Share Like
Simpan

Setelah 9 bulan mengandung, akhirnya momen yang paling ditunggu hampir tiba! Tidak bisa dipungkiri, hari-hari menjelang kelahiran si Kecil memang begitu mendebarkan ya, Bu. Bagaimana tidak? Momen berharga tersebut membutuhkan persiapan fisik dan mental secara khusus. Apalagi, persalinan bisa terjadi kapan saja sejak minggu ke-37 di akhir masa kehamilan.

Selain persiapan mental dan fisik, Ibu juga perlu mempersiapkan perlengkapan yang harus dibawa saat persalinan nanti. Nah, hari ini saya akan berbagi tips seputar ini. Pertama-tama, susun daftar belanjaan pada secarik kertas secara berurutan, dari yang paling penting. Setelah itu, siapkan tas besar yang akan diisi perlengkapan tersebut. Jadi, ketika “waktunya” tiba, tas itulah yang akan dibawa ke rumah sakit bersalin.

Nah, untuk si Kecil nanti, inilah sederet perlengkapan yang perlu dibawa saat persalinan nanti:

Popok khusus bayi baru lahir untuk dipakai saat sudah diperbolehkan pulang. Namun, sebelum membeli, Ibu bisa memastikan terlebih dahulu ke rumah sakit tempat bersalin nanti, karena biasanya ada beberapa rumah sakit yang sudah menyediakan perlengkapan ini. 

  1. Popok khusus bayi baru lahir untuk dipakai saat sudah diperbolehkan pulang. Namun, sebelum membeli, Ibu bisa memastikan terlebih dahulu ke rumah sakit tempat bersalin nanti, karena biasanya ada beberapa rumah sakit yang sudah menyediakan perlengkapan ini.
  2. Dua pasang pakaian ganti sebagai pilihan untuk dikenakan si Kecil saat pulang nanti. Misalnya, baju  lengan pendek atau baju lengan panjang, celana panjang dengan atau tanpa tutup kaki, sepasang sepatu, dan kaus kaki.
  3. Sebagai perlengkapan tidur si Kecil, Ibu bisa menyiapkan selimut dengan bahan tipis dan lembut seperti katun. Biasanya, selimut khusus ini permukaannya berlubang agar tidak sampai menutupi wajahnya.
  4. Kereta bayi atau stroller bisa dipakai untuk membawa si Kecil saat sudah diperbolehkan pulang dari rumah sakit. Tidak harus membeli, saat ini ada beberapa tempat yang menyediakan stroller untuk disewakan.

Namun, tentu bukan perlengkapan si Kecil saja yang perlu kita persiapkan. Berikut beberapa daftar perlengkapan yang bisa disiapkan Ibu:

  1. Celana dalam, bra menyusui dan breast pad sebagai persiapan untuk menyusui setelah si Kecil lahir nanti. Breast pad merupakan penyerap ASI yang diselipkan di antara bra dan payudara untuk mencegah rembesan ASI.
  2. Pakaian ganti untuk tubuh Ibu yang belum sepenuhnya kembali normal. Saran saya, sebaiknya pilih baju Ibu yang muat saat trimester ke-2 atau daster yang nyaman. Kaus kaki juga perlu dibawa untuk mencegah agar ibu tidak kedinginan.
  3. Alat-alat mandi, seperti handuk, sabun, sampo, sikat gigi, dan odol sebagai persiapan selama menginap di rumah sakit nanti. 
  4. Gurita untuk digunakan oleh Ibu dengan cara diikatkan pada bagian perut. Benda ini berfungsi mengencangkan kembali bagian perut yang kendur setelah persalinan. Jika melahirkan secara caesar, sebaiknya gunakan gurita saat bekas jahitan di perut sudah tidak terlalu basah.

Nah, kira-kira begitu, Bu. Agar lebih mudah untuk mempersiapkan perlengkapan tersebut, Ibu bisa langsung mengunduh daftar perlengkapan yang sudah saya siapkan di sini.

Semoga saat persalinan nanti, segala sesuatunya dapat berjalan dengan lancar sesuai harapan ya, Bu!