Whatsapp Share Like
Simpan

Berat badan yang tak kunjung naik seringkali membuat Ibu khawatir. Pada umumnya, berat badan ideal si Kecil dapat diketahui dengan melihat berat dan panjang badannya, serta makanan yang Ibu berikan selama ini cukup atau tidak dengan pemenuhan kebutuhan nutrisi si Kecil. Perlu diketahui bahwa angka kecukupan gizi bagi orang Indonesia, rata-rata usia 1-3 tahun memiliki berat badan normal 12 kg dan tinggi badan rata-rata 90 cm.

Selain itu, meningkatkan berat badan bukan dilakukan dengan meningkatkan porsi makan si Kecil, karena pencernaan si Kecil belum berkembang sempurna. Ibu perlu menemukan cara agar dapat menaikkan berat badan si Kecil secara efektif dan tetap aman. Pada prinsipnya, untuk meningkatkan berat badan si Kecil, Ibu dapat memberikan makanan yang berkalori tinggi. Tak hanya berkalori tinggi, makanan yang diberikan untuk si Kecil harus mengandung zat-zat yang baik bagi pertumbuhan dan perkembangan si Kecil. Makanan bernutrisi tinggi bukan hanya bisa menambah berat badan si Kecil namun juga bisa membuat daya tahan tubuh si Kecil kuat dan tidak mudah terserang penyakit.

Untuk mengatasi masalah berat badan si Kecil yang tak kunjung naik, Ibu perlu mencari tahu apa yang menjadi penyebab masalah tersebut. Ibu bisa meningkatkan kualitas dan kuantitas ASI yang Ibu berikan kepada si Kecil bila Ibu merasa ASI yang diberikan untuk si Kecil di bawah standar yang dianjurkan. Ibu juga perlu untuk tetap menjaga kesehatan tubuh dan lingkungan di sekitarnya.

Selalu pastikan makanan yang si Kecil makan terdiri dari karbohidrat dan lauk yang mengandung protein serta sayuran yang mengandung serat ataupun buah yang mengandung vitamin. Pastikan jika semua asupan nutrisi tersebut memiliki kadar yang seimbang.

Berikut merupakan beberapa bahan makanan yang dapat membantu Ibu untuk menaikkan berat badan si Kecil:

Artikel Sejenis

Mentega, Margarin, Minyak Zaitun

Memberikan mentega, margarin, ataupun minyak zaitun tidak selamanya buruk. Bahan-bahan tersebut memiliki kandungan lemak yang sangat baik untuk si Kecil yang memiliki berat badan rendah. Margarin dan mentega juga memiliki kandungan vitamin A, D, dan B1 serta protein yang baik bagi pertumbuhan yang kuat pada si Kecil.

Saat menyiapkan makanan pada si Kecil, campurkan sedikit, setidaknya dua sendok, mentega, margarin, ataupun minyak zaitun pada makanannya. Selain menambah kalori pada si Kecil tanpa meningkatkan porsi makanannya, bahan-bahan tersebut juga membuat cita rasa makanan lebih enak.

Telur

Telur memiliki protein yang tinggi, vitamin A dan vitamin b12 yang penting untuk pertumbuhan dan perkembangan si Kecil. Telur juga mengandung omega 3 dan omega 6 yang baik untuk perkembangan otak si Kecil. Bila tidak ada tanda alergi telur pada si Kecil, telur bisa dikonsumsi sejak si Kecil berusia enam bulan.

Alpukat

Kebutuhan lemak dan kalori si Kecil juga bisa Ibu berikan melalui alpukat. Alpukat menjadi buah-buahan yang paling banyak direkomendasikan untuk meningkatkan berat badan si Kecil. Selain mengandung kalori, alpukat juga mengandung asam lemak tak jenuh, asam folat, dan magnesium yang berguna bagi kesehatan tubuh si Kecil. Dengan mengkonsumsi alpukat teratur dan dengan takaran yang cukup, si Kecil akan memiliki daya tahan tubuh yang kuat dan tidak mudah terserang penyakit.

Pisang

Rasa manis dan teksturnya yang lembut membuat pisang seringkali disukai si Kecil. Selain mudah dicerna si Kecil, kandungan kalori yang tinggi dalam buah pisang dapat membantu Ibu dalam menaikkan berat badan si Kecil. Pisang dapat disajikan secara langsung atau dihaluskan terlebih dahulu khususnya sebagai Makanan Pendamping ASI (MPASI).

Daging Ayam

Selain karena daging ayam mudah didapat dan harganya lebih terjangkau dibandingkan jenis daging lainnya, daging ayam juga memiliki kandungan protein tinggi yang berguna dalam membangun otot yang kuat dalam tubuh si Kecil.

Daging Sapi

Daging sapi memiliki kandungan protein, lemak, dan sumber alami zat besi yang dibutuhkan si Kecil dalam proses tumbuh kembangnya. Daging sapi juga mengandung vitamin B12 yang dapat mengurangi risiko anemia si Kecil di kemudian hari.

Kentang

Penting bagi Ibu untuk mengatur kandungan makanan si Kecil. Makanan si Kecil setidaknya harus mengandung 40% karbohidrat. Kentang bisa menjadi makanan yang tepat untuk si Kecil dalam meningkatkan berat badan karena mengandung asam amino seperti arginine dan glutamine.

Pada prinsipnya, yang harus Ibu lakukan untuk meningkatkan berat badan si Kecil adalah dengan memastikan kebutuhan nutrisinya seperti, karbohidrat, lemak, protein, dan vitamin terpenuhi.