Whatsapp Share Like
Simpan

Pendidikan merupakan hal yang penting bagi perkembangan si Kecil. Agar ia tumbuh menjadi anak yang pintar tentunya Ibu akan memberikan pendidikan yang terbaik. Selain bentuk pendidikan formal, pendidikan moral juga menjadi aspek yang sangat dibutuhkan. Hal ini akan mempengaruhi cara si Kecil dalam mengambil keputusan dan bersikap dalam jangka panjang. Berikut ini merupakan 7 pendidikan moral yang bisa Ibu ajarkan pada si Kecil terutama saat dia telah berusia 3 tahun. Simak ulasan lengkapnya, ya!

Mengucapkan kata tolong, maaf, dan terima kasih

Hal paling dasar dari pendidikan moral yang bisa Ibu ajarkan pada si Kecil adalah 3 kata ajaib. Ketiganya terdiri dari tolong, maaf, dan terima kasih. Ajarkan pada si Kecil untuk selalu mengucapkan kata tolong sebelum meminta bantuan orang lain. Biasakan juga ia mengucapkan kata maaf apabila melakukan sebuah kesalahan. Yang terakhir, pastikan si Kecil mengucapkan kata terima kasih setelah mendapatkan sesuatu atau sebuah bantuan. Ibu dapat memberi contoh terlebih dahulu sehingga si Kecil akan mengikuti dan semakin terbiasa menggunakan 3 kata ajaib tersebut.

Menumbuhkan rasa empati terhadap hewan dan tumbuhan

Pendidikan moral kedua yaitu rasa empati. Ajarkan si Kecil mengenai rasa empati terhadap hewan dan tumbuhan dengan merawat mereka. Jika si Kecil telah memiliki empati pada hewan dan tumbuhan, ia akan otomatis memiliki empati pada sesama manusia.

Contoh mengenai rasa empati misalnya memberi makan hewan peliharaan karena paham bahwa mereka pun membutuhkan makanan. Selain itu merawat tanaman dengan penuh kasih sayang juga akan mengasah empati si Kecil. Mendidik empati si Kecil akan membuatnya menjadi anak yang lebih sabar, penuh kasih, serta tidak mudah membenci sesuatu.

Berbuat baik dan berbagi terhadap sesama

Setelah si Kecil mengenal kata ajaib dan empati, selanjutnya Ibu dapat mengajarkan mengenai pentingnya berbagi terhadap sesama. Si Kecil yang mendapat pendidikan moral mengenai berbagi akan tumbuh menjadi anak yang terbuka. Ia akan lebih mudah berinteraksi sosial dan tidak menjadi pemalu. Beri pemahaman juga bahwa berbuat baik merupakan hal yang wajib dilakukan dimanapun dan kapan pun.

Artikel Sejenis

Mengenalkan si Kecil pada etika

Mengenalkan si Kecil terhadap etika juga termasuk hal penting. Dengan begitu si Kecil akan memahami bahwa ia harus memiliki sopan santun yang tepat. Misalnya, jika bicara dengan orang lebih tua harus dengan nada yang sopan dan bahasa yang halus. Pelajaran mengenai etika ini kelak akan berguna hingga si Kecil tumbuh dewasa.

Cara menghargai diri sendiri dan orang lain

Pendidikan moral bukan hanya tentang bagaimana bersikap dengan orang lain. Ibu diharapkan juga mengajarkan mengenai pentingnya menghargai diri sendiri. Tanamkan pada si Kecil bahwa dengan menghargai diri sendiri maka otomatis telah menghargai orang lain. Contoh sikap menghargai diri sendiri misalnya: mandi dan wangi sebagai usaha membersihkan tubuh sebelum bertemu orang lain, tidak bicara kasar, serta berpenampilan sopan.

Kenalkan pada Tuhan dan pentingnya beribadah

Pendidikan moral lainnya yang bisa ibu terapkan yaitu mengenalkan Tuhan. Ajari si Kecil pendidikan agama sesuai yang keluarga yakini. Ibu dapat mulai mengajari bahwa beribadah merupakan hal penting karena berkomunikasi dengan Tuhan dapat melalui ibadah. Nilai moral mengenai ketuhanan akan sangat berguna salah satunya untuk mencegah si Kecil melakukan berbagai hal buruk.

Tidak membeda-bedakan orang lain

Peran Ibu dan keluarga sebagai lingkungan terdekat si Kecil sangatlah penting bagi perkembangan moralnya. Oleh karena itu, pendidikan moral sebaiknya diajarkan dengan serius dan konsisten. Ajarkan pada si Kecil bahwa semua orang di dunia ini adalah sama hanya saja memiliki peran yang berbeda-beda.

Hal ini bertujuan agar si Kecil tidak menggolongkan orang dan memilih-milih dalam berteman. Jika pendidikan ini telah melekat sejak kecil, nantinya ia tidak akan tumbuh menjadi rasis atau condong pada golongan tertentu.

Agar si Kecil dapat menyerap berbagai pendidikan moral yang diajarkan dengan maksimal, ia membutuhkan tubuh yang sehat dan kuat. Ibu dapat memberinya asupan susu Frisian Flag 123 PRIMANUTRI untuk memenuhi berbagai nutrisinya sehingga daya tangkapnya semakin tajam. Kandungan yang terdapat dalam susu ini sangat lengkap seperti vitamin A, vitamin C, vitamin E, Send, Selenium, dan Serat pangan Inulin. Berbagai rasa kesukaan si Kecil seperti madu, vanila, dan coklat pun hadir sebagai pilihan susu Frisian Flag 123 PRIMANUTRI. Si Kecil yang Pintar, Kuat, dan Tinggi tentu dapat belajar dengan lebih baik.