Whatsapp Share Like
Simpan

Memiliki rambut lebat dan sehat tentu idaman semua orang. Ibu juga pastinya ingin si Kecil memiliki rambut yang lebat dan sehat bukan? Terkadang, secara natural rambut si Kecil dapat tumbuh lebat dengan sendirinya. Namun tak jarang pula, rambut tumbuh sangat lama dan tipis saja. Ibu bisa melakukan beberapa upaya agar rambut si Kecil tumbuh semakin lebat. Berikut ini merupakan 7 bahan alami yang bisa ibu berikan sebagai perawatan rambut si Kecil agar tumbuh lebat dan kuat.

Lidah buaya

Tanaman yang telah dikenal khasiatnya untuk melebatkan rambut adalah aloe vera atau lidah buaya. Cara penggunaannya sangat mudah. Potong satu ruas tanaman lidah buaya kemudian kupas dengan bersih. Setelah itu, haluskan daging lidah buaya yang telah dikupas dengan blender atau mixer. Oleskan pada rambut si Kecil secara merata sambil memberi pijatan lembut agar kandungan lidah buaya meresap. Diamkan selama 10 menit lalu bilas hingga bersih. Lakukan hal ini secara teratur setiap satu minggu sekali untuk mendapatkan rambut yang lembut, lebat, serta kuat.

Pisang dan yogurt

Ibu juga dapat memberikan sebuah pisang dan 2 sendok yogurt yang dihaluskan sebagai masker rambut. Tambahkan 2 sendok minyak zaitun lalu aduk dan oleskan merata pada rambut si Kecil. Diamkan 10 menit kemudian bilas hingga bersih. Campuran pisang dan yogurt dapat melebatkan serta menghaluskan rambut si Kecil karena mengandung vitamin A, B, B3, B6, E, C, D, protein, kalium, dan kalsium.

Madu dan minyak zaitun

Kondisi rambut pada si Kecil tidaklah sama satu dengan lainnya. Ibu bisa memberikan campuran madu dan minyak zaitun apabila rambut di Kecil sangat kering dan keriting. Campuran madu dan minyak zaitun dapat menjadi kondisioner alami bagi rambut si Kecil sehingga tumbuh lebih lebat dan sehat. Cara membuatnya sangat mudah, Ibu hanya perlu mencampur 2 sendok madu dan 2 sendok minyak zaitun. Oleskan pada seluruh permukaan rambut bayi kemudian pijat lembut dan diamkan selama 15 menit. Bilas sampai bersih setelahnya.

Kemiri

Kandungan minyak dalam kemiri berguna untuk melebatkan , melembutkan, serta menghitamkan rambut si Kecil. Ibu dapat menumbuk kemiri yang sudah disangrai terlebih dahulu, kemudian oleskan pada rambut si Kecil. Diamkan 10 menit lalu bilas hingga bersih.

Artikel Sejenis

Daun seledri

Selain lidah buaya, daun seledri juga cukup untuk membuat rambut si Kecil menjadi lebih lebat. Nutrisi dalam daun seledri seperti vitamin E, K, A, B kompleks, flavonoid, serta tanin dapat mencegah rambut si Kecil dari kerontokan. Cara pemakaiannya sangat mudah. Ibu bisa meremas beberapa lembar daun seledri sampai halus kemudian oleskan di rambut si Kecil. Diamkan 10 menit kemudian bilas hingga bersih.

Gelatin dan cuka apel

Ibu bisa juga mencampurkan gelatin dan cuka apel untuk kemudian dioleskan pada rambut si Kecil. Pijat dengan halus kemudian diamkan 10 menit. Bilas sampai bersih setelahnya. Kandungan dalam gelatin seperti asam amino esensial dapat membuat rambut semakin lebat. Cuka apel berguna untuk menguatkan akar rambut.

Air kelapa hijau

Air kelapa bisa juga digunakan untuk melebatkan rambut si Kecil, lho. Pilih air kelapa tua kemudian guyur rambut si Kecil dan diamkan 20 menit. Bilas sampai bersih dan lakukan perawatan ini rutin setiap hari. Kandungan di dalamair kelapa seperti hormone nabati sitokinin, vitamin C, dan antibakteri sangat baik dalam melebatkan dan menjaga kesehatan rambut si Kecil.

Selain memberikan berbagai bahan alami pada rambut si Kecil, Ibu juga bisa menjaga asupan nutrisinya agar selalu terjaga. Hal ini merupakan cara menumbuhkan rambut si Kecil dari dalam. Ibu dapat memberikan susu Frisian Flag 123 PRIMANUTRI yang disukai si Kecil karena memiliki 3 varian rasa yaitu madu, vanila, dan coklat. Kandungan di dalamnya sangat lengkap seperti omega 2, omega 6, minyak ikan, zat besi, asam sialat, dan sphingomyelin yang akan membuat si Kecil semakin pintar. Selain itu terdapat pula kandungan vitamin A, C, E, Send, Selenium, dan Serat Pangan Inulin yang berperan menjaga si Kecil selalu kuat. Ada pula kandungan protein, kalsium, dan vitamin D yang membantu proses penambahan tinggi si Kecil. Semua kandungan tersebut dapat membantu menjaga keseimbangan nutrisi dalam tubuh si Kecil.