Whatsapp Share Like
Simpan

Kesehatan si Kecil merupakan hal yang harus diutamakan. Jika si Kecil sehat tentu perkembangannya tidak akan terhambat. Ibu bisa melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan imun tubuh si Kecil sehingga ia selalu kuat dan sehat. Ada berbagai keuntungan jika imun tubuh si Kecil selalu terjaga dan stabil. Salah satunya adalah si Kecil dapat terhindar dari berbagai penyakit yang rentan diderita oleh anak usia 1-3 tahun. Berikut merupakan 7 cara meningkatkan imun tubuh si Kecil yang bisa ibu terapkan.

  1. Berikan asupan nutrisi yang cukup lewat makanan sehat

    Imun tubuh yang stabil berasal dari berbagai makanan sehat yang selalu dikonsumsi si Kecil setiap hari. Pastikan ibu memenuhi nutrisi si Kecil dengan memberikan berbagai makanan sehat. Ibu harus memenuhi kebutuhan mineral, vitamin, protein, lemak, serta banyak lainnya. Berbagai gizi tersebut bisa ibu dapatkan dengan memberi si Kecil buah, sayur, ikan, serta aneka kacang-kacangan.

  2. Berikan ASI serta susu bubuk pertumbuhan

    Memberikan ASI pada si Kecil sejak lahir sampai usia 1,5 tahun dapat menjaga imun tubuhnya lebih stabil. Apabila si Kecil sudah mulai memasuki usia 2 tahun dan tidak lagi minum ASI, ibu bisa menggantinya dengan susu bubuk pertumbuhan Frisian Flag 123 PRIMANUTRI. Pemberian ASI yang kemudian dilanjutkan dengan susu Frisian Flag 123 sangat penting untuk menjaga imun tubuhnya tetap aktif bergerak dan kuat. Di dalam susu Frisian Flag 123 PRIMANUTRI terdapat berbagai zat gizi untuk mendukung kebutuhan si Kecil  untuk aktif bergerak seperti  Vitamin A, C, E, Send, Selenium dan Serat Pangan Inulin. Selain untuk juga terdapat zat gizi untuk mendukung si Kecil Cepat Tangkap seperti: Omega 3, Omega 6, Minyak Ikan dan Zat Besi. Serta terdapat asam sialat dan sphingomyelin di dalam tabel nutrisinya untuk mendukung memori dan proses informasi di otak.  FF 123 PRIMANUTRI juga mengandung protein, kalsium dan vitamin D3 agar si Kecil Tumbuh Sesuai. Tersedia dalam rasa madu, vanilla dan cokelat yang lezat dan disukai si Kecil.

  3. Ajak si Kecil berolahraga rutin setiap hari

    Selain dari segi konsumsi makanan dan minuman, tubuh si Kecil perlu aktif bergerak agar imun tubuhnya tidak lemah. Ibu sebaiknya mengajak si Kecil berolahraga secara rutin setiap hari. Olahraga yang dilakukan cukup yang sederhana saja, misalnya bermain bola tendang bersama di halaman depan rumah atau bersepeda keliling kompleks setiap sore.

  4. Pastikan pola tidurnya teratur dan cukup

    Jika si Kecil sudah mengonsumsi makanan dan minuman sehat serta teratur berolahraga, hal selanjutnya yang bisa dilakukan agar imun tubuhnya meningkat yaitu dengan menjaga pola tidur. Jangan sampai si Kecil tidur terlalu larut pada malam hari. Pastikan tidurnya cukup dan nyenyak. Tidur siang pun tidak boleh terlalu banyak, harus disesuaikan dengan tingkat usia si Kecil.

    Artikel Sejenis

  5. Jangan mengisolasi si Kecil di tempat bersih

    Ibu tentu ingin yang terbaik bagi kesehatan si Kecil sehingga kadang tidak mengizinkan si Kecil bermain di tempat kotor. Padahal hal tersebut malah tidak baik, lho. Mengapa demikian? Jika ibu ingin meningkatkan imun tubuh si Kecil maka ibu sebaiknya membiasakan si Kecil bermain di tempat kotor. Tidak ada yang salah dengan bermain di bawah pohon atau bergulung-gulung di halaman belakang. Dengan begitu, tubuh si Kecil malah akan kebal terhadap berbagai bakteri dan kuman sehingga daya tahan tubuhnya pun ikut meningkat.

  6. Ajak si Kecil piknik atau berlibur ke tempat baru

    Apabila si Kecil stres dan merasa tertekan, imun tubuhnya dapat menurun drastis. Oleh karena itu, sesekali luangkanlah waktu untuk mengajak si Kecil berlibur ke tempat baru. Setiap sebulan sekali misalnya, ibu bisa mengajak si Kecil untuk ke pantai atau kemah bersama. Dengan begitu, si Kecil tidak akan suntuk karena di dalam rumah terus menerus. Selain itu, tubuhnya akan mendapat paparan sinar matahari dan udara bersih sehingga dapat membantu meningkatkan imun tubuhnya.

  7. Jangan sampai melewatkan imunisasi

    Pastikan ibu selalu mencatat tanggal imunisasi si Kecil. Imunisasi merupakan salah satu usaha untuk melindungi tubuh si Kecil dari penyakit. Anak yang mendapat imunisasi akan tumbuh lebih kuat dan memiliki imun tubuh yang lebih baik ketimbang yang tidak mendapat imunisasi. Jadi jangan lewatkan imunisasi si Kecil, ya.

Itulah 7 cara yang bisa ibu coba. Pastikan ibu melakukannya dengan teratur dan konsisten. Kondisi setiap anak memang berbeda-beda. Oleh karena itu, ada baiknya ibu berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter. Misalnya, