Share Like
Simpan

Beberapa waktu lalu, saya sempat menelpon sepupu saya yang sudah lama tinggal di luar kota.  Berhubung kami sudah lama tidak bertemu, saya pun kemudian bertanya soal kabarnya dan anaknya yang baru-baru ini lahir. Tak disangka, ia malah berkeluh kesah tentang gangguan kulit yang baru dihadapi anaknya yang masih berusia 10 bulan.

Jadi begini, Bu. Awalnya, waktu sedang menjemur si Kecil, ia tak sengaja melihat bercak putih dekat pusarnya. Ia pun segera membawa si Kecil ke dokter karena takut ada gangguan kulit yang tidak ia ketahui. Dokter memang belum bisa memastikan apa penyakitnya sebelum ada pemeriksaan lebih lanjut, tapi sepupu saya itu khawatir kalau si Kecil terkena vitiligo.

Dari ceritanya, saya pun kemudian tertarik untuk mengenali lebih jauh tentang gangguan kulit yang satu itu. Hm, kira-kira apa penyebab vitiligo, ya? Lalu, bagaimana cara mencegah dan mengobatinya? Satu lagi yang tak kalah penting, apakah penyakit ini berbahaya? Yuk, kita lihat bersama info yang sudah saya kumpulkan di bawah ini!

Apa itu Vitiligo?

Vitiligo adalah masalah kulit yang menyerang melanocyte, jaringan tubuh yang berfungsi memproduksi melanin (pigmen pemberi warna di kulit). Akibatnya, melanin tidak bisa bekerja dengan baik sehingga terbentuklah bercak-bercak berwarna lebih muda di beberapa bagian kulit dan rambut.Sampai saat ini, penyebab munculnya vitiligo sendiri belum bisa diketahui secara pasti. Namun, para ilmuwan berpendapat kalau penyakit ini bisa menurun dari orang tua ke anak.

Apa Saja Jenisnya?

Secara umum, ada 3 jenis vitiligo yang sering ditemukan. Mereka adalah:

1. Focal vitiligo.

Jenis vitiligo yang muncul di beberapa bagian kulit saja.

2. Generalized vitiligo.

Mereka yang mengalami tipe vitiligo ini cenderung memiliki spot berwarna terang yang simetris di bagian kiri dan kanan tubuhnya.

3. Segmental vitiligo.

Tipe yang paling jarang ditemui ini biasanya hanya menyerang salah satu sisi tubuh, misalnya hanya di bagian kiri atau kanannya saja.

Adakah Obatnya?

Sebenarnya, gangguan yang satu ini memang sulit untuk disembuhkan 100%. Hanya saja, ada beberapa perawatan yang bisa kita lakukan untuk mengurangi spot-spot di kulit ini. Namun, biasanya itu untuk anak-anak atau orang dewasa saja.  Jika si Kecil yang usianya saat ini masih bayi terkena vitiligo, maka dokter cenderung akan memberikan obat khusus atau vitamin D untuk membantu menyembuhkan sel kulitnya yang rusak.

Bagaimana Jika si Kecil Terkena Vitiligo?

Tenang Bu, walaupun sulit disembuhkan, tapi penyakit yang satu ini sebenarnya tidak berbahaya. Banyak dari mereka juga yang bisa tetap tumbuh seperti biasa dan bahkan, bisa menjadi orang yang sukses, lho. Sebut saja raja Pop Michael Jackson, bintang film Bollywood Amitabh Bachchan dan juga model jebolan American Next Top Model, Chantelle Brown-Young.

Nah, untuk menumbuhkan rasa percaya diri si Kecil yang terkena vitiligo, berikut ini ada beberapa tips dari situs Kidshealth.org yang bisa Ibu simak:

  1. Jangan menunjukkan kepadanya kalau bercak putihnya itu adalah hal yang memalukan sehingga harus disembunyikan.
  2. Selalu ingatkan si Kecil kalau kondisi kulitnya itu tidak akan menghalangi ia untuk meraih cita-citanya.
  3. Ajarkan si Kecil untuk dapat menjelaskan tentang kondisi kulitnya itu kepada teman-temannya.
  4. Tetaplah biasakan si Kecil untuk bersosialisasi dan mengikuti acara bermain bersama anak-anak lainnya.

Bagaimana? Sekarang sudah lebih jelas, kan? Semoga artikel yang saya bagikan kali ini bisa menambah wawasan Ibu, ya. Selamat beraktivitas dan sampaikan salam saya untuk si Kecil, Bu!