Whatsapp Share Like Simpan

Menjalani peran sebagai seorang Ibu bukanlah hal yang mudah. Tanggung jawab Ibu di dalam keluarga tidak boleh dianggap remeh, karena ia harus melakukan banyak kewajiban tanpa mengenal rasa lelah. Inilah yang menjadikan Ibu sebagai sosok yang hebat dan harus dihormati oleh anak-anak maupun ayah, sang kepala keluarga.

Dari bangun pagi hingga tidur malam, tanggung jawab Ibu bagai tidak pernah usai. Bahkan, di saat tidur pun Ibu masih kerap terbangun oleh rengekan buah hatinya, sehingga tidak bisa tidur dengan nyenyak. Luar biasa sekali ya, Bu? Berikut adalah beberapa kewajiban yang harus dilakukan oleh para Ibu di dalam keluarga:

Menjaga Kesehatan Anggota Keluarga

Bu, pernahkah mendengar sebuah kalimat bahwa seorang Ibu itu tidak boleh sakit? Karena jika sakit, semua urusan di dalam rumah bisa berantakan. Hal ini memang benar, Bu. Tanggung jawab Ibu harus bisa menjaga kesehatan diri sendiri dan keluarganya, seperti seorang dokter.

Saat ada anggota keluarga yang sakit, Ibu akan merawat dan mengobati hingga sembuh kembali. Ibu juga harus bisa menjaga kesehatan diri sendiri, karena tanggung jawab yang Ibu pikul membutuhkan fisik yang kuat. Caranya adalah dengan istirahat cukup, makan makanan bergizi, dan berolahraga teratur.

Mengurus dan Merawat Anggota Keluarga

Ibarat perawat, tanggung jawab Ibu adalah untuk mengurus dan merawat anggota keluarga saat sehat maupun sakit. Selain itu, Ibu juga bertugas untuk merawat anak sejak dilahirkan hingga dewasa nanti. Selama 24 jam Ibu akan menyusui, mengganti popok, memandikan, menyuapi, menemani tidur, menggendong, dan berbagai tugas merawat lainnya. Ibu juga bertugas untuk memberikan perlindungan, kasih sayang, dan perhatian yang tulus pada anak-anaknya.

Artikel Sejenis

Sebagai Manajer Rumah Tangga

Sebagai Manajer Rumah Tangga

Sebuah keluarga membutuhkan manajer yang bertugas untuk mengatur semua keperluan rumah tangga. Di sinilah peran seorang Ibu, yaitu sosok yang memastikan seluruh isi di dalam rumah berjalan dengan harmonis, baik itu pekerjaan rumah tangga sampai seluruh anggota keluarga yang tinggal di dalamnya.

Dari bangun pagi, Ibu harus sudah mulai memasak menyiapkan makanan, membersihkan rumah, memastikan pakaian bersih dan rapi, hingga mempersatukan semua anggota keluarga supaya bisa selalu rukun dan saling bekerja sama dalam satu tujuan.

Mengelola Keuangan

Di samping sebagai manajer rumah tangga, Ibu juga merupakan manajer keuangan yang bertanggung jawab untuk mengelola keuangan di dalam keluarga supaya bisa mencukupi seluruh kebutuhan dengan baik. Setelah ayah memberikan uang bulanan kepada Ibu, maka Ibu harus bisa membagi semua uang tersebut untuk berbagai kebutuhan, mulai dari belanja bahan makanan, listrik, telepon, uang sekolah, hIburan, dan lainnya. Bahkan, beberapa Ibu harus ikut bekerja membantu ayah mencari penghasilan tambahan agar bisa mencukupi kebutuhan keluarga yang terkadang melebihi pemasukan.

 

Baca juga: Ibu Rumah Tangga vs Ibu Bekerja, Yang Mana Pilihan Ibu?

Mendidik Anak-anak

Di rumah, Ibu adalah pendidik bagi anak-anaknya. Tidak hanya dari guru di sekolah, anak juga membutuhkan bimbingan dari Ibu terkait pendidikan, baik pendidikan intelektual, iman, moral, psikologis, sosial, fisik, maupun jasmani. Tanggung jawab Ibu adalah mendidik buah hatinya agar terbentuk kepribadian yang baik sejak kecil hingga dewasa kelak. Oleh karena itu, seorang Ibu harus menjadi panutan bagi anak dengan selalu berperilaku dan berbicara yang baik, karena anak akan selalu melihat orang tuanya dalam segala hal.

Menyajikan Makanan dengan Gizi Lengkap

Menyajikan Makanan dengan Gizi Lengkap

Makan merupakan kebutuhan pokok harian setiap individu. Tanggung jawab Ibu salah satunya adalah menyajikan makanan untuk sarapan, makan siang, dan makan malam seluruh anggota keluarga. Sebagai seorang ‘koki’, makanan yang dihidangkan tidak hanya harus lezat tapi juga mengandung gizi lengkap.

Makanan yang bergizi sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh dan mendukung tumbuh kembang anak-anak. Penting juga untuk memasak makanan yang bervariasi setiap hari supaya tidak ada rasa bosan dan semua nutrisi seluruh keluarga tercukupi dengan baik.

Pentingnya Dukungan dari Ayah

Setiap Ibu itu kuat dan multitalent, tapi ia tetap membutuhkan dukungan dari Ayah. Bagaimanapun, menjalani semua tugas sendiri tentu akan membuat Ibu kewalahan. Lagipula, Ayah juga memiliki peranan yang sama terhadap keluarga, tidak hanya sekedar mencari nafkah saja. Di dalam keluarga, Ayah juga bertanggung jawab untuk merawat dan mendidik anak-anak bersama dengan Ibu. Jadi, mintalah Ayah untuk bekerja sama dengan Ibu agar semua dapat berjalan dengan baik ya, Bu.

 

Melihat besarnya tanggung jawab Ibu di dalam keluarga, wajar bila anak harus menghormati ibu yang telah mengandung, melahirkan, dan merawatnya dengan sepenuh hati. Tidak ada apresiasi yang lebih berharga bagi seorang Ibu melainkan penghormatan dari anak dan dukungan yang tulus dari Ayah. Tidak perlu membandingkan Ibu dengan ibu lainnya, karena setiap ibu itu baik dalam caranya sendiri. Tetap semangat ya, Bu.

Ibu memiliki pertanyaan atau ingin berkonsultasi seputar anak? Langsung kunjungi laman Tanya Pakar saja ya, Bu. Para ahli di sana akan menjawab semua pertanyaan Ibu secara langsung. Untuk bisa memakai fitur tersebut, pastikan Ibu sudah registrasi terlebih dulu.


Sumber:

Sayangianak