Share Like
Simpan

Sudah kenal dengan ubi manis kan, Bu? Sayuran yang satu ini ternyata kaya akan vitamin C, D, dan B6 yang sangat baik untuk tubuh.  Jika direbus biasa, si Kecil mungkin tak akan terlalu suka memakannya. Namun dengan resep masakan sup ubi manis seperti berikut ini, dijamin si Kecil tidak akan menolak untuk memakannya:

1. Bahan

- Minyak zaitun secukupnya

- 1 siung bawang bombai, cincang kasar

- 2 sdt bawang putih, cincang kasar

- 2 sdt ketumbar bubuk

- 1 kg ubi manis 

- 4 sdt kaldu ayam bubuk, larutkan dengan 1 liter air

- 150 ml susu cair Frisian Flag

- Daun ketumbar secukupnya, cincang kasar

2. Cara membuat

- Kupas ubi manis dan potong berbentuk kubus dengan ukuran yang tidak terlalu besar.

- Siapkan panci, masukkan minyak zaitun secukupnya dan tunggu hingga panas.

- Masukkan bawang bombai dan masak hingga melunak selama 3-4 menit sambil terus diaduk.

- Setelah bawang bombai melunak, tambahkan bawang putih dan ketumbar bubuk kemudian aduk selama 1 menit.

- Masukkan potongan ubi manis bersama kaldu ayam dan masak hingga mendidih dengan api besar.

- Setelah mendidih, kecilkan apinya dan biarkan selama 20 menit hingga ubi manis menjadi lunak. Tutup pancinya agar proses berjalan lebih cepat.

- Jika ubi manis telah lunak, keluarkan dari dalam panci dan dinginkan. Setelah itu, haluskan ubi manis dengan blender sampai teksturnya benar-benar lembut.

- Apabila ubi manis telah lembut, masukkan kembali dalam panci dan tambahkan susu cair kemudian aduk selama beberapa menit. Terakhir, tambahkan cacahan daun ketumbar dan aduk lagi sampai tercampur rata. 

Resep masakan ini bisa disajikan untuk 6 porsi dan paling enak dinikmati saat masih hangat. Rasanya yang manis dan gurih serta teksturnya yang sangat kental membuat resep masakan ini tak cocok dihidangkan dengan nasi. Nah, sebagai gantinya Ibu bisa menyajikannya dengan roti panggang.  

Warna oranye dari sup ubi manis tentu mengundang rasa penasaran si Kecil, selain itu rasanya yang lezat pasti juga akan membuatnya ingin tambah lagi. Bagi Ibu sendiri, pastinya sangat senang menyajikan masakan ini mengingat nutrisi yang ada di dalamnya.

Kandungan vitamin C yang ada dalam ubi manis sangat baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh sehingga si Kecil tak mudah terserang penyakit flu. Selain itu, vitamin C juga mempercepat proses penyembuhan luka, menjaga kesehatan kulit, dan dapat melindungi tubuh dari racun berbahaya.  

Untuk itu, jangan ragu lagi mempraktikkan resep masakan sup ubi manis ini dan menjadikannya sebagai salah satu menu makanan favorit si Kecil. Selamat memasak ya, Bu!