Share Like
Simpan

Sudahkah Ibu mengetahui perawatan bayi yang tepat saat ia terkena flu? Flu merupakan salah satu masalah kesehatan yang kerap menyerang manusia mulai dari bayi hingga orang dewasa. Pada umumnya, flu disebabkan oleh infeksi virus yang menyerang hidung dan tenggorokan dengan gejala hidung tersumbat dan keluarnya ingus dalam jumlah banyak.

Flu sangan rentan menyerang si Kecil yang masih bayi karena pada fase tersebut ia belum memiliki kekebalan tubuh yang sempurna. Pada saat si Kecil terkena flu, Ibu dapat memberikan beberapa perawatan bayi di rumah untuk meredakan gejala-gejala yang dideritanya. Akan tetapi, sebelum mengetahui perawatan bayi saat terkena flu, ada baiknya Ibu memahami dulu cara penularan virus flu beserta kiat untuk menjaga si Kecil tersayang darinya :

  1. Udara

    Flu merupakan salah satu penyakit yang sangat mudah untuk ditularkan melalui udara. Jika ada salah satu anggota keluarga yang sedang terkena flu, hindarkan bayi darinya atau ingatkan penderita untuk mengenakan masker karena virusnya bisa menyebar dengan cepat saat orang tersebut batuk, bersin, dan berbicara di dekat si Kecil.

  2. Kontak Langsung

    Selain melalui udara, flu juga sangat mudah tertularkan melalui kontak langsung. Virus ini bisa menyebar dengan mudah ketika seorang penderita flu menyentuh si Kecil dengan tangan yang sebelumnya dipakai untuk menyeka mulut atau hidungnya. Melalui kontak langsung inilah flu bisa menular pada bayi sehingga Ibu harus menjauhkan si Kecil dari keluarga ataupun orang-orang yang terserang flu.

  3. Permukaan yang Terkontaminasi

    Beberapa jenis virus dapat hidup di permukaan benda tertentu selama 2 jam atau lebih. Untuk itu, pastikan Ibu selalu membersihkan membersihkan seisi rumah untuk mencegah kontaminasi virus flu pada benda-benda yang disentuh si Kecil. Selain itu, biasakan si Kecil tersayang untuk mencuci tangan sebelum makan dan sesudah beraktivitas dengan mainan kesayangannya.

Nah, bagaimanakan perawatan bayi yang tepat ketika si Kecil terlanjur terkena flu? Ini informasinya:

  1. Memberikan Banyak Cairan

    Salah satu perawatan bayi yang dapat dilakukan saat ia terkena flu adalah memberinya cairan agar tak terkena dehidrasi. Jika ia masih menyusu, akan lebih baik jika tetap memberikannya ASI. ASI ini sangat baik untuknya karena mengandung banyak zat yang dapat meningkatkan daya tahan tubuhnya terhadap flu.

  2. Menjemur Bayi di Pagi Hari

    Apakah Ibu terbiasa menjemur si Kecil di pagi hari? Kebiasaan ini merupakan salah satu bentuk perawatan bayi saat ia terkena flu, lho. Hal ini dikarenakan sinar matahari pagi dapat membantu membasmi bakteri, virus, dan kuman penyebab penyakit, salah satunya yang menyebabkan flu.

  3. Keluarkan Lendirnya

    Mengeluarkan lendir dari hidung bayi adalah salah satu perawatan bayi ketika flu untuk mengurangi penyumbatan hidung yang dapat membuatnya kesulitan bernapas. Untuk mengeluarkan lendir ini dapat dilakukan dengan cara penguapan atau juga dengan bantuan alat penyedot khusus yang dilengkapi obat tetes air garam (saline).

Bu, segera lakukan perawatan bayi tersebut apabila si Kecil mulai menunjukkan gejala terserang flu. Jika dalam seminggu gejala flu yang dialami si Kecil tak kunjung reda, Ibu dapat segera membawanya ke dokter untuk mendapatkan perawatan medis. Semoga si Kecil lekas sembuh!