Whatsapp Share Like
Simpan

Senangnya kini Ibu sudah menjalani 1 bulan awal kehamilan dengan baik. Pastinya ada perasaan tidak sabar di dalam diri Ibu yang ingin si Kecil cepat hadir di tengah-tengah keluarga. Agar ia tumbuh dengan baik di dalam kandungan, tentunya Ibu harus menjaga kesehatan tubuh mulai saat ini. 

Makan makanan bergizi selama hamil tidak hanya membuat tubuh Ibu sehat. Kandungan nutrisi yang terkandung pada makanan Ibu juga dapat membantu tumbuh dan kembang janin saat ini. Apa yang Ibu makan, juga dikonsumsi oleh janin. Sehingga, sangat disarankan apabila Ibu mulai menerapkan pola makan yang sehat dengan gizi yang seimbang. 


Berikut ini adalah jenis makanan yang disarankan untuk dikonsumsi oleh Ibu hamil:


Makan makanan berserat tinggi 

Serat dapat membantu Ibu mengurangi keluhan konstipasi serta menurunkan risiko preeclampsia (penyakit berbahaya yang disebakan oleh hipertensi di waktu hamil).  Perbanyak konsumsi makanan berserat tinggi seperti roti gandum, sereal, pasta, nasi, buah-buahan, dan sayur-sayuran.


Produk olahan susu (dairy products) 

Kalsium sangatlah dibutuhkan oleh janin Ibu untuk membantu pertumbuhan tulang dan otot serta organ-organ tubuh lainnya di masa ini. Agar kebutuhan kalsium Ibu terpenuhi selama hamil, Ibu dianjurkan banyak mengonsumsi produk olahan susu yang sudah melalui proses pasteurisasi. Salah satunya adalah yoghurt.


Makanan bervitamin C 

Selain dapat membantu pertumbuhan janin, Vitamin C juga ikut menguatkan sistem daya tahan tubuh Ibu saat ini. Oleh karena itu, rajinlah mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin C seperti jeruk, anggur, strawberry, atau brokoli. Ibu hamil membutuhkan 70 mg vitamin C setiap harinya. Namun, sebaiknya hindari mengonsumsi vitamin C terlalu banyak, karena dapat menimbulkan gangguan kesehatan seperti sakit perut di masa kehamilan ini.


Makanan bervitamin A 

Sama seperti vitamin C, vitamin A juga berperan penting dalam proses pembentukan organ pada janin, seperti jantung, mata, dan tulang. Agar kebutuhan vitamin A Ibu tercukupi, perbanyak konsumsi makanan seperti wortel, labu, ubi, atau bayam setiap harinya. 


Makanan tinggi protein 

Asam amino yang terdapat pada kandungan protein dapat membantu mengembangkan sel-sel tubuh pada Ibu dan juga janin. Inilah mengapa protein termasuk salah satu nutrisi yang penting bagi Ibu hamil. Makanan kaya protein seperti ayam dan daging merah yang tidak berlemak, ikan, telur dan kacang-kacangan sangat dianjurkan bagi Ibu hamil. Akan tetapi, perlu diingat bahwa tidak semua jenis ikan baik untuk dikonsumsi ketika hamil, seperti ikan tenggiri Amerika (king mackerel), hiu, dan ikan todak (swordfish). Selain itu, hindari juga mengonsumsi terlalu banyak kacang tanah ya, Bu. Terlalu banyak mengonsumsi kacang tanah dikhawatirkan dapat menyebabkan janin terkena gangguan kesehatan seperti alergi.

Memulai pola yang baru memang butuh penyesuaian ya, Bu. Ibu harus menjaga betul asupan gizi demi kesehatan janin. Oleh karena itu, tetaplah mengonsumsi menu makan sehat setiap harinya. Lalu, bagaimana dengan camilan sehari-hari? Nah, jangan khawatir, Ibu tetap bisa mengonsumsi beberapa jenis camilan. Akan tetapi, makanan berlemak dan yang mengandung gula serta garam yang tinggi, sebaiknya dihindari terlebih dahulu. Sebaliknya, supaya asupan gizi Ibu dan janin tetap terjaga, ada baiknya apabila Ibu menyiapkan camilan sehat seperti potongan buah-buahan dan sayur yang lezat.   

Di usia kehamilan ini, pola makan Ibu kemungkinan besar akan berubah. Saat ini, mungkin ada beberapa Ibu yang tidak dapat makan makanan dengan porsi besar sebanyak 3 kali sehari. Tidak apa-apa, Bu. Sebagai gantinya, cobalah mengubah pola makan sebanyak 6 kali sehari dengan menu yang lebih sedikit.  Hal yang terpenting adalah Ibu harus tetap menjaga asupan makanan serta perbanyak minum air putih agar Ibu tidak terserang dehidrasi sehingga pertumbuhan janin tidak terganggu.

Agar pertumbuhan janin semakin optimal, rajinlah meminum susu Ibu hamil sebanyak 2 gelas secara teratur setiap hari. Frisian Flag Mama dengan rasa cokelat yang nikmat hadir untuk memenuhi kebutuhan nutrisi Ibu hamil saat ini. Kandungan Asam Folat serta Kolin di dalamnya dapat membantu memaksimalkan pertumbuhan otak pada janin. Sementara untuk Ibu sendiri, kandungan Vitamin B6-nya dapat membantu Ibu mengurangi rasa mual yang biasa terjadi pada usia awal kehamilan. Selamat menjalani masa kehamilan ya, Bu. Semoga Ibu dan si Kecil selalu sehat!