Whatsapp Share Like
Simpan

Musim hujan atau musim panas? Dua musim ini kini tak lagi bisa ditentukan dengan pasti kapan terjadinya. Terkadang pada panas yang terik tiba-tiba datang hujan deras beberapa saat kemudian, begitupun sebaliknya. Berbagai persiapan harus diberikan untuk Anak yang mulai berangkat sekolah, agar tidak sampai jatuh sakit karena kondisi ini.

Ketika hujan, kekhawatiran utama Ibu adalah bagaimana jika Anak terkena hujan kemudian mengalami demam? Atau bagaimana dengan buku dan barang bawaan Anak jika basah dan kemudian rusak? Apa Anak mampu bertahan dengan udara dingin yang hadir ketika kondisi sedang hujan deras?

Berbagai masalah ini sebenarnya bisa dicegah dengan langkah sederhana yakni memberikan Anak perlengkapan untuk menghadapi hujan. Dipasaran sangat banyak produk perlengkapan yang memiliki ukuran mini, sehingga bisa pas ketika dikenakan oleh Anak.

Payung

Ketika kondisi cuaca tidak menentu, pastikan Anak memiliki persiapan utama untuk menghadapinya. Salah satu alat yang wajib dibawa adalah payung. Alat ini bisa digunakan Anak ketika cuaca sedang terlalu panas sehingga menghindarkan Anak dari paparan sinar matahari yang berlebihan.

Ketika hujan, tentu payung bisa digunakan Anak untuk berlindung agar tidak basah kuyup. Berikan Anak payung dengan ukuran yang sesuai dengannya, biasanya berupa payung lipat sehingga praktis untuk dibawa. Berikan payung dengan motif yang menarik agar Anak senang untuk membawa dan menggunakannya.

Artikel Sejenis

Jas Hujan

Pilihan perlengkapan lain yang bisa diberikan untuk Anak adalah jas hujan. Berbagai model jas hujan bisa dipilih dan disesuaikan dengan warna dan motif kesukaan Anak. Penggunaan jas hujan lebih bersifat personal, karena Anak akan benar-benar terlindungi dari hujan yang sewaktu-waktu bisa datang.

Jas hujan sendiri sangat disarankan untuk Ibu dan Anak yang menggunakan sepeda motor sebagai kendaraan hariannya. Pastikan jas hujan Anak tidak terlalu besar agar Anak tidak terlalu repot mengenakannya. Jas hujan dengan model dua potong (atasan dan bawahan) juga bisa jadi pilihan tepat untuk perjalanan menggunakan sepeda motor.

Sepatu Boots atau Sandal Karet

Kedua perlengkapan ini bisa diberikan untuk Anak agar sepatu yang dikenakannya tidak basah. Selain itu, sepatu boots dan sandal karet memberikan cengkeraman yang lebih baik pada lantai atau permukaan tanah yang basah sehingga mengurangi resiko Anak untuk terpeleset. Jika ingin lebih praktis, sandal karet bisa menjadi pilihan karena mudah dibawa.

Untuk sepatu boots sendiri, lebih sesuai untuk digunakan jika jarak tempuh antara sekolah hingga rumah tidak terlalu jauh dan memungkinkan Anak untuk berjalan kaki bersama teman-temannya. Penggunaan sepatu boots akan memberikan perlindungan maksimal pada kaki Anak serta memberikan rasa hangat karena sepatu boots menutup hingga bagian betis Anak.

Jaket dan Pakaian Tebal

Udara dingin menjadi pendamping utama ketika hujan datang. Seketika itu juga, Anak tentu akan merasakan udara yang lebih rendah suhunya dan menyebabkan Anak kedinginan. Lebih baik berikan Anak pakaian yang lebih tebal dari biasanya ketika hujan sedang datang beberapa hari belakangan.

Salah satu pakaian wajib yang diberikan pada Anak adalah jaket. Pakaian luaran ini bisa memberikan rasa hangat serta perlindungan untuk tubuh bagian atas Anak dari terpaan udara dingin. Rasa hangat serta nyaman yang diberikan jaket, bisa membantu Anak bertahan dari suhu udara rendah di sekitarnya.

Selain itu Ibu juga bisa memberikan topi atau pelindung kepala. Tujuannya jelas, agar bagian kepala Anak terlindung dari air hujan dan suhu dingin. Suhu yang terlalu dingin bisa menyebabkan Anak merasakan pusing dan berujung pada demam. Tentu hal ini tidak diharapkan bukan? Berikan topi atau pelindung kepala yang mudah dilipat agar mudah dibawa oleh Anak di dalam tasnya.

Pakaian Ganti

Jika hujan datang dengan tiba-tiba, maka Anak bisa saja basah kuyup ketika sedang menunggu Ibu menjemputnya di sekolah. Untuk membantu Anak agar tidak kedinginan, Ibu bisa memberikannya bekal baju ganti untuk dikenakan jika baju yang dipakainya basah. Baju basah yang dikenakan terlalu lama bisa jadi penyebab utama terjadinya demam dan flu pada Anak.

Perlengkapan di atas bisa Ibu pilih salah satu atau beberapa untuk diberikan pada Anak sebagai persiapan. Selain agar Anak terhindar dari basah akibat hujan, perlengkapan tersebut juga akan membantu Anak menghadapi hawa dingin yang melanda. Memberikan persiapan ini juga akan mengajarkan Anak untuk senantiasa bersiap menghadapi segala kondisi nantinya.

Sebagai hal yang tidak boleh dilupakan, Ibu juga tetap harus memberikan asupan nutrisi yang cukup untuk Anak. Agar daya tahan tubuhnya terjaga, berikan Vitamin C yang berasal dari buah dan sayur. Selain itu untuk memperkuat daya tahan tubuh Anak, berikan juga Frisian Flag 456 PRIMANUTRI dengan kandungan Vitamin A, C, E, serta Seng, Selenium dan Serat Pangan Inulin.