Whatsapp Share Like
Simpan

Melihat si Kecil bermain dengan riang menjadi kebahagiaan terbesar untuk seorang Ibu. Terlebih jika tubuhnya tumbuh sehat dan kuat, lengkap sudah harapan setiap Ibu pada si Kecil. Tentu saja, hal ini bisa didapatkan ketika stimulus yang diberikan oleh Ibu bisa diserap maksimal, dikombinasi dengan asupan nutrisi memadai untuk menjadi bahan bakar perkembangannya.

Ketika beraktivitas, tentu si Kecil juga akan bersinggungan dengan lingkungan sekitar dan teman-temannya. Hal ini sedikit banyak akan memberikan resiko tertentu pada gangguan kesehatan. Gangguan kesehatan paling awam terjadi ketika si Kecil bermain adalah iritasi kulit. Entah sedikit atau banyak si Kecil akan mengalami gangguan kulit, baik seperti gatal atau ruam merah.

Tentu cara paling ampuh untuk menghilangkan gatal pada kulit si Kecil adalah dengan membawanya ke dokter kepercayaan untuk memeriksa dan mendapatkan obat yang sesuai. Cara ini terhitung paling aman, karena si Kecil akan mendapat penanganan profesional dan langsung oleh ahlinya. Namun, dokter juga tidak setiap saat mampu menjadi penolong bukan? Ada kalanya, Ibu harus melakukan sedikit improvisasi untuk meredakan rasa gatal yang dialami si Kecil.

Beberapa bahan alami yang dapat dengan mudah ditemui, sebenarnya banyak yang berkhasiat untuk meredakan rasa gatal dan gangguan yang terjadi pada kulit si Kecil. Tentu, bahan ini biasanya diturunkan dari kakek atau nenek, dan telah dicoba secara sering sehingga, baik secara ilmiah atau tidak, dapat mengurangi rasa gatal yang dialami.

Beberapa bahan yang bisa mengurangi rasa gatal secara alami adalah sebagai berikut.

Artikel Sejenis

Daun Mahkota Dewa

Daun Mahkota Dewa, yang biasanya bisa ditemukan pada kebun kecil di rumah, memiliki khasiat untuk meredakan rasa gatal yang dialami si Kecil. Caranya juga cukup sederhana, yaitu dengan menggiling halus beberapa helai daun tanaman ini, kemudian dibalurkan pada bagian kulit si Kecil yang gatal. Pastikan daun yang digiling sudah dicuci, sehingga bersih dan lebih higienis.

Minyak Goreng dan Garam

Memang terdengar konyol, tapi kombinasi minyak goreng dan garam bisa meredakan gatal yang dialami si Kecil karena iritasi ringan. Caranya mudah, campurkan sejumput garam pada minyak goreng yang sudah disiapkan, kemudian aduk hingga merata. Selanjutnya oleskan campuran ini ke bagian kulit yang gatal.

Lidah Buaya

Lidah buaya dikenal luas sebagai salah satu obat alami untuk meredakan gatal. Lidah buaya bersifat antibakteri, antijamur, anti-inflamasi dan emoilen. Caranya mudah, yakni dengan mengambil gel yang terdapat pada bagian daun lidah buaya, dan mengoleskannya pada bagian kulit si Kecil yang gatal. Lidah buaya akan memberikan sensasi yang sejuk, sehingga nyaman di kulit si Kecil.

Kemangi

Memiliki nama lain Basil, daun ini banyak mengandung eugenol dan anestesi topikal. Cara penggunaannya mudah, yakni dengan menaruh setengah daun kemangi kering ke dalam satu liter air mendidih. Biarkan tetap tertutup untuk mencegah pelepasan eugenol. Biarkan hingga dingin, dan kemudian usapkan air rebusan ini ke bagian tubuh yang gatal dengan kain lembut dan bersih.

Konsumsi Buah

Buah dikenal memiliki kandungan air yang tinggi sehingga dapat menghambat kulit gatal akibat kering. Konsumsi buah lebih kepada upaya preventif ketimbang pengobatan pada kulit gatal si Kecil karena kering. Berikan asupan buah yang rutin serta variatif agar kulit si Kecil senantiasa lembab dan terhindar dari gatal akibat kering.

Daun Sirih dan Petai Cina

Ramuan ini bisa dibuat dengan mudah. Komposisinya adalah 10 lembar daun sirih dan 60 gram petai cina, direbus dengan 600 mL air hingga mendidih. Setelah mendidih, rebusan ini bisa dioleskan pada bagian tubuh yang gatal secara bertahap, hingga rasa gatal yang dirasakan berkurang. Akan lebih baik jika pengolesannya dilakukan setelah mandi atau menjelang tidur.

Tentu, obat-obatan alam yang dituliskan di atas merupakan obat-obatan yang didapat dari percobaan secara mandiri yang dilakukan di rumah. Setiap kulit memiliki tipe yang berbeda, sehingga biasanya memiliki cara penanganan yang berbeda pula. Namun demikian, karena bahan di atas bersifat alami, wajarnya tidak akan membawa dampak negatif jika memang tidak manjur digunakan.

Iritasi kulit yang dialami si Kecil bisa berasal dari berbagai sumber. Sumber yang paling sering, adalah biang keringat, sengatan serangga, atau akibat kotoran yang menempel pada kulit si Kecil. Menjaga kebersihan lingkungan serta tubuh si Kecil secara umum dapat mengurangi resiko terjadinya iritasi pada kulit sehingga kulit si Kecil lebih terjaga kesehatannya.

Gerak aktif si Kecil ketika bermain, perlu didukung dengan daya tahan tubuh yang baik agar si Kecil terhindar dari berbagai gangguan kesehatan. Selain memastikan lingkungannya bersih, si Kecil yang aktif bergerak juga harus senantiasa dipastikan kebersihan badan dan pakaiannya. Jangan sampai si Kecil mengenakan pakaian kurang bersih, karena bisa jadi sumber masalah pada iritasi kulit yang dialaminya.