Share Like
Simpan

Walau sebagian besar makanan cukup aman bagi Ibu yang menyusui, namun Ibu perlu memilah beberapa jenis makanan yang dikonsumsi selama memberikan ASI, karena mungkin dapat menyebabkan gangguan kesehatan pada si Kecil. Si Kecil yang rewel karena banyak gas dalam saluran cernanya, bisa disebabkan oleh makanan yang Ibu konsumsi tiga hingga enam jam sebelumnya. Makanan yang dikonsumsi Ibu menyusui umumnya memerlukan waktu 2 minggu untuk benar-benar hilang dari sistem peredaran darah Ibu.

Pantangan makanan apa saja yang sebaiknya Ibu lakukan saat memberikan ASI pada si Kecil?

  • Beberapa jenis ikan yang umumnya dapat mengandung logam berat merkuri dengan kadar yang tinggi, seperti ikan hiu, ikan makarel, ikan tuna yang dikonsumsi lebih dari 170 gram per minggu. Merkuri dapat merusak sistem saraf dan otak si Kecil dalam masa perkembangannya. Sebaiknya Ibu mengonsumsi ikan segar dan yang berukuran kecil.
  • Pemanis buatan seperti sakarin dan aspartam
  • Makanan dengan pengawet buatan
  • Alkohol
  • Daging berlemak. Sebaiknya Ibu memotong lemak pada daging sebelum mengonsumsinya, karena lemak pada daging umumnya menyerap toksin atau racun.
  • Kopi dan minuman serta makanan dengan kandungan kafein berlebihan. Ibu yang menyusui masih dapat mengonsumsi kopi 1 cangkir sehari. Namun sebagian bayi dapat mengalami gangguan kesehatan akibat kafein yang dikonsumsi Ibu diteruskan melalui ASI. Bila si Kecil menjadi lebih aktif, sukar tidur dan rewel karena mengalami kolik, sebaiknya Ibu menghindari minuman dan makanan yang mengandung kafein.
  • Beberapa minuman herbal seperti teh dapat mengurangi produksi ASI. Bila Ibu menyukai minum teh hijau saat menyusui, pilihlah teh hijau dengan kandungan tanpa kefein dan dianjurkan untuk tidak minum secara berlebihan. Tidak semua teh harus dipantang saat Ibu memberikan ASI, karena ada beberapa jenis teh yang malah dapat membantu meningkatkan produksi ASI, seperti teh jahe, teh dengan kandungan echinacea serta oregano.
  • Makanan pedas yang dikonsumsi Ibu dapat menyebabkan saluran cerna si Kecil terisi gas dan tidak nyaman.
  • Makanan yang dikonsumsi Ibu dengan kandungan vitamin C yang tinggi pada jeruk dan lemon mungkin dapat menyebabkan ruam popok pada si Kecil. Namun, Ibu tidak perlu pantang mengonsumsi vitamin. Amatilah perubahan dan gangguan pada si Kecil bila Ibu mengonsumsi lemon/jeruk lebih dulu sebelum Ibu memutuskan untuk menghindari mengonsumsi makanan dengan kandungan vitamin C yang tinggi.

 

Konsultasikan dengan dokter dan bidan mengenai makanan yang sebaiknya Ibu hindari selama menyusui, karena makanan yang Ibu makan selama menyusui penting untuk pertumbuhan dan perkembangan si Kecil nantinya.