Whatsapp Share Like
Simpan

Sebagai anugerah berharga bagi kedua orang tua, kesehatan si Kecil merupakan hal bernilai yang penting untuk dijaga dan diperhatikan. Khususnya pada usia 1 tahun, dimana si Kecil berada pada fase sedang aktif-aktifnya. Keingintahuan si Kecil yang mulai tinggi membuat mereka mencoba banyak hal, mulai dari merangkak, bergerak kesana kemari, bermain, hingga memasukkan sesuatu ke dalam mulutnya. Pada usia ini, orangtua perlu memantau kesehatan anak dengan baik dan benar.

Berikut adalah beberapa tips yang dapat orangtua lakukan untuk menjaga kesehatan anak usia 1 tahun:

  1. Atur pola makan si Kecil

    Pada usia 1 tahun, anak akan lebih penasaran dengan lingkungan sekitarnya, termasuk pada makanan. Orang tua pun juga akan terdorong untuk memberikan beragam makanan kepada si Kecil. Namun perlu diketahui, tidak semua makanan bisa si Kecil konsumsi di usia 1 tahun. Berilah makanan kepada si Kecil makanan yang mudah dicerna dan tidak membuatnya tersedak. Jika ingin memberikan makanan berserat seperti sayur, lebih baik jika dihaluskan atau dipotong kecil-kecil. Perhatikan juga untuk tidak memberikan makanan kecil namun keras, seperti, kacang, popcorn, dan sebagainya. Selain itu, Ibu perlu mengetahui makanan yang bisa berpotensi menyebabkan alergi pada si Kecil.

    Berkaitan dengan pola makan, frekuensi makan yang dapat diberikan pada umur 1 tahun berkisar 3 sampai 4 kali sehari. Porsi makan yang dapat diberikan berkisar ¾ sampai 1 mangkuk (175-250 ml) sekali makan. ASI dapat diberikan sebagai selingan 1-2 kali sehari. Dengan menjaga pola makan tersebut, si Kecil akan memiliki daya tahan tubuh dan pertumbuhan yang sehat dan kuat.

    Dalam mengatur pola makan, orangtua akan menjumpai berkurangnya nafsu makan si Kecil pada usia ini. Jangan khawatir, penurunan nafsu makan tersebut dipengaruhi juga oleh tingkat pertumbuhan yang juga mulai melambat.

    Artikel Sejenis

  2. Tentukan waktu tidur

    Waktu tidur sangat penting bagi si Kecil untuk menjaga kesehatan tubuh. Pada saat tidur, tubuh dan otak si Kecil akan beristirahat. Tidur dapat mendukung tumbuh kembang si Kecil karena 75% hormon pertumbuhan dikeluarkan saat si Kecil terlelap. Hormon tersebut dapat membantu tubuh si Kecil memperbaiki dan memperbaharui sel yang rusak. Proses pembaharuan tersebut akan lebih berlangsung optimal ketika si Kecil tidur. Oleh karena itu, penting bagi orang tua untuk mengatur waktu tidur si Kecil agar tumbuh kembang dan kesehatannya tetap kuat dan optimal.

    Tidur yang cukup berfungsi juga untuk menangkal penyakit dan meningkatkan daya ingat si Kecil. Perlu diketahui, pada usia 1 tahun, seorang anak cenderung membutuhkan waktu tidur optimal sekitar 11-14 jam dalam sehari. Jadi, pastikan agar anak tidak melewatkan tidur siang dan tidak tidur terlalu larut saat malam.

    Agar si Kecil tidak sulit tidur di malam hari, pastikan agar si Kecil tidak terlalu lelah dan memiliki waktu tidur siang yang cukup. Sebaiknya, si Kecil tidak memiliki banyak aktivitas di atas jam 16:00, karena dapat mempengaruhi kualitas tidurnya. Perlu diperhatikan juga, si Kecil mungkin akan sering mengigau atau menangis di tengah malam, hal itu mungkin karena haus, lapar, atau sekedar memuaskan kebutuhan oralnya (mengempeng). Tidak perlu khawatir, setelah itu si Kecil biasanya akan kembali terlelap.

  3. Cuci kaki dan tangan setelah beraktivitas

    Selain untuk menjaga kebersihan, mencuci tangan dan kaki setelah si Kecil beraktivitas dapat menghindarkan si Kecil dari berbagai macam penyakit seperti, flu dan diare. Ajari si Kecil budaya mencuci tangan dan kaki sebelum tidur untuk menjaga kebersihan dan kesehatan yang tetap kuat dan optimal.

  4. Kontrol permainan si Kecil

    Mengontrol permainan si Kecil dapat dilakukan dengan memberikan permainan yang tidak hanya menyenangkan, tapi juga mengajarkan berbagai kemampuan yang mengasah perkembangan motoriknya. Permain tersebut berguna untuk stimulasi tumbuh kembang yang optimal. Selain dari faktor gizi, kesehatan si Kecil dapat dilakukan dengan permainan yang mendorong kreativitasnya. Permainan yang dapat merangsang otak si Kecil antara lain: memperkenalkan sumber suara, melatih imajinasinya, melatih si Kecil mendorong dan menarik, serta mengajarkan si Kecil melakukan kegiatan sehari-hari dengan cara yang kreatif.

  5. Imunisasi

    Imunisasi menjadi faktor penting untuk menjaga kesehatan buah hati. Melalui imunisasi, si Kecil akan memiliki daya tahan tubuh yang kuat dan terhindar dari berbagai macam penyakit. Oleh karena itu, ingatlah jadwal imunisasi anak. Pada usia 1 tahun, Ikatan Dokter Anak Indonesia merekomendasikan beberapa imunisasi yang perlu diberikan untuk anak, antara lain: imunisasi polio, DPT Ulangan, MR, campak, hepatitis A, influenza, varisela, dan PCV.

Selain beberapa hal diatas, penting untuk Ibu dan Ayah agar bisa rutin berkonsultasi dengan dokter terkait kesehatan anak.