Whatsapp Share Like
Simpan

Dokter spesialis anak, dr. Bernie Endyarni Madise menyatakan bahwa kebersihan pada bayi sangat penting, karena masa ini termasuk yang paling rentan dalam satu siklus kehidupan. Bayi bisa saja terkena penyakit baik yang biasa maupun parah karena tidak dijaga kebersihannya. Untuk itu diperlukan beberapa produk khusus. Namun karena pembersih yang digunakan bersinggungan dengan kulit bayi, maka dari itu Ibu juga harus mempertimbangkan produk yang sekaligus memberikan perawatan.

Ketua Kelompok Studi Dermatologi Anak Indonesia (KSDAI) dari Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Indonesia (PERDOSKI) menyatakan bahwa menentukan produk perawatan kulit yang baik untuk bayi harus lebih berhati-hati. Ibu harus memperhatikan jenis kulit si Kecil apakah itu normal, kering, atau sensitif. Ibu harus pintar-pintar memilih produk agar tidak menyebabkan alergi dan iritasi serta memberikan kelembapan kulit.

Ada beberapa produk perawatan kulit yang harus dimiliki si Kecil karena fungsinya yang lebih utama. Berikut beberapa produk tersebut dan apa yang harus diperhatikan dalam pemilihannya.

Sabun

Sabun khusus bayi adalah produk wajib yang harus dimiliki si Kecil. Karena sabun merupakan produk utama yang digunakan untuk membersihkan tubuh dan merawat kulit si Kecil dari keringat serta bakteri. Dalam memilih sabun, semakin sedikit kandungan bahan kimianya maka semakin baik untuk si Kecil. Usahakan membeli produk yang bebas parfum, bebas paraben, bebas sls, dan bebas Natrium Hidroksida atau soda api. Apabila Ibu ragu dalam menentukan pilihan, bisa meminta rekomendasi ke dokter anak kepercayaan Ibu.

Sampo

Selain kulit tubuh, kulit kepala bayi juga memerlukan perawatan agar tetap bersih, tidak gatal serta membantu rambutnya tumbuh subur. Oleh karena itu sampo merupakan produk selanjutnya yang wajib dimiliki untuk kulit si Kecil meskipun sudah ada produk sabun head to toe. Sama dengan pilihan sabun, sampo juga sebaiknya tidak mengandung parfum dan Natrium Hidroksida. Selain itu, usahakan untuk membeli produk dengan label tear free formula. Ini agar sampo yang mungkin mengenai mata si Kecil tidak menimbulkan rasa perih.

Artikel Sejenis

Minyak Telon

Setelah mandi, biasanya si Kecil diberikan minyak telon untuk menjaga tubuhnya tetap hangat. Minyak telon memang tidak langsung memberikan nutrisi bagi kulit. Namun beberapa minyak telon mengandung formula yang menghindarkan si Kecil dari gigitan nyamuk sehingga kulitnya bebas dari rasa gatal dan iritasi. Perhatikan penggunaan minyak telon, jangan sampai menyebabkan alergi ataupun kulit gosong karena pemakaian yang terlalu banyak.

Bedak

Setelah mandi Ibu juga biasanya memberikan bedak kepada si Kecil. Ini untuk menjaga kulit bayi tetap kering, mencegah biang keringat dan memberi keharuman. Terdapat dua jenis bedak bayi yang dijual di pasaran, bubuk dan cair. Ketika memakai bedak bubuk sebaiknya dituang ke tangan Ibu terlebih dahulu sebelum memberikan kepada si Kecil. Ini untuk mencegah bubuk bedak bertebaran dan terhirup oleh si Kecil. Jika Ibu tetap khawatir, bisa menggunakan bedak cair. Tenang saja walaupun berbentuk cair, bedak jenis ini tetap mempunyai fungsi yang sama dengan bedak bubuk.

Baby Cream

Kulit kering, ruam popok, ruang pada kulit, dan biang keringat seringkali tidak terhindarkan. Oleh karena itu si Kecil membutuhkan krim yang bisa memberikan kelembapan dan menjaga kulit dari iritasi. Pilih krim dengan formula yang lembut agar tidak menimbulkan reaksi alergi. Walaupun telah menggunakan baby cream usahakan untuk tetap mengganti baju si Kecil apabila sudah basah karena keringat dan kotor, serta mengganti popok saat sudah penuh urine dan kotoran.

Tisu Basah

Tisu basah bayi sangat berguna untuk membersihkan pantat si Kecil setelah buang air kecil atau besar. Tisu ini juga bisa digunakan untuk membersihkan tangan Ibu sebelum dan setelah menyentuh si Kecil agar tidak terkontaminasi bakteri. Pilihlah tisu yang tidak mengandung alkohol dan pewangi agar tidak menimbulkan alergi, ruam, dan iritasi.

Baby Oil

Baby oil mempunyai banyak fungsi untuk si Kecil. Selain bisa digunakan untuk memijat, baby oil juga bisa digunakan untuk melembapkan kulit si Kecil, menghangatkan tubuh, dan membersihkan beberapa area sensitif seperti telinga serta pusar.

Baby Lotion

Baby lotion mempunyai fungsi yang hampir sama dengan baby cream. Perbedaannya bisa dilihat dari teksturnya. Baby cream biasanya bertekstur lebih kental dan padat sehingga tahan air dan keringat, sementara baby lotion lebih cair sehingga mudah diserap.

Detergen

Pemilihan detergen yang salah juga bisa berdampak buruk terhadap kulit si Kecil. Untuk mencuci pakaian si Kecil disarankan menggunakan detergen khusus bayi karena mengandung bahan kimia yang sedikit, tanpa pewangi, dan tanpa pemutih.

Menjaga si Kecil bisa tumbuh dengan sehat, kuat, dan pintar bukan hanya dari nutrisi makanannya. Produk untuk kulit bayi juga menentukan kesehatan tumbuh kembangnya. Sebaiknya tidak menyepelekan hal ini, karena pemakaian produk yang salah bisa menimbulkan masalah yang berlanjut kedepannya.