Agar proses menyusui bayi bisa berjalan lancar dan nyaman, baik bagi ibu maupun bayi, ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Antara lain:

1. Perhatikan Posisi Tubuh
Cara menyusui bayi meliputi posisi tubuh ibu dan bayi. Pastikan bayi dan ibu berada dalam kondisi yang rileks dan nyaman. Posisi yang baik adalah kepala bayi harus lebih tinggi dibandingkan tubuhnya. Hal ini bisa memudahkan bayi dalam menelan ASI.

2. Dekatkan Bayi ke Payudara
Setelah bayi berada di posisi yang tepat, dekat kan mulut bayi ke payudara ibu. Kemudian, tunggu hingga mulutnya terbuka lebar dengan posisi lidah ke arah bawah. Jika bayi belum bisa melakukannya, cobalah untuk membantu dan merangsang bibir bayi.

3. Atur Posisi Payudara
Saat bayi mulai menyusu, ibu juga harus memperhatikan posisi payudara sehingga mulut bayi bisa melekat dengan baik. Pastikan area bawah puting payudara pas dengan mulut bayi.

4. Waktu Menyusu
Lecet pada puting susu juga bisa terjadi akibat waktu menyusu yang terlalu lama. Maka dari itu, ibu perlu mengetahui waktu menyusu yang dibutuhkan Si Kecil. Pada bayi baru lahir, proses menyusui biasanya berjalan selama 15–20 menit setiap 2–3 jam sekali. Namun kembali lagi, sesuaikan durasi pemberian ASI dengan kebutuhan bayi.

5. Perlengkapan yang Dibutuhkan
Penting juga untuk menyiapkan semua perlengkapan yang dibutuhkan saat menyusui bayi. Ibu bisa mengenakan bra khusus, bantal, hingga kasur yang membuat ibu dan bayi nyaman.

Informasi lengkapnya bisa dibaca di sini https://www.halodoc.com/artikel/cara-menyusui-bayi-yang-benar-agar-puting-susu-tidak-lecet dan di sini https://wicbreastfeeding.fns.usda.gov/steps-and-signs-good-latch#:~:text=Aim%20your%20baby's%20lower%20lip,should%20fill%20your%20baby's%20mouth.