Share Like
Simpan

Dulu, waktu si Kecil masih berusia 3 tahun, ia adalah salah satu anak yang paling aktif di kelas taman bermainnya. Ia seolah tidak kenal lelah dalam mengikuti  segala jenis permainan yang diberikan oleh pembimbingnya. Setelah selesai bermain ular naga, katanya ia langsung meminta kepada gurunya untuk lanjut bermain petak umpet. Tidak heran, kalau di sekolah si Kecil seaktif itu, karena di rumah pun ia termasuk anak yang suka bermain.

Nah, setelah berbincang lebih jauh, salah satu pembimbing taman bermain tersebut memberikan saya rekomendasi olahraga yang dapat menyalurkan energi aktif si Kecil. Setelah mempraktikannya, ternyata olahraga ini cukup seru lho, Bu. Penasaran seperti apa olahraganya? Yuk, kita baca sama-sama!

  1. Pilihlah waktu ketika si Kecil tidak baru selesai makan atau sedang tidak lapar. Hal ini perlu diperhatikan agar ia tidak muntah.
  2. Jika sudah siap, arahkan untuk merentangkan kedua lengannya ke samping, sejajar dengan bahu.
  3. Setelah lengannya direntangkan ke samping, mulailah mengarahkannya untuk menjauhkan kaki kiri dan kanan membentuk huruf “V”.
  4. Beri komando, agar saat ia menepuk kedua tangannya bersama-sama di atas kepala, kedua kakinya ikut merapat secara bersamaan dan sebaliknya.
  5. Lakukan gerakan ini bersama si Kecil sebanyak 10 kali dalam tiga sesi.

Praktis, kan? Olahraga ini bermanfaat untuk memperkuat beberapa bagian tubuh si Kecil, seperti lengan, kaki, dan bokong. Agar tidak bosan, variasikan dengan gerakan lain, seperti goyang pinggul memutar, membuka dan menutup telapak tangan, serta berdiri dengan satu kaki. Latihan secara  teratur dapat mempertahankan berat badan ideal si Kecil.

Saya pernah baca di salah satu situs bahwa latihan fisik bermanfaat untuk memperkuat otot-otot si Kecil, serta meningkatkan keseimbangan, koordinasi, dan fleksibilitasnya. Latihan yang termasuk olahraga ini juga dapat mengembangkan motorik kasar yang dipengaruhi oleh usia, berat badan, dan perkembangannya secara fisik. Namun jangan lupakan waktu tidurnya ya, Bu. Hal itu juga tak kalah penting untuk menyeimbangkan aktivitasnya.

Begitu pula dengan asupan gizi. Si Kecil yang sangat aktif pasti membutuhkan asupan energi untuk menjalankan aktivitasnya sehari-hari. Berikut ini adalah beberapa menu makanan yang kandungan energinya cukup untuk si Kecil.  

- Alpukat

Tidak hanya tingginya Kalori yang baik untuk energi si Kecil, alpukat juga mengandung Betasitosterol yang dapat mengurangi jumlah kolesterol yang diserap dari makanan. Buah ini bisa dicuci, lalu dimakan begitu saja, dibuat salad, atau dicampurkan ke dalam sandwich.

- Keju

Keju mengandung Natrium yang berperan penting dalam pengaturan tekanan darah di dalam tubuh si Kecil. Bahan ini bisa dimasukkan ke dalam biskuit, atau ditambahkan ke dalam sandwich sebagai isi.

-  Kentang

Kandungan vitamin C pada kentang berguna untuk menjaga kekebalan tubuh si Kecil. Kentang bisa dikonsumsi dengan cara ditumbuk, kemudian dimasak menjadi bubur kentang.

- Telur

Sebagai makanan sumber protein alami, telur mengandung hampir semua asam amino yang dibutuhkan tubuh. Penyajiannya bisa didadar, direbus, atau diceplok, lalu dimasukkan ke dalam sandwich sebagai isi.

- Kacang Tanah

Kacang tanah mengandung Omega 3 yang baik untuk perkembangan fisik dan mental si Kecil. Pengolahannya bisa dihaluskan, lalu dibuat selai, dan dioleskan ke roti. Ibu juga bisa mencacah kacang tanah dan menjadikannya taburan untuk es krim banana split kesukaan si Kecil.

Perpaduan latihan fisik yang rutin, istirahat cukup, ditambah asupan makanan yang sehat, Ibu sudah memberikan paket sehat lengkap untuk si Kecil. Nah, untuk itu si Kecil membutuhkan zat bergizi seperti Inulin. Inulin bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh si Kecil sejak dini.

Sejak dulu, saya selalu mempercayakan Frisian Flag Jelajah untuk memenuhi kebutuhan nutrisi si Kecil. Tidak hanya diperkaya Inulin, susu khusus anak usia 1-3 tahun ini juga memiliki kandungan Zinc, Protein, dan zat bergizi lainnya untuk mengoptimalkan perkembangan si Kecil yang sedang gencar-gencarnya mempelajari hal baru yang dia temui.

Semoga tumbuh kembangnya semakin optimal ya, Bu. Selamat bermain bersama si Kecil!