Share Like
Simpan

Apa saja yang sudah bisa dilakukan si Kecil? Pasti senang sekali Bu, melihat si Kecil tumbuh pesat dan aktif bergerak. Balita Ibu yang aktif dan dalam masa pertumbuhan sangat membutuhkan asupan makanan yang penuh nutrisi, termasuk juga dalam camilannya. Kalau Ibu bingung menyiapkan camilan untuk si Kecil hari ini, cobalah berbagai olahan pisang yang memiliki kandungan bermanfaat untuk pemenuhan nutrisi balita.

Kandungan gula alami yang terdapat dalam pisang merupakan sumber energi berkelanjutan untuk menjaga pikiran dan tubuh balita agar tetap aktif. Setelah melalui proses pencernaan, glukosa menjadi bahan bakar utama untuk fungsi kerja otot dan otak. Satu buah pisang mengandung sekitar seperempat dari kebutuhan sehari-hari nutrisi balita. Buah pisang berukuran sedang mengandung 5 mg vitamin B6, 9 mg vitamin C, 450 mg potasium, 1 g protein, 34 mg magnesium, 250 mcg folat dan 3 mg zat besi. Folat dan vitamin B6 merupakan asupan nutrisi balita yang berkontribusi dalam pertumbuhan dan perkembangan kesehatan yang maksimal pada balita. Vitamin B6 dalam buah pisang dibutuhkan untuk sel-sel sehat darah dan saraf, serta vitamin C untuk fungsi kekebalan tubuh dan pertumbuhan tulang.   Kandungan nutrisi dalam pisang juga sangat bermanfaat  untuk kesehatan jantung karena mengandung kadar lemak jenuh yang sangat rendah. 

Menurut American Academy of Pediatric , selain mengandung asupan nutrisi, pisang juga aman untuk balita yang baru belajar mengonsumsi makanan padat. Rasa pisang yang manis dan teksturnya yang lembut pun cocok untuk disajikan dengan bahan-bahan lain sebagai camilan penuh nutrisi untuk balita.  Berikut ini beberapa kudapan berbahan dasar pisang yang bisa Ibu buat untuk si Kecil:

1. Banana cake  

Bahan:

  •  125 g mentega
  •  1 1/2 cup gula bubuk
  •  2 butir telur, kocok merata
  •  2 buah pisang berukuran besar, haluskan
  •  5 tetes vanila cair
  •  250 g tepung terigu
  •  1 sdm baking powder
  •  1 sdm garam
  •  1/2 sdm bubuk kayu manis
  •  1 sdm air jeruk lemon

Cara membuatnya cukup mudah. Pertama, panaskan oven pada temperatur 180° Celsius. Kemudian campur mentega, gula, telur, pisang dan vanila cair. Aduk hingga tercampur rata. Setelah itu campurkan semua bahan kering dan tambahkan air jeruk lemon. Terakhir, campur semua bahan lalu tuangkan dalam cetakan dan panggang selama 45 menit.

2. Banana pop stick 

Bahan untuk resep ini cukup mudah, yaitu buah pisang berukuran besar yang dipotong separuh, coklat leleh dan kacang tanah yang dihaluskan. Untuk membuatnya, tusukkan pisang pada stik es krim, kemudian celupkan ke dalam coklat yang sudah dilelehkan. Terakhir taburi dengan kacang tanah yang sudah dihaluskan. Diamkan di kulkas beberapa saat sebelum camilan lezat ini dinikmati si Kecil.

3. Banana pancake 

Membuat pancake pisang sangat mudah kok, Bu. Campurkan 3 cangkir tepung terigu dengan 3 sendok makan baking powder, 4 sendok makan mentega yang sudah dilelehkan, sebutir telur dan sedikit garam. Aduk semua bahan kemudian masak pada wajan bebas lengket hingga berwarna kecoklatan. Untuk membuat ukuran yang sama, gunakan sendok sayur saat mengambil adonan. Saat hampir matang, letakkan irisan pisang dan olesi dengan sedikit madu. 

Cara terbaik untuk mendapat nutrisi bagi balita dari buah pisang memang dengan mengonsumsinya secara langsung. Akan tetapi resep-resep di atas bisa Ibu coba agar si Kecil tidak bosan dan semakin bersemangat saat menyantap pisang. Selamat mencoba, Bu!