Share Like
Simpan

Hai, Bu! Si Kecil sudah bisa bermain apa saja? Mainan anak bayi memang bermacam-macam dan bisa menggunakan barang sehari-hari yang ada di rumah, salah satunya cermin. Selama bermain dengan cermin, ia sesekali tertawa dan bengong melihat bayangan wajahnya sendiri. Sangat menggemaskan, ya! Namun, tahukah Ibu mengapa bayi suka sekali melihat bayangannya di cermin? Berikut saya rangkum informasinya.

Mengapa si Kecil Suka Bercermin?

Ternyata Bu, bayi umumnya sangat tertarik melihat wajah manusia. Apalagi, saat melihat wajah orang tua dan dirinya sendiri. Hal inilah yang menjadikan cermin sebagai mainan favorit hampir semua bayi. Menariknya, pada usia ini si Kecil belum sadar bahwa wajah dalam cermin itu adalah dirinya sendiri, sehingga ia berusaha untuk tersenyum, tertawa, dan menunjukkan wajah yang ekspresif. Nah, ketika memasuki usia 7 bulan, perlahan-lahan ia akan mulai menyadari pantulan dalam cermin adalah wajahnya sendiri.

Adakah Manfaat Ketika si Kecil Sering Bermain Cermin?

Tak hanya menyenangkan, bermain cermin juga membawa banyak manfaat bagi tumbuh kembang si Kecil. Ini beberapa di antaranya:

  • Kebiasaan ini bisa membantu si Kecil belajar untuk memusatkan perhatian dan membaca ekspresi wajah manusia.
  • Bermain cermin juga bisa mengembangkan keterampilan sosialnya. Ketika bercermin, si Kecil akan melakukan interaksi sederhana dengan pantulan wajahnya sendiri yang ia kira orang lain.

Perlukah Kebiasaan Ini Dibatasi?

Terlepas dari segala manfaatnya untuk pertumbuhan dan perkembangan anak, Ibu dianjurkan untuk selalu mengawasi si Kecil ketika sedang bermain cermin. Mengingat pada usia ini si Kecil memiliki rasa ingin tahu yang sangat tinggi, awasi agar si Kecil tidak memukul permukaan cermin dan terluka ya, Bu.

Ide Bermain dengan Cermin Bersama si Kecil

Selama mengajak si Kecil bermain cermin, ada empat inspirasi permainan yang bisa Ibu lakukan berikut ini:

  • Belajar mengenal wajahnya. Ibu bisa memangku si Kecil sambil melihat ke arah cermin dan ajak berbicara. “Itu kamu, sayang!” Sentuh bagian wajahnya sambil mengucapkan bagian-bagian wajahnya seperti, “Ini mulut, hidung, dan mata.”
  • Bermain cilukba menggunakan cermin. Tak hanya dengan Ibu, si Kecil juga bisa bermain cilukba dengan bayangannya sendiri.
  • Buat ekspresi lucu di depan cermin. Setelah itu, ajak si Kecil untuk meniru ekspresi Ibu.
  • Belajar meraih cermin. Ibu bisa meletakkan cermin kecil di atas tempat tidurnya. Nantinya, si Kecil akan berusaha mengangkat kepalanya dan menggapai cermin.

Bagaimana, Bu? Tidak sulit kan menjadikan cermin sebagai mainan anak bayi kesayangan Ibu di rumah? Selamat bermain cermin bersama si Kecil!