Whatsapp Share Like
Simpan

Wah tak terasa kehamilan Ibu sudah memasuki trimester kedua ya. Ibu pasti akan lebih mudah melewatinya ketimbang saat trimester pertama. Karena Ibu sudah terbiasa dengan perubahan-perubahan, kini Ibu juga harus siap dengan perubahan lain karena sang janin masih terus tumbuh dan berkembang di dalam perut.

Tidak perlu khawatir akan perubahan yang dialami oleh Ibu ya. Mungkin di trimester kali ini, kehamilan Ibu akan kentara. Beberapa baju atau celana tak muat lagi, itu sudah menjadi cerita biasa. Inilah beberapa perubahan yang akan Ibu alami saat memasuki masa kehamilan trisemester kedua. Simak ulasannya berikut ini ya!

Ukuran perut semakin membesar

Seiring dengan pertumbuhan janin di dalam rahim, perut Ibu pun akan semakin membesar. Bukan hanya si janin yang membesar tapi juga berat badan Ibu karena nafsu makan akan kembali seperti sediakala. Morning sickness Ibu pada trimester pertama mungkin sudah berangsur menghilang.

Namun, jika Ibu sudah mengalami kelebihan berat badan saat hamil, Anda mungkin akan disarankan untuk tidak banyak mengalami kenaikan berat badan. Sebaiknya, sesuaikan kenaikan berat badan saat hamil dengan berat badan Anda sebelum hamil.

Payudara semakin besar dan mengencang

Penumpukan lemak pada payudara Ibu akan semakin membesar karena kelenjar susu juga makin besar di dalam payudara untuk memproduksi susu. Ibu mungkin masih merasakan nyeri pada payudara, tapi payudara Ibu sudah tidak selembut pada trimester pertama.

Artikel Sejenis

Selain membesar, kulit di daerah areola juga akan tampak makin menghitam dan puting susu makin menonjol. Nah, jika Ibu mengalami kondisi ini, saatnya Ibu harus memilih bra yang tepat agar bisa membuat Ibu nyaman beraktivitas.

Strechmark

Bukan hanya di bagian perut, tapi stretchmark juga akan menjalar ke daerah paha dan pinggang saat memasuki kehamilan trimester kedua. Kondisi ini memang wajar terjadi pada Ibu hamil. Tapi jangan khawatir, kondisi ini akan menghilang dengan sendirinya sekitar 6-12 bulan setelah persalinan.

Setiap wanita yang mengalami kehamilan memang mengalami pengalaman yang berbeda-beda. Ada Ibu yang tidak mengalami kenaikan berat badan drastis dan tidak mengalami strecthmark.

Namun, biasanya Ibu hamil akan mengoleskan minyak zaitun agar dampak strechmark tidak terlalu besar. Ingat, minyak zaitun tidak mencegah, hanya meminimalisir agar tidak terlalu parah saja.

Merasakan pergerakan bayi di dalam kandungan

Apakah Ibu sudah bisa merasakan tendangan dari dalam perut yang dilakukan oleh sang janin? Nah, di trimester kedua ini Ibu sudah bisa merasakan pergerakan bayi dalam kandungan. Biasanya Ibu sudah bisa merasakannya pada usia kehamilan 20 minggu, tapi mungkin ini berbeda-beda antar Ibu. Jika Ibu belum merasakan gerakan bayi pada usia kehamilan ini, sebaiknya jangan khawatir. Beberapa ibu hamil mungkin belum merasakan pergerakan bayi sampai bulan keenam kehamilan.

Sakit punggung makin terasa

Jika di trisemester pertama Ibu sudah merasakan sakit punggung, nah di trimester kedua ini sakit punggung Ibu akan semakin terasa. Tentu hal ini karena berat perut yang semakin bertambah seiring pertumbuhan sang janin. Pertambahan berat Ibu selama beberapa bulan kehamilan dapat memberikan tekanan berlebih pada punggung Ibu. Untuk mengurangi tekanan pada punggung, sebaiknya duduk tegak dan gunakan kursi yang memberi dukungan pada punggung Ibu saat duduk, tidur menghadap sisi kiri, jangan membawa barang berat, dan hindari menggunakan high heels saat hamil.

Apakah Ibu sudah mengalami hal-hal di atas? Selamat ya! Karena setiap kehamilan selalu memiliki pengalaman. Tapi, pengalaman Ibu tak akan lengkap jika Ibu tidak memenuhi kebutuhan nutrisi selama masa kehamilan. Lengkapi dengan Frisian Flag Mama Tahap 0 SUPRIMA yuk, Bu.

Frisian Flag Mama Tahap 0 SUPRIMA adalah minuman khusus untuk ibu hamil dan menyusui dengan rasa cokelat yang lezat. Diformulasikan khusus untuk memenuhi kebutuhan gizi janin dan mama. Dengan kombinasi zat gizi makro: protein, karbohidrat dan lemak, Serat pangan (Inulin), Tinggi Zat Besi, Tinggi Kalsium, Tinggi Asam folat, serta 29 multivitamin dan mineral untuk melengkapi asupan gizi ibu hamil dan menyusui yang memerlukan tambahan zat gizi lebih banyak dibandingkan kebutuhan gizi harian sebelumnya.

Apakah Ibu sudah memenuhi kebutuhan gizi Ibu? Jika belum, segera penuhi demi kesehatan sang janin ya Bu.