehamilan
Belum dijawab
perkembangan sosial
oleh ARIS WIJAYANTI, 3 Tahun Lalu
Kategori Psikologi, Anak 1-3 Tahun
Sudah dijawab
Lihat pertanyaan lainnya
Diskusi Terpopuler
Tanya Pakar
Foto Dr. Joel Juanda Tjong SpOG
bersama Dr. Joel Juanda Tjong SpOG Dokter Kandungan
Foto Dr. Cynthia Utami Sp.A
bersama Dr. Cynthia Utami Sp.A Dokter Anak
Foto Dr. Jezy Reisya Pranasari
bersama Dr. Jezy Reisya Pranasari Dokter Umum
Foto Dr. Adnan Yusuf
bersama Dr. Adnan Yusuf Dokter Umum
Foto Ine Indriani Aditya
bersama Ine Indriani Aditya Psikolog Anak
Klik disini untuk bertanya