Whatsapp Share Like
Simpan

Pemilihan pakaian yang tepat memang penting untuk si Kecil. Jika baju tidak sesuai bisa menimbulkan ketidaknyamanan untuk si Kecil. Bahkan akibat yang lebih parah si Kecil akan mengalami iritasi kulit. Ibu harus membeli pakaian yang nyaman dan tentu saja tidak menimbulkan iritasi kulit. Lalu apa sajakah yang perlu diperhatikan ketika membeli pakaian si Kecil?

Ada beberapa hal yang perlu Ibu perhatikan untuk memilih pakaian si Kecil. Bahan pembuatan pakaian sangat penting dalam memilih pakaian si Kecil. Bahan seperti apa sih yang harus Ibu cari? Nah, Ibu lebih baik memilih pakaian berbahan katun yang lembut dan mudah menyerap keringat si Kecil. Lapisan kulit si Kecil masih sangat tipis tidak setebal orang dewasa. Karena lapisan kulit yang masih tipis, pakaian yang digunakan harus lembut. Pakaian yang lembut akan mengurangi terjadinya gesekan saat si Kecil bergerak.

Selain itu si Kecil harus merasa nyaman ketika memakai pakaian tersebut. Jika tidak nyaman si Kecil akan rewel dan geraknya akan terhambat. Si Kecil mungkin akan menangis jika pakaiannya tidak nyaman dan biasanya akan berusaha membuka pakaiannya. Belilah baju dengan pengait kancing jepret atau ritsleting karena kancing kait berpotensi tertelan oleh si Kecil. Belilah pakaian dengan bukaan di bawah bagian perut untuk mempermudah membuka popok. Ketika Ibu ingin membeli pakaian si Kecil, belilah dengan jumlah yang cukup. Jangan membeli terlalu banyak atau terlalu sedikit. Belilah pakaian dengan warna yang aman dan netral.

Belilah pakaian yang praktis karena bayi baru lahir akan terus berkembang dengan sangat cepat. Ada baiknya tidak membeli pakaian yang mahal karena si Kecil memakainya beberapa kali saja. Sayang sekali Bu, jika baju mahal dipakai hanya sesekali sehingga belilah pakaian yang biasa namun kualitasnya terjamin dan nyaman dipakai si Kecil.

Ukuran pakaian juga penting saat memilih pakaian si Kecil. Pilihlah ukuran baju yang sesuai umur si Kecil. Ukuran baju yang dijual di pasaran memiliki berbagai ukuran seperti new born, 3 bulan, 6 bulan, 9 bulan, 12 bulan, 18 bulan, 24 bulan, dan lainnya. Ibu bisa membeli ukuran new born untuk awal kelahiran si Kecil. Pertumbuhan si Kecil yang sangat cepat akan membuat pakaiannya tidak muat sehingga Ibu bisa membeli baju dengan ukuran yang lebih besar. Dengan begitu Ibu tidak perlu membuang-buang uang untuk pakaian. Jangan memilih pakaian yang sempit karena membuat si Kecil sulit bergerak dan tidak nyaman.

Artikel Sejenis

Jangan membeli pakaian berkancing besar di bagian belakang atau kancing dari bahan logam untuk usia 0-3 bulan. Posisi si Kecil pada usia itu masih telentang sehingga kancing besar bisa menyakiti tubuhnya. Pilihlah kancing pakaian yang berada di depan agar mudah dipakaikan dan tidak melewati kepala. Hindari pakaian berkerah tebal dan kaku yang bisa membuat gatal – gatal kulit leher si Kecil.

Ibu harus memilih pakaian yang tidak memiliki kerutan di bagian dada. Hal tersebut bisa memicu sesak napas karena kerutan pakaian terlalu rapat dan sempit. Hindari juga membeli pakaian dengan karet elastis di bagian pinggang, lengan, paha, dan pergelangan tangan. Karet elastis akan membuat bekas di kulit si Kecil dan menyakitkan, juga bisa menghambat peredaran darah si Kecil. Tidak perlu pakaian dengan karet elastis, cukup dengan pakaian biasa saja.

Biasanya Ibu sangat suka memberi aksesori dan pernak-pernik untuk dipakai si Kecil. Ibu tidak perlu memakaikan aksesori seperti kancing, pita, dan manik-manik. Saat usia 3 bulan si Kecil sudah senang bereksplorasi dengan tangannya. Bisa saja si Kecil akan memegang aksesori tersebut dan memasukkannya ke mulut. Jika sudah begitu kemungkinan aksesori atau manik-manik akan tertelan oleh si Kecil. Hal itu tentu saja akan menyebabkan si Kecil tersedak dan lebih parahnya manik-manik akan masuk ke dalam tubuh.

Ibu harus bisa menyesuaikan pakaian si Kecil dengan umurnya. Jangan sampai pakaian yang seharusnya melindungi tubuhnya malah berbalik merusak tubuhnya. Mungkin Ibu ingin menghias si Kecil hingga terlihat tampan dan cantik. Namun Ibu harus berpikir juga keselamatan dan kesehatan si Kecil. Pakaian yang nyaman, tidak mengiritasi kulit dan bisa menyerap keringat sudah pas untuk si Kecil.

Bila saja Ibu ingin menghias si Kecil tunggulah sampai usia yang tepat. Seiring bertumbuhnya si Kecil semakin banyak jenis pakaian yang bisa ia pakai. Sehingga Ibu harus perhatikan betul pakaian yang pas untuk si Kecil. Di usia awal kelahirannya si Kecil hanya butuh pakaian yang nyaman dan aman untuk kulitnya.