Share Like
Simpan

Hai, Bu! Bagaimana perkembangan si Kecil? Di tahap tumbuh kembang balita usia sekolah saat ini , biasanya ia sudah mampu memegang benda berbagai bentuk menggunakan tangan mungilnya. Si Kecil juga begitu, Bu. Bahkan, ia kini sudah mampu membuat coretan menggunakan pensil atau krayon. Untuk membantu si Kecil terbiasa memegang pensil dengan cara yang benar, yuk ajarkan si Kecil dengan melakukan beberapa tips yang saya dapatkan dari forum Ibu dan Balita berikut ini!

1. Gunakan Pensil yang Pendek

Cara pertama yang bisa Ibu lakukan saat ingin mengajarkan si Kecil memegang pensil adalah memilih pensil yang pendek. Sebab, pensil yang pendek terbilang lebih mudah untuk dipegang oleh tangan mungilnya. Hal ini dinilai efektif guna mendorong si Kecil menggunakan ibu jari dan telunjuknya untuk memegang pensil.

2. Ajarkan “Menjepit dan Memutar” Pensil

Cara memegang pensil yang benar adalah menggunakan ibu jari dan telunjuk, lalu dibantu oleh jari tengah. Jika si Kecil masih kesulitan saat menggunakan pensil yang pendek, Ibu bisa mengajarkannya untuk “menjepit dan memutar”. Minta si Kecil untuk menjepit pensil di dekat bagian runcing menggunakan ibu jari dan telunjuk, lalu arahkan ia untuk melakukan gerakan memutar pensil ke arah belakang. Kemudian, minta si Kecil untuk menahan pensil dengan jari tengahnya, hingga ia menemukan posisi yang nyaman dalam memegang pensil.

3. Letakkan Benda Kecil untuk Digenggam Jari Manis dan Kelingking

Saat belajar memegang pensil, bukan tidak mungkin jika si Kecil kesulitan karena belum mampu melipat jari manis dan kelingkingnya ke dalam saat memegang pensil. Untuk membantunya melatih hal tersebut, Ibu bisa meletakkan benda kecil seperti penghapus karet atau lilin mainan untuk digenggam oleh jari manis dan kelingkingnya. Dengan begitu, ia pun bisa terlatih untuk memegang pensil dengan cara yang benar dan nyaman.

Nah, itulah beberapa tips yang bisa Ibu lakukan saat ingin mengajarkan si Kecil memegang pensil dengan cara yang benar. Selain melakukan tips-tips untuk melatih kemampuan motoriknya seperti yang sudah disebutkan di atas, Ibu juga perlu mencukupi kebutuhan nutrisi yang sesuai untuk si Kecil guna mendukung proses belajarnya. Untuk itu, pastikan memberikannya Frisian Flag Karya secara rutin ya, Bu!