Bayi usia 5 bulan sedang berada dalam masa tumbuh kembang yang pesat, seperti belajar menggenggam benda atau menoleh ke arah sumber suara. Untuk mendukung perkembangan tersebut, diperlukan stimulasi bayi 5 bulan yang tepat. Selain stimulasi, pastikan Ibu mengonsumsi susu Frisian Flag PRIMAMUM untuk dukung Akal Cermat dan Imunitas si Kecil yang dilengkapi dengan DHA dan 9 Asam Amino Esensial (AAE), yaitu protein penting yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh dan harus didapat dari makanan setiap harinya untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan si Kecil yang optimal di 1000 Hari Pertama Kehidupannya serta 9 nutrisi penting untuk menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh ibu dengan rasa cokelat yang lezat dan pasti disukai Ibu.

Banner Register
Banner AKP
Banner Register
Banner Pop Up

Memberikan stimulasi bayi 5 bulan yang tepat dapat membantu mengoptimalkan tahapan perkembangannya. Sebab, si Kecil tidak hanya mengalami pertumbuhan fisik saja, melainkan juga perkembangan lainnya. 

Ibu perlu memahami apa saja stimulasi bayi 5 bulan yang tepat untuk membantu si Kecil mengembangkan keterampilan motorik, kognitif, serta sosial dan emosionalnya berikut ini.

Usia 5 Bulan Sudah Bisa Apa?

Mengutip dari Baby Center, berikut ini beberapa kemampuan yang umumnya ditunjukkan oleh bayi berusia 5 bulan:

  1. Berguling
  2. Jika Ibu bertanya-tanya bayi 5 bulan sudah bisa apa saja, salah satu perkembangan yang mulai terlihat yaitu kemampuan berguling. Beberapa bayi mungkin mulai bisa berguling dari posisi terlentang ke posisi tengkurap atau sebaliknya. 

    Artikel Sejenis

  3. Belajar Duduk
  4. Bayi usia 5 bulan biasanya masih dalam tahap awal untuk belajar duduk. Pada awalnya, si Kecil mungkin hanya bisa duduk sebentar dengan bantuan bantal atau orang tua. Seiring waktu, otot punggung dan lehernya akan semakin kuat, sehingga si Kecil bisa duduk sendiri dengan lebih stabil.

  5. Bermain
  6. Pada usia 5 bulan, si Kecil mungkin mulai mulai menunjukkan minat bermain. Aktivitas bermain dapat membantu si Kecil belajar mengembangkan keterampilan motorik dan meningkatkan pancaindranya. Pastikan Ibu menyediakan waktu yang cukup untuk bermain bersama si Kecil.

  7. Menggerakkan Benda
  8. Kemampuan menggenggam si Kecil juga semakin meningkat di usia 5 bulan. Ibu akan melihat si Kecil mulai bisa menggenggam benda dengan erat dan stabil. Si Kecil juga mulai belajar menggunakan kedua tangan mereka secara bersamaan untuk meraih dan menggerakkan benda.

  9. Mengenali Objek
  10. Pada usia 5 bulan, kemampuan sensorik si Kecil dalam mengenali objek di sekitarnya mengalami peningkatan. Si Kecil akan mulai bisa mengenali wajah dan suara orang-orang terdekatnya, serta tertarik pada benda-benda yang berwarna cerah dan memiliki suara.

Untuk mendukung perkembangan di atas, Ibu perlu memberikan stimulasi bayi 5 bulan yang tepat.

Baca juga: Cek Perkembangan Bayi 5 Bulan yang Menakjubkan Ini Yuk, Bu!

Stimulasi Bayi 5 Bulan 

stimulasi bayi 5 bulan - ibudanbalita

Ada banyak cara menstimulasi bayi 5 bulan yang bisa Ibu lakukan. Berikut ini beberapa ide stimulasi bayi 5 bulan yang bisa dicoba:

  1. Tummy Time
  2. Tummy time adalah salah satu stimulasi bayi 5 bulan agar cepat duduk. Aktivitas ini penting untuk memperkuat otot leher, bahu, dan lengan bayi usia 5 bulan. Selain itu, tummy time juga membantu si Kecil belajar untuk mengangkat kepala dan dadanya.

    Ibu bisa meletakkan si Kecil dalam posisi tengkurap di atas kasur atau lantai dengan alas empuk selama 15-30 menit setiap hari. Pastikan si Kecil selalu dalam pengawasan Ibu saat melakukan tummy time

  3. Ajak si Kecil Jalan-jalan Keluar Rumah
  4. Bu, mengajak si Kecil berjalan-jalan ke berbagai tempat di luar rumah ternyata juga bisa menjadi stimulasi bayi 5 bulan lho. Ibu bisa mengajaknya mengunjungi taman, bermain di playground, atau sekedar mengunjungi tempat-tempat baru.

