Whatsapp Share Like
Simpan

Belakangan ini dessert yang diberi topping chia seed sedang menjadi tren di kalangan millenial. Apakah Ibu sudah pernah mencobanya? Chia seed dikatakan memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, khususnya anak-anak. Itulah sebabnya kelompok biji-bijian dari tanaman gurun Salvia hispanica ini banyak dipakai sebagai paduan dessert. Inilah beberapa manfaatnya, Bu:

Baik untuk Pencernaan

Di dalam dua sendok makan chia seed ini terkandung 10 gram serat. Itu artinya biji-bijian ini dapat membantu menjaga kesehatan pencernaan si Kecil. Serat juga berfungsi untuk menurunkan kolesterol, menurunkan kadar gula darah, serta membantu menjaga berat badan. Dengan begitu, si Kecil akan memiliki tubuh sehat yang ideal sesuai dengan tinggi badan dan usianya.

Meningkatkan Fungsi Otak

Sebanyak 60% minyak biji chia terkandung asam omega 3, sehingga akan sangat bermanfaat untuk meningkatkan fungsi otak. Bila fungsi otak meningkat, maka si Kecil akan bisa berpikir lebih jernih, memiliki daya ingat yang tajam, dan menjadi anak yang cerdas.

Omega 3 juga memiliki beberapa manfaat lainnya, seperti untuk menjaga kesehatan mata, melawan depresi, menurunkan risiko penyakit jantung, mengurangi peradangan, mencegah penyakit autoimun, dan mencegah kegemukan.

Membantu Pertumbuhan Gigi dan Tulang

Memiliki kandungan protein, fosfor, kalsium, dan magnesium membuat chia seed baik untuk membantu pertumbuhan gigi dan tulang si Kecil. Malah kandungan kalsium di dalam chia seed dikatakan lebih tinggi dibandingkan dengan di dalam produk olahan susu lho, Bu. Oleh karenanya biji ini sangat pas diberikan pada si Kecil yang alergi dengan produk susu supaya kebutuhan kalsiumnya tetap tercukupi. Kebutuhan kalsium yang tercukupi akan membuat gigi dan tulang anak tumbuh lebih cepat dan kuat sehingga risiko mengalami keropos pun dapat berkurang.

Artikel Sejenis

Menjaga Kesehatan Organ Jantung

Asam omega 3 tidak hanya baik untuk otak si Kecil, tapi juga sudah terbukti oleh beberapa penelitian dapat menjaga kesehatan organ jantung. Asam lemak tak jenuh ini akan membantu mengontrol tekanan darah, mencegah penggumpalan darah berlebih, menjaga ritme detak jantung, hingga menurunkan kadar kolesterol.

Bila buah hati termasuk yang memiliki alergi terhadap ikan yang mengandung omega 3, maka chia seed dapat dijadikan alternatif penggantinya agar ia tetap mendapatkan asupan omega 3.

Tinggi Kandungan Protein

Biji chia termasuk ke dalam sumber protein nabati lho, Bu. Di dalam 28 gram chia seed saja sudah terkandung 4 gram protein. Bahkan bukan sembarang protein, melainkan protein lengkap yang berupa sembilan asam amino esensial yang tidak bisa dihasilkan oleh tubuh.

Ini menjadikan chia seed biji-bijian yang sehat dan baik untuk dikonsumsi oleh si Kecil, sebab kandungan protein tersebut memiliki banyak manfaat untuk tubuhnya, seperti:

  • mengoptimalkan tumbuh kembang
  • menyehatkan rambut dan kulit
  • mengontrol rasa lapar
  • mengurangi risiko kegemukan
  • meningkatkan sistem kekebalan tubuh
  • membentuk enzim

Tinggi Kandungan Antioksidan

Kandungan antioksidan chia seed dikatakan memiliki jumlah yang tinggi. Manfaat antioksidan bagi tubuh sendiri cukup beragam, Bu. Diantara manfaatnya adalah baik untuk kesehatan sel dan kulit agar kulit senantiasa terlihat sehat, mengurangi risiko penyakit jantung dan kanker, serta melawan gangguan neurologis.

Sumber Magnesium

Di dalam satu porsi biji chia terkandung 30% magnesium RDA yang mempunya berbagai manfaat, seperti untuk mengobati penyakit diabetes tipe, jantung, hipertensi, dan osteoporosis. Mineral ini juga berperan untuk menghasilkan energi di dalam tubuh, sehingga saat si Kecil mengkonsumsi biji ini ia akan mendapatkan cukup energi untuk beraktivitas.

Memperbaiki Kualitas Tidur

Biji chia kaya akan kandungan triptofan, yaitu asam amino di dalam tubuh yang berperan dalam produksi hormon melatonin dan serotonin. Kedua hormon ini berkaitan erat dengan kualitas tidur. Ini artinya biji chia mampu memperbaiki kualitas tidur si Kecil supaya ia bisa tidur dengan nyenyak.

Cara Mengolah Biji Chia

Meski memiliki ukuran yang mungil, tapi pemberian chia seed untuk si Kecil tetap perlu diperhatikan, Bu. Untuk si Kecil yang masih belum mahir mengunyah, sebaiknya berikan biji ini dalam jumlah sedikit saja kira-kira 1-2 sendok teh. Taburkan biji chia ke atas makanannya agar si Kecil mendapatkan segudang manfaatnya.

Resep Dessert Chia Seed

Mudah dibuat dan kaya nutrisi, si Kecil pasti akan sangat suka dengan dessert salad buah topping biji chia berikut ini, Bu:

Bahan-bahan:

  • 2 sdt biji chia
  • Aneka jenis buah (strawberry, melon, pepaya, alpukat, semangka)
  • Plain yoghurt
  • Keju parut

Cara membuat:

  1. Potong buah menjadi ukuran kecil, lalu letakkan ke dalam wadah.
  2. Tuang yogurt ke atas potongan buah, aduk merata.
  3. Taburkan parutan keju dan chia seed.
  4. Salad buah yang kaya nutrisi dan menyegarkan siap disantap.

Banyak sekali ya, Bu, manfaat dari chia seed tersebut. Jadi tak perlu ragu untuk memberikannya kepada si Kecil agar ia mendapatkan manfaat bagi tubuhnya. Bila perlu jadikan biji chia sebagai menu yang rutin dikonsumsi oleh seluruh anggota keluarga. Semoga informasi ini bermanfaat ya, Bu.

Susu Frisian Flag 123 PRIMANUTRI turut mencukupi kebutuhan gizi si Kecil berkat kandungan nutrisinya yang lengkap. Di dalam susu ini terkandung protein, karbohidrat, lemak, vitamin, dan mineral serta omega 3 dan 6, kalsium, selenium, prebiotik inulin, zinc, dan zat besi.

Bagi Ibu yang masih memiliki pertanyaan dan ingin berkonsultasi seputar bayi atau MPASI, bisa berkunjung ke laman Tanya Pakar. Di sana ada para ahli yang akan membantu Ibu. Namun untuk bisa menggunakan fitur tersebut, pastikan Ibu sudah registrasi terlebih dahulu, ya.

 

Sumber:

Hellosehat, Honestdocs