Whatsapp Share Like
Simpan

Kondisi mata belekan pada si Kecil adalah hal umum yang wajar terjadi oleh bayi yang baru lahir. Satu dari 20 bayi umumnya mengalami belekan pada minggu pertama sejak ia dilahirkan. Kondisi tersebut pun dapat sembuh dan teratasi dengan sendirinya saat si Kecil berusia 6 hingga 12 bulan. Namun, perlu bagi Ibu untuk tidak menyepelekan kondisi tersebut dan perlu tindakan medis atau melakukan konsultasi kepada dokter untuk menghindari komplikasi serius atau dampak buruk lainnya yang berisiko membahayakan penglihatan si Kecil. Penting bagi Ibu untuk mengetahui penyebab mata si Kecil belekan serta cara mengatasinya, antara lain:

Penyebab Mata Si Kecil Belekan

Belekan pada si Kecil umumnya disebabkan oleh tersumbatnya saluran air mata si Kecil. Akan tetapi, ada juga penyebab lain, seperti iritasi ringan, masuknya benda asing, hingga kondisi mata belekan yang harus ditangani karena infeksi bakteri. Berikut penyebab mata belekan pada si Kecil secara lengkap:

  1. Tersumbatnya Saluran Air Mata

    Tersumbatnya saluran air mata merupakan penyebab umum pada mata belekan si Kecil yang akan teratasi dengan sendirinya. Meskipun mata si Kecil berair terus menerus, selama mata merah dan tidak meradang, kondisi tersebut akan berangsur membaik hingga 6-12 bulan.

  2. Iritasi Ringan

    Iritasi ringan yang dapat menimbulkan belekan pada mata si Kecil dalam jumlah yang sedikit adalah kebiasaan si Kecil menggosok-gosokkan matanya. Ibu bisa mengatasinya dengan mengusap matanya dengan bantuan kapas yang dibasahi oleh air hangat dari sudut mata ke pangkal hidungnya.

  3. Masuknya Benda Asing

    Masuknya benda asing yang secara tidak sengaja, misalnya debu, dapat membuat mata bereaksi secara alami untuk membentengi diri dari benda asing, reaksi tersebut salah satunya berupa belekan. Jika Ibu telah memberikan antibiotik karena mengira mata belekan si Kecil terjadi karena infeksi, kemungkinan penyebab belekan tersebut adalah masuknya benda asing seperti debu tersebut ke mata.

    Artikel Sejenis

  4. Infeksi Bakteri

    Mata belekan pada si Kecil yang disebabkan oleh infeksi bakteri bukanlah hal yang wajar. Infeksi bakteri pada mata dapat menjadi penyakit yang menular dan jika tidak ditangani dengan tepat dikhawatirkan akan mempengaruhi penglihatannya di kemudian hari. Bakteri yang biasanya menyebabkan penyakit ini memiliki kelebihan untuk menembus kornea si Kecil. Selain memerlukan pengobatan antibiotik, kondisi tersebut sebaiknya dikonsultasikan dan ditangani lebih lanjut oleh dokter.

Cara Mengatasi Mata Belekan pada Si Kecil

Setelah mengetahui penyebabnya, Ibu perlu tahu cara mengatasinya agar si Kecil dapat menjaga kekuatan dan kesehatan fisik si Kecil serta membuatnya nyaman dalam perkembangan indera penglihatannya. Berikut cara mengatasi mata belekan yang terjadi pada si Kecil:

  1. Bersihkan dengan Usapan

    Untuk membersihkan belek pada mata si Kecil, Ibu bisa menggunakan kapas atau cotton bud dengan air hangat. Usapkan perlahan dari sudut mata ke pangkal hidung berulang kali hingga bersih. Ganti kapas atau cotton bud setiap kali Ibu mengusap. Lakukan teratur setiap hari agar belek pada mata si Kecil tidak menumpuk dan tidak terjadi berulang-ulang.

  2. Lakukan Pemijatan

    Ibu bisa mengatasi belekan pada mata si Kecil, Ibu bisa memberikan pijatan tidak terlalu kuat pada si Kecil dari pangkal hidung dekat mata ke arah bawah dengan menggunakan ibu jari maupun telunjuk. Lakukan sekitar 5-10 kali pijatan, kemudian ulangi sebanyak 6 kali sehari.

  3. Oleskan ASI Jika Perlu

    Kandungan ASI memang menjadi kandungan yang memiliki banyak manfaat bagi tumbuh kembang si Kecil. Bahkan ASI mengandung satu hingga tiga juta lebih sel darah putih (leukosit) per militernya yang berguna untuk meningkatkan kekuatan daya tahan tubuh si Kecil. ASI yang kaya akan kandungan antibiotik dapat membantu mengatasi mata belekan pada si Kecil. Bukan dengan meneteskan ASI ke mata si Kecil langsung, memberikan ASI dapat dimulai dengan mengusapkan setetes ASI ke sudut mata dekat pangkal hidung.

  4. Bawa Si Kecil ke Dokter

    Jika ketiga cara di atas telah Ibu lakukan dan si Kecil tak berangsur sembuh, penting bagi Ibu untuk membawa si Kecil ke dokter agar dapat diketahui penyebab pasti serta pengobatan yang tepat untuk si Kecil.

Ibu bisa mengatasi mata belekan pada si Kecil agar tidak menyebabkan komplikasi yang serius di kemudian hari dengan cara-cara di atas. Akan tetapi, perlu Ibu perhatikan, jika belekan pada si Kecil disertai dengan mata merah dan pembengkakan secara serius, Ibu sebaiknya segera membawa si Kecil ke dokter untuk penanganan lebih lanjut. Penting bagi Ibu untuk memberikan yang terbaik untuk si Kecil agar si Kecil kuat, sehat, dan nyaman dengan kehidupannya.