Whatsapp Share Like
Simpan

Salah satu bentuk keterampilan hidup yang perlu dikuasai si Kecil dalam mengatur keuangan adalah menabung. Mengajari anak tentang uang, mengelolanya, menabung dan menghabiskannya dengan bijak adalah perangkat penting yang harus diajarkan pada anak (Priyatna dalam buku “Ayo ajarkan Anak Tanggung Jawab Finansial”, 2012). Priyatna juga menyebut bahwa orangtua sudah dapat mulai mengajarkan tanggung jawab finansial sejak anak menginjak usia 3 tahun.

Menabung sendiri disebut sebagai salah satu bekal baik dalam proses tumbuh kembang si Kecil. Usia dini merupakan waktu yang tepat untuk mengajarkan anak menabung. Di usia ini anak selalu ingin tahu dan belajar banyak hal. Kesempatan belajar ini didukung pula dengan kemampuan dan perkembangan otak si Kecil yang kian pesat.

Untuk membiasakan anak gemar menabung sejak dini perlu diperhatikan dua prinsip penting bagi orangtua berikut:

Bertahap

Mengajarkan anak terbiasa hingga menjadi gemar menabung tentunya harus Ibu lakukan secara bertahap. Sebagai suatu kebiasaan, untuk gemar menabung diperlukan stimulasi dan kegiatan berulang yang dilakukan secara konsisten. Ibu tak perlu terburu-buru menuntut si Kecil lekas menyukai kegiatan menabung ini. Nikmati selalu setiap proses mulai dari pengenalan, praktik, hingga pembiasaan menabung pada si Kecil tiap harinya.

Sederhana dan Menyenangkan

Ajarkan menabung pada si Kecil dengan cara yang sederhana dan menyenangkan ya, Bu. Oleh karena itu Ibu harus bisa kreatif untuk menemukan cara-cara mengajarkan si Kecil terbiasa menabung termasuk dengan bermain maupun permainan. Ingat kan Bu, dunia si Kecil adalah dunia bermain. Maka, si Kecil pun belajar melalui bermain atau permainan.

Artikel Sejenis

Nah, untuk itu sekarang Ibu akan disajikan 7 tips bagaimana mengatur cara untuk latih anak menabung sejak dini sesuai dengan dua prinsip di atas. Simak baik-baik yuk, Bu...

  1. Kenalkan pada uang

    Langkah paling awal untuk latih anak menabung adalah mengenalkan tentang konsep uang, baik dalam hal fungsi, bentuk, dan nilainya. Gunakan bahasa-bahasa yang sederhana untuk mengenalkan uang pada si Kecil. Biasanya anak balita mungkin akan belum paham betul tentang nilai dari uang. Maka hal utama yang harus dipahami balita tentang uang adalah fungsinya sebagai alat pembayaran. Secara sederhana Ibu bisa katakan pada si Kecil bahwa uang adalah alat untuk berbelanja.

  2. Pengetahuan tentang prioritas

    Latih si Kecil untuk bisa membedakan mana yang disebut sebagai kebutuhan, keinginan, serta harapan. Hal ini bertujuan agar anak lebih bijak mempergunakan uangnya. Ajak anak mengenali apa yang harus dibeli terlebih dahulu dan mana yang harus dibeli belakangan (ditunda). Serta bantu si Kecil mengenali apa yang menjadi harapannya di masa depan.

  3. Jangan manjakan anak

    Yuk Bu, mulai kurangi memanjakan si Kecil. Usahakan untuk tidak menuruti semua keinginannya begitu saja. Ajarkan juga pada anak untuk mendapatkan sesuatu yang diinginkannya melalui sebuah usaha. Cara ini bisa mendorong si Kecil untuk terbiasa menabung ketika ingin membeli sesuatu seperti mainan, sepatu atau tas baru.

  4. Edukasi cara, tujuan & keuntungan menabung

    Ajarkan pada si Kecil cara-cara untuk menabung. Lalu, tarik minat menabungnya dengan memberitahukan berbagai tujuan dan keuntungan yang didapatkan dengan rajin menabung. Cara edukasi ini bisa beragam, salah satu yang menyenangkan adalah melalui permainan seperti bermain peran “teller & nasabah bank” atau melalui buku cerita bergambar yang memuat cara dan keuntungan menabung.

  5. Berikan Batasan Uang

    Bantu si Kecil menentukan batas jatah uang jajan yang boleh ia belanjakan pada tiap harinya. Lalu, ajak ia menyisihkan sebagian uang jajannya untuk ditabung.

  6. Hadiahkan Celengan

    Menabung secara konvensional dengan celengan cocok untuk anak usia dini. Cobalah belikan si Kecil celengan dengan bentuk dan warna-warna yang menarik. Atau biarkan si Kecil memilih sendiri celengan yang disukainya. Cara ini akan menambah ketertarikan dan semangat si Kecil dalam menabung lho, Bu.

  7. Motivasi

    Jangan lupa berikan motivasi positif bagi anak agar makin semangat dalam menabung. Berikan juga pujian yang sewajarnya dan tepat waktu saat si Kecil berhasil mencapai target tertentu atau ketika ia terus konsisten mengisi celengannya.

Yuk Bu, mulai terapkan tips-tips di atas pada si Kecil di rumah. Buat si Kecil mulai terbiasa menabung sejak dini untuk membuatnya menjadi orang pintar serta mandiri dalam mengelola keuangan bahkan sampai ia dewasa nanti. Jangan lupa pula berikan si Kecil susu Frisian Flag 456 PRIMANUTRI yang mengandung Omega 3, Omega 6, Minyak Ikan, Zat Besi serta Asam Sialat dan Sphingomyelin yang tercantum pada label nutrisi untuk dukung kecerdasannya. Frisian Flag 456 PRIMANUTRI juga tersedia dalam tiga varian rasa yang lezat dan amat disukai anak yakni vanila, madu dan cokelat.