Whatsapp Share Like
Simpan

Tahapan pertama anak belajar lebih mandiri dimulai pada usia 7 bulan. Bayi aktif bergerak ke sana kemari sebagai wujud antusiasmenya melakukan apa saja. Pada usia ini, Ibu pun dituntut untuk lebih hati-hati dalam mengawasi Kecil. Selain itu, aktivitas yang sudah lebih banyak menimbulkan kekhawatiran karena berat badan si Kecil yang turun. Di sisi lain ada yang merasa cemas karena pertumbuhan si Kecil tidak sama dengan bayi-bayi lainnya. Namun, dibalik itu semua Ibu akan melihat pertumbuhan di usia 7 bulan yang menakjubkan. Ibu bisa melihat bayiyang akan menjadi seorang anak yang pintar dan sehat. Apa saja hal-hal menakjubkan itu? Yuk simak ulasan berikut!

Aktivitas Motorik

Perubahan paling awal bisa dilihat dari ketertarikannya untuk bergerak sendiri dibanding harus digendong Ibu. Perlu diingat aktivitas motorik pada bayi di usia ini memang berbeda-beda. Ada yang baru saja pintar berguling. Namun, kemampuan berguling di sini berbeda dengan berguling di umur-umur sebelumnya. Bayi usia 7 bulan sudah bisa memutar bahu dan pinggulnya dengan sempurna untuk membalikkan tubuhnya dengan mudah. Ada juga yang sudah mulai memutar, merayap, merambat, merangkak atau sudah pintar menggabungkan keempat gerakan itu. Bahkan beberapa bayi sudah mulai berjalan tanpa melalui tahap merangkak. Pertumbuhan lain dapat Ibu lihat dari posisi duduk si Kecil yang bisa lebih tegak tanpa sandaran punggung dalam waktu yang cukup lama. Dalam tahap manapun bayi sekarang berada, Ibu tidak perlu khawatir selama anak tetap mampu mengoordinasikan alat gerak tubuhnya.

Selain tubuh bagian bawah, tangan si Kecil juga sudah menunjukkan kemampuan yang lebih banyak. Bayi sudah bisa menggenggam sendiri cangkir ketika ingin minum, bisa mengoper benda dari tangan satu ke lainnya, melempar benda serta bertepuk tangan. Namun, tetap saja semua aktivitas si Kecil harus diawasi ya!

Aktivitas Komunikasi

Di usia berapapun si Kecil jangan pernah berhenti untuk mengajaknya berbicara ya para Ibu! Karena memang berbicara pada anak sangat membantu si Kecil untuk bisa berkomunikasi dan menggunakan bahasa di kemudian hari. Dan di bulan ke tujuh ini, bayi sudah dapat memungsikan memorinya dengan baik. Sehingga si Kecil sudah dapat mengingat suara-suara yang familiar. Selain itu, bayi di usia 7 bulan juga sudah pintar mengucapkan kata-kata sederhana, minimal menyebutkan mama atau papa.

Selain dengan kosakata, bayi di usia ini juga berkomunikasi melalui ekspresi wajah dan gerakan tubuh. Jadi para ibu harus memberikan perhatian lebih terhadap gerak gerik si Kecil. Mungkin saja dia sedang menginginkan sesuatu. Pada saat ini, Ibu juga harus lebih berhati-hati ketika berkomunikasi dengan bayi. Jangan sampai menggunakan intonasi yang keras atau sedih terlalu sering. Hal ini dikarenakan bayi sudah mampu memahami kondisi emosi ibu dan memberikan respon secara langsung. Bayi pun telah mengerti perintah serta larangan yang Ibu tujukan kepadanya.

Artikel Sejenis

Aktivitas Kognisi dan Sosial

Karena kemampuan memori bayi sudah meningkat, maka kini si Kecil bisa mengidentifikasi mana orang yang dia kenal dan mana yang tidak. Bahkan bayi pun akan menjauhi orang-orang yang dirasa asing baginya.Dan kesulitan untuk berpisah dari sang Ibu akan menjadi masalah pada usia ini. Bayi akan terang-terangan menunjukkan rasa tidak nyaman dan sedih ketika ditinggal. Untuk Ibu yang bekerja, disarankan untuk memberitahukan dan menanamkan kepada bayi bahwa Ibu pergi untuk bekerja dan akan kembali. Berikan pengalaman  perpisahan secara singkat dan manis serta jangan merasa bersalah untuk meninggalkan. Minta juga kepada pengasuh untuk mengalihkan perhatiannya.

Bulan ketujuh juga merupakan saat-saat bayi tertarik mengamati benda di sekitarnya. Si Kecil juga sudah mampu memilah dan mengelompokkan benda-benda sederhana berdasarkan ukuran maupun bentuk. Karena sudah mulai bisa mengenali benda, ada saatnya bayi akan menunjukkan kepemilikan pada benda tersebut. Dan bayi pun akan langsung menunjukkan respon ketika ada yang mengambil barangnya, bisa dengan marah ataupun menangis.

Dengan berbagai perubahan, pertumbuhan dan kepintaran si Kecil di usia 7 bulan, ada hal-hal yang harus Ibu perhatikan. Pastikan lantai di rumah cukup bersih untuk digunakan si Kecil bergerak ke sana kemari. Jika tidak maka bisa menimbulkan berbagai masalah kesehatan. Selain itu, aktivitas yang banyak juga membutuhkan tenaga yang banyak. Maka dari itu seimbangkan segala kegiatan bayi dengan asupan nutrisi yang cukup. Jika Ibu ingin memberikan makanan yang lebih bervariasi, maka coba untuk melihat reaksi dari tiap makanan terlebih dahulu. Jangan sampai menyebabkan alergi pada si Kecil. Dengan memperhatikan hal-hal ini, Ibu akan lebih siap untuk melihat hal-hal menakjubkan lain di masa mendatang!