Share Like
Simpan

“Aduh, kulit bokong si Kecil kok mudah iritasi, ya?” atau “Bu, lebih baik mana? Pakai popok kain atau popok sekali pakai?” Pertanyaan-pertanyaan seperti ini seringkali dihadapi oleh Ibu baru terkait dengan kondisi kulit si Kecil. Kulit bayi memang terbilang sangat sensitif. Salah merawat sedikit, bisa-bisa malah iritasi dan akhirnya membuat ia tidak nyaman.

Serupa dengan pengalaman pertama saya dulu. Saat melihat kulit bokong si Kecil merah sedikit, saya langsung khawatir dan berusaha mencari informasi di internet. Saat itu saya takut kalau sampai terjadi sesuatu pada kulitnya. Untungnya, saya menemukan berbagai macam referensi perihal kesehatan kulit pada si Kecil.

Pernah tidak mengalami hal yang serupa? Jika iya, yuk simak ulasan saya mengenai cara menjaga kesehatan kulit bokong pada bayi!

  • Selalu keringkan kulit dengan baik.

Ketika ia menggunakan popok, kulit si Kecil rentan mengalami lembap. Apalagi, saat cuaca panas yang dapat menyebabkan daerah sekitar paha dan bokong mudah berkeringat. Hal ini dapat menyebabkan ia terkena ruam popok atau iritasi yang tentu dapat mengganggu kenyamanannya. Agar kulitnya terhindar dari gangguan semacam ini, selalu pastikan kulit bokong si Kecil dalam keadaan bersih dan kering setiap mengganti popoknya ya, Bu.

  • Gunakan salep setiap mengganti popok.

Apabila kulit si Kecil terbilang sangat sensitif, Ibu bisa mengoleskan tipis obat salep sebelum mengganti popok. Obat salep ini bisa membantu menjaga kulit bokongnya dari gesekan popok saat ia bergerak, Bu.

  • Oleskan baby oil setelah mandi.

Sebagai alternatif dari penggunaan salep, Ibu juga bisa menggunakan baby oil pada kulit si kecil setiap habis mandi untuk menjaga kulit bokongnya tetap lembut dan terhindar dari lecet.

  • Gunakan lap dan hindari tisu basah yang mengandung alkohol.

Saat membersihkan kulit si Kecil di rumah, sebaiknya gunakan lap mandi yang bisa segera dicuci kembali. Akan tetapi, jika Ibu harus menggunakan tisu basah, perhatikan betul jenis dan kandungan cairan di tisu basah tersebut, ya. Biasanya, kulit si Kecil yang masih terbilang sensitif ini mudah teriritasi oleh kandungan alkohol yang terdapat pada tisu pembersihnya.

  • Cermat dalam memilih popok sekali pakai.

Tidak jarang, kita lebih suka memilih popok sekali pakai dengan alasan lebih praktis. Ini tidak salah kok, Bu. Akan tetapi, kebanyakan dari popok sekali pakai justru lebih rentan membuat bokong menjadi lecet atau iritasi. Oleh karena itu, saat memakaikan popok sekali pakai, kendurkan sedikit di bagian pahanya agar sirkulasi udaranya tetap terjaga. Oh iya, sebaiknya gunakan popok sekali pakai ini hanya saat tidur malam atau berpergian saja ya, Bu. Lagipula, tidak ada salahnya untuk membiasakan si Kecil sesekali tidur dengan bokong terbuka.

Menjaga kesehatan kulit bokong si Kecil ternyata mudah ya, Bu? Namun, ada satu hal yang perlu diperhatikan. Mengingat kondisi kulit pada tiap anak bisa berbeda, maka sebaiknya Ibu mencari tahu terlebih dahulu kondisi kesehatan kulitnya dan kemudian lakukan langkah yang tepat untuk menghindarkan si Kecil dari masalah kulit yang bisa mengganggu aktivitasnya. Memahami betul apa kebutuhan si Kecil sama dengan mendukungnya agar tumbuh dengan optimal, Bu. Semoga tips saya ini bermanfaat, ya!