    Saat berjalan-jalan bersama si Kecil, ceritakan apa yang ada di sekitarnya. Misalnya, Ibu bisa mengatakan “Lihat Nak, itu ada seekor kucing!” untuk melatihnya mengenali objek.

  5. Berikan si Kecil Mainan
  6. Berikan si Kecil mainan yang aman dan sesuai usianya. Mainan yang berwarna-warni dan mengeluarkan suara dapat menarik perhatian bayi, sehingga membantu koordinasi tangan dan matanya.

    Selain itu, memberikan mainan stimulasi bayi 5 bulan yang sesuai akan membantunya mengembangkan kemampuan motorik halus dan kognitifnya saat menggenggam benda tersebut.

    Baca juga: Rekomendasi Mainan Bayi Sesuai Usia Beserta Manfaatnya

  7. Rutin Mengajak si Kecil Berbicara
  8. Meskipun belum sepenuhnya mengerti perkataan, Ibu disarankan untuk mengajak bicara si Kecil sesering mungkin. Ibu bisa mengajaknya bercakap-cakap untuk membantu si Kecil mengembangkan kemampuan bahasanya.

  9. Bermain Lempar Tangkap Bola
  10. Permainan lempar tangkap bola adalah kegiatan yang menyenangkan sekaligus stimulasi bayi 5 bulan agar cerdas. Gunakan bola karet yang lunak agar tidak membahayakan si Kecil.

    Melakukan permainan ini dapat membantu merangsang keterampilan motorik kasar si Kecil, seperti koordinasi mata dan tangan, kekuatan otot, dan keseimbangan.

  11. Biarkan Si Kecil Mengeksplorasi Bayangannya Sendiri
  12. Memberikan kesempatan si Kecil bercermin menjadi salah satu ide stimulasi bayi 5 bulan agar cerdas yang bisa dicoba. Posisikan cermin khusus bayi setinggi pandangan mata si Kecil dan biarkan ia melihat bayangannya sendiri. 

    Biarkan si Kecil berinteraksi dengan bayangannya sendiri. Lambat laun, si Kecil akan mulai menyadari bahwa gerakan dan perasaan tubuhnya sama dengan apa yang dilihatnya di cermin.

  13. Bermain Cilukba
  14. Mengajak si Kecil bermain cilukba dapat membantunya belajar tentang konsep keberadaan dan ketidakberadaan. Ibu bisa bermain cilukba dengan menutupi wajah menggunakan selimut atau tangan, lalu membukanya kembali. 

    Ketika Ibu menutupi wajah dengan selimut atau tangan, si Kecil akan berpikir bahwa Ibu tidak ada. Namun, ketika Ibu membukanya kembali, si Kecil akan menyadari bahwa Ibu masih ada. Hal ini dapat membantu si Kecil memahami bahwa sesuatu bisa ada dan tidak ada.

Pastikan stimulasi yang diberikan sesuai dengan usia si Kecil ya, Bu. Jangan memaksakan si Kecil untuk melakukan aktivitas yang belum sesuai dengan kemampuannya.

Tanda-Tanda Keterlambatan Perkembangan yang Perlu Diwaspadai

tanda-tanda keterlambatan perkembangan bayi 5 bulan - ibudanbalita

Mungkin Ibu bertanya-tanya apakah bayi umur 5 bulan belum bisa tengkurap itu wajar atau tidak. Perkembangan motorik bayi tidak selalu sama. Ada yang cepat bisa tengkurap di usia 5 bulan, tetapi ada pula yang butuh waktu lebih lama

Agar Ibu lebih aware terhadap tahap tumbuh kembang si Kecil, berikut ini tanda-tanda keterlambatan perkembangan bayi yang dilansir yang perlu diwaspadai:

  • Tidak mengeluarkan suara apapun
  • Ketidakmampuan membuka jari tangan atau kaki.
  • Tidak melakukan kontak mata dengan orang.
  • Memiliki kontrol kepala yang buruk.
  • Tidak menunjukkan emosi yang dirasakan, seperti senang atau sedih.
  • Ketidakmampuan untuk menendang-nendangkan kakinya.
  • Tidak mengikuti benda bergerak dengan matanya.
  • Tidak menoleh ke sumber suara jika diajak berbicara.

Segera bawa si Kecil ke dokter jika mengalami salah satu kondisi di atas. Meskipun penyebab keterlambatan perkembangan bayi masih belum diketahui secara pasti, faktor genetik seperti sindrom Down atau sindrom Fragile X menjadi salah satu penyebabnya.

Oleh karena itu, penting bagi Ibu untuk memberikan stimulasi bayi 5 bulan yang tepat. Pemilihan stimulasi yang tepat dapat membantu proses tumbuh kembang si Kecil lebih optimal.

Selain stimulasi, Ibu juga perlu memenuhi asupan nutrisi harian si Kecil. Pada usia 5 bulan, ASI masih menjadi nutrisi utama si Kecil. Oleh karena itu, Ibu perlu meningkatkan kualitas ASI agar si Kecil tumbuh dan berkembang secara optimal.

Agar produksi ASI meningkat baik dalam jumlah maupun kualitasnya, Ibu harus mendapatkan energi tambahan sebanyak 500 kalori setiap harinya (AKG 2019) begitu juga dengan protein dan nutrisi penting lainnya. Selain mengonsumsi makanan bergizi, Ibu juga perlu mengonsumsi susu ibu menyusui yang mengandung tinggi DHA untuk mendukung perkembangan otak si Kecil, 9 Asam Amino Esensial (AAE), yaitu protein penting yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh dan harus didapat dari makanan setiap harinya untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan si Kecil yang optimal di 1000 Hari Pertama Kehidupannya serta 9 nutrisi penting lainnya seperti; tinggi asam folat, omega 3 (ALA), Omega 6 (LA), tinggi zat besi, serat pangan inulin, tinggi vitamin C, protein, tinggi kalsium dan tinggi seng untuk menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh Ibu selama periode menyusui dan mendukung produksi ASI.

Frisian Flag PRIMAMUM adalah susu ibu menyusui untuk dukung Akal Cermat dan Imunitas si Kecil yang dilengkapi dengan DHA, 9 Asam Amino Esensial (AAE) serta 9 nutrisi penting untuk kebaikan Ibu dan si Kecil selama periode menyusui. Dua gelas Frisian Flag PRIMAMUM mengandung energi sebanyak 360 kalori, DHA 68 mg, protein 18 gram dan 9 nutrisi penting lainnya dalam jumlah yang disesuaikan dengan tambahan nutrisi yang dibutuhkan ibu selama menyusui si Kecil. Frisian Flag PRIMAMUM tersedia dalam rasa cokelat yang lezat, tidak membuat enek atau mual serta enak disajikan dalam kondisi hangat maupun dingin.

Namun jika Ibu atau si Kecil mengalami kondisi yang tidak memungkinkan pemberian ASI, Ibu bisa memberikan susu pendamping ASI sesuai dengan anjuran tenaga kesehatan ya Bu. Pastikan Ibu memilih susu yang mengandung 9 protein asam amino esensial lengkap dan tinggi DHA, karena protein adalah komponen yang penting untuk mendukung tumbuh dan kembang bayi ya, Bu! 

Pantau terus tumbuh kembang si kecil dengan menggunakan fitur Rapor Tumbuh Kembang Prima. Fitur ini dapat memudahkan Ibu untuk mengetahui berat badan, tinggi badan, lingkar kepala, lingkar perut, indeks massa tubuh, dan hal-hal penting lainnya yang berkaitan dengan pertumbuhan dan perkembangan. Fitur ini didukung oleh grafik pertumbuhan dari WHO, sehingga Ibu bisa tahu seperti apa tumbuh kembang ideal bagi bayi dan anak-anak. Yuk, coba langsung fiturnya di sini

Jangan lupa registrasikan data Ibu untuk informasi dan fitur lengkap seputar kehamilan dan tumbuh kembang si Kecil dari Ibu dan Balita. Selain itu, dengan bergabung sebagai member Ibu dan Balita, Ibu juga dapat memperoleh poin yang akan bisa ditukarkan dengan hadiah dan promo yang menarik. Yuk, daftar sekarang!

Konsultasi Gratis dengan Ahli Gizi

Data Ibu

Hanya boleh berupa huruf

Format nomor handphone 08xxxxxxxxxx

  • Password harus memiliki minimal 8 karakter
  • Password harus memiliki setidaknya 1 huruf besar
  • Password harus memiliki setidaknya 1 huruf kecil
  • Password harus memiliki setidaknya 1 angka
  • Password harus memiliki setidaknya 1 karakter khusus (misalnya ., *, !, ? atau semacamnya)

Data Anak

Silakan isi data anak atau anak yang termuda.