Share Like
Simpan

Wah, senang ya, kalau banyak kerabat yang menengok si Kecil di awal kelahirannya. Umumnya, baik Ibu maupun orang-orang di sekitar ingin selalu menyentuh atau bahkan menggendong tubuh mungilnya. Namun, menurut artikel yang saya baca di forum Ibu dan Balita, saat si Kecil baru lahir, kontak dengan orang yang sedang sakit dapat berisiko membuatnya mudah tertular. Menurut dokter anak dan pengarang buku Mommy Calls, Tanya Remer Altmann, MD, infeksi atau penyakit ringan pada anak-anak atau orang dewasa dapat menjadi penyakit serius bagi si Kecil, karena daya tahan tubuhnya masih lemah. Namun dari artikel itu, saya juga mendapatkan info cara mencegah si Kecil tidak tertular penyakit dari orang lain berikut ini:

• Wajibkan Orang Lain Mencuci Tangan

Salah satu cara penularan penyakit adalah melalui sentuhan. Oleh karena itu, saat ada kerabat yang ingin menyentuh atau menggendong si Kecil, pastikan ia mencuci tangan terlebih dulu. Ibu juga dapat menerapkan aturan ini kepada Ibu sendiri dan orang lain saat menggantikan popok atau menyiapkan makanan.

• Siapkan Hand Sanitizer

Ada kalanya kerabat merasa repot saat harus ke kamar mandi untuk mencuci tangan terlebih dahulu. Maka dari itu, Ibu dapat menyiapkan sebotol hand sanitizer di meja kamar. Jadi, saat ada yang ingin menyentuh atau menggendong si Kecil, Ibu dapat menawarkan mereka menggunakan hand sanitizer terlebih dulu, untuk membantu menghilangkan kuman di tangan.

• Batasi Sentuhan

Pasti ada saja di antara kerabat yang gemas dan tak tahan ingin mencium si Kecil ya, Bu. Sebaiknya mintalah mereka menghindari ciuman di area wajah dan tangan. Menurut Robert W. Frenck Jr., MD, profesor dari Cincinnati Children's Hospital Medical Center, pengunjung dapat mencium area kaki jika terlanjur gemas kepada si Kecil. Itulah info yang saya dapat dari artikel tersebut.

• Hindari Tamu yang Sedang Sakit

Tanpa bermaksud tidak sopan, sebaiknya ingatkan teman-teman dan kerabat yang ingin berkunjung agar dalam kondisi fit. Berikan penjelasan bahwa kesehatan mereka dapat berpengaruh terhadap kesehatan si Kecil. Sebaiknya beri tahu mereka untuk berkunjung ketika sudah sehat kembali ya, Bu.

• Suntik Vaksin

Selain melindungi si Kecil dari luar, Ibu juga dapat melindunginya dari dalam agar bayi sehat. Caranya, lakukan vaksin dan imunisasi sesuai jadwal yang diberikan dokter. Dari artikel yang saya baca, vaksin tidak hanya melindungi si Kecil dari penyakit langka, tapi juga melindunginya dari berbagai penyakit lainnya, seperti flu dan demam.

Bagaimana, Bu? Tak sulit bukan meminimalkan risiko si Kecil tertular penyakit dari orang lain? Agar tak membuat orang lain tersinggung, sebaiknya pilih kata dengan hati-hati saat mengingatkan mereka membersihkan tangan atau ketika melarang mereka berkunjung ya, Bu. Selamat melewati hari-hari yang menyenangkan bersama si Kecil!