Whatsapp Share Like
Simpan

Saat si Kecil memasuki usia kelahiran satu minggu berat badan rata-ratanya 3,5 kg dengan panjang 50 cm. Ketika lahir si Kecil biasanya memiliki berat sekitar 2,5 – 4,5 kg dan panjang sekitar 48-51 cm. Berat badan si Kecil akan terus bertambah setiap minggunya. Pada usia ini nutrisi utama si Kecil berasal dari ASI.

Ibu harus menjaga tubuh si Kecil dalam kondisi hangat. Jangan terlalu panas atau dingin. Tubuhnya masih memiliki sedikit lemak sehingga tidak cukup memberi kehangatan. Sehingga Ibu perlu memberi pakaian hangat, topi, selimut, atau dibedong. Selain itu Ibu bisa memberikan pelukan atau menggendong si Kecil agar tubuhnya hangat. Saat Ibu menggendong si Kecil, ia akan mendengar suara jantung Ibu dan akan merasa nyaman.

Perhatikan juga Bu, kulit si Kecil yang masih rentan. Gantilah popok dan pastikan dalam kondisi bersih dan kering. Ditakutkan akan muncul ruam pada kulit si Kecil. Kalau Si Kecil akan dimandikan sebaiknya setelah ganti popok dan menyusu. Si Kecil yang masih berusia satu minggu tidak perlu dimandikan setiap hari. Cukup dua hingga tiga kali dalam seminggu. Untuk waktu mandi si Kecil tidak ada aturan yang pasti. Ibu boleh memandikan si Kecil kapan pun. Namun jika si Kecil rewel, Ibu bisa memandikannya saat malam hari menjelang tidur.

Si Kecil juga perlu cuci rambut ya Bu, sekitar 1-2 kali seminggu. Kalau kulit kepala si Kecil tidak perlu sering cuci rambut. Jangan terkejut Bu jika si Kecil sering buang air besar (BAB). Dalam sehari ia bisa BAB sebanyak 6-10 kali, sering terjadi setelah menyusu. Namun ada juga yang hanya dua kali per minggu. Warna kotoran si Kecil akan berwarna hitam kehijauan dan lengket pada usia 2-4 hari. Warna kotorannya akan berubah dari hari ke hari menjadi semakin muda dan tidak lengket.

Rawatlah tali pusar si Kecil. Tali pusar masih terlihat ketika baru lahir. Sehingga Ibu perlu menjaga tali pusar dan kulit sekitarnya dalam kondisi bersih dan kering. Kalau tali pusar si Kecil berubah warna menjadi kemerahan segeralah ke dokter. Kemungkinan tali pusar si Kecil terinfeksi.

Artikel Sejenis

Selain itu si Kecil akan sering muntah (gumoh) dan sulit bernapas. Hal ini terjadi karena terdapat lendir atau cairan di paru-parunya. Dengan muntah ia mencoba membersihkan saluran udaranya. Namun kondisi ini lama-kelamaan akan baik. Untuk mencegah muntah (gumoh) buatlah posisi si Kecil tegak selama 30 menit setelah menyusu. Biarkanlah ia bersendawa.

Berilah si Kecil susu setiap 1-2 jam. Ukuran lambungnya yang masih kecil membuat ia tidak bisa menerima makanan dengan porsi yang banyak. Sehingga berilah sedikit demi sedikit namun sering. Pahami juga Bu isyarat lapar si Kecil. Biasanya si Kecil akan mengerjap mulutnya, menggigit tangan, dan menangis saat lapar. Untuk si Kecil yang sering tidur, bangunkanlah agar perutnya tidak kosong.

Waktu tidur si Kecil sangat banyak. Ia bisa tidur 16-18 jam per hari. Dalam sekali tidur menghabiskan 1-2 jam. Kalau si Kecil susah tidur di malam hari, Ibu perlu mengakalinya dengan membuatnya banyak beraktivitas pada siang hari. Usahakan tidur malam si Kecil nyenyak. Ibu harus siap bangun di malam hari untuk menjaga si Kecil. Karena bisa saja si Kecil terbangun di malam hari karena kelaparan. Sehingga Ibu harus siap sedia menyediakan ASI untuk si Kecil.

Walaupun usia si Kecil masih satu minggu, ia sudah memiliki perasaan. Si Kecil sudah bisa mendengar, melihat, dan mencium aroma. Si Kecil akan mengenali suara dan detak jantung Ibu karena ia sudah mendengarnya sejak dalam kandungan. Suara detak jantung Ibu akan membuatnya nyaman. Penglihatan si Kecil memang belum terlalu jelas untuk jarak jauh. Namun dalam jarak 30 cm ia bisa mengenali wajah Ibu. Si Kecil akan sering melihat ekspresi Ibu dari gerak mulut, alis, dan lainnya. Untuk indra penciumnya, si Kecil akan mengenali aroma dari ASI. Aroma itu membuatnya nyaman dan aman.

Usia satu minggu terbilang masih sangat muda untuk si Kecil. Ibu masih dalam suasana gembira menyambut si Kecil ke dunia baru. Namun jangan sampai kegembiraan menjadikan Ibu lengah akan kebutuhan si Kecil. Perhatikanlah kondisi tubuh si Kecil luar maupun dalam. Ibu harus selalu berkomunikasi dengannya, berikan sentuhan lembut untuk membuatnya nyaman. Sentuhan Ibu akan membuat si Kecil lebih kuat setiap harinya.