Whatsapp Share Like
Simpan

Tumbuh menjadi anak yang pintar dan sopan menjadi harapan semua orang tua. Ibu juga tentu berharap si Kecil bisa mengucapkan kata-kata sederhana namun memiliki arti yang luar biasa. Misalnya kata maaf, tolong, dan terima kasih. Kata-kata ini memang sangat penting diajarkan kepada si Kecil. Dengan kata-kata ini si Kecil juga akan belajar cara hidup yang sopan dan santun. Tiga kata ini memang penting diajarkan agar si Kecil memiliki sikap simpati kepada orang lain.

Kata maaf akan diucapkan ketika si Kecil melakukan kesalahan. Dengan begitu dia tidak akan berbuat kesalahan yang sama kedepannya. Ketika si Kecil merasa bersalah maka di akan berusaha meminta maaf. Si Kecil akan berusaha sebaik mungkin di setiap aktivitasnya agar tidak berbuat salah. Namun ketika si Kecil berbuat salah, Ibu sebaiknya jangan memarahinya. Berikanlah pengertian dan pemahaman bahwa dia bersalah dan tidak boleh melakukannya lagi.

Kata tolong sendiri akan perlu digunakan ketika si Kecil meminta bantuan. Kata ini juga penting diajarkan agar si Kecil tidak semena-mena dalam meminta sesuatu. Ketika si Kecil membutuhkan sesuatu, dia harus bisa meminta dengan kata tolong. Dengan begitu si Kecil tidak akan meremehkan segala hal. Membiasakan si Kecil mengucap kata tolong akan mengajarinya berhubungan dengan orang lain.

Selain kata maaf dan tolong, kata terima kasih juga sangat penting diajarkan sejak dini. Mengajarkan kata ini juga akan melatih sikap si Kecil. Kata terima kasih memiliki efek yang sangat besar dalam sebuah interaksi. Terima kasih sering diucapkan saat menerima sesuatu dari orang lain. Ketika si Kecil menerima sesuatu, Ibu harus mengajarinya mengucapkan terima kasih.

Ada beberapa cara yang bisa Ibu lakukan agar si Kecil bisa mengucapkan tiga kata penting tersebut. Ibu bisa membiasakan si Kecil mengucapkan tiga penting itu dengan mengajarkannya secara berulang. Dalam mengajari si Kecil mengucapkan tiga kata tersebut bukanlah hal yang mudah, Ibu perlu bersabar dalam jangka waktu yang panjang. Sebelum mengajarkan si Kecil mengucapkan kata maaf, tolong dan terima kasih, ada baiknya Ibu memberitahunya makna kata-kata tersebut. Sehingga si Kecil bisa menempatkan setiap kata pada keadaan yang sesuai.

Artikel Sejenis

Selanjutnya Ibu dan anggota keluarga lainnya bisa menjadi contoh. Setelah memberi pemahaman penggunaan tiga kata tersebut cara selanjutnya adalah memberi contoh. Meniru perilaku orang di sekitarnya adalah hal yang bisa dilakukan si Kecil karena belum bisa membedakan hal yang baik dan buruk. Sehingga dengan Ibu mencontohkannya, si Kecil akan terbiasa menirunya. Ketika berinteraksi dengan si Kecil Ibu sebaiknya menggunakan tiga kata tersebut agar si Kecil lebih mengerti penggunaannya.

Ibu juga bisa membiasakan hal ini sejak si Kecil berada dalam kandungan. Ibu disarankan untuk membiasakan diri mengucapkan kata maaf, tolong, dan terima kasih. Saat Ibu berbicara kepada si Kecil yang masih dalam kandungan sisipkanlah kata-kata tersebut. Perilaku memang bisa diajarkan sejak si Kecil dalam kandungan. Ikatan kuat antara si Kecil dan Ibu memang sangat luar biasa. Sehingga dengan bersikap baik selama kehamilan sangat diperlukan.

Setelah si Kecil tahu makna tiga kata tersebut, Ibu perlu meminta si Kecil melakukannya. Selain pemahaman dan pemberian contoh, eksekusi sendiri oleh si Kecil akan lebih efektif. Mintalah si Kecil mengucapkan tiga kata tersebut ketika berinteraksi dengan keluarga terdekat. Setelah dengan keluarga terdekat, mintalah si Kecil mengucapkan kata-kata tersebut dengan orang lain dan orang yang ada di lingkungannya. Dengan mempraktikkannya secara langsung, si Kecil akan lebih cepat memahami maksud dari kata-kata tersebut.

Ibu akan sangat berperan penting dalam pertumbuhan si Kecil ini. Ibu perlu bersabar bila si Kecil belum bisa mengucapkan tiga kata tersebut. Diperlukan waktu dan latihan yang terus-menerus agar si Kecil terbiasa dengan kata-kata tersebut. Namun Ibu tidak perlu khawatir jika si Kecil belum bisa mengucapkan tiga kata ini. Setiap anak memiliki pertumbuhan yang berbeda. Ibu hanya perlu memberikan waktu dan perhatian kepada si Kecil agar dia tumbuh menjadi anak yang pintar dan sehat.

Si Kecil yang sudah terbiasa dengan kata maaf, tolong, dan terima kasih akan memiliki nilai-nilai positif dalam dirinya. Secara tidak langsung si Kecil akan menghargai orang lain dengan mengucap maaf ketika melakukan kesalahan. Mengucapkan kata tolong ketika meminta bantuan kepada orang lain. Mengucapkan kata terima kasih ketika menerima sesuatu dari orang lain. Kata terima kasih juga akan menumbuhkan rasa empati dan simpati. Mengajari si Kecil tiga kata ini akan menjadikan si Kecil memiliki sopan santun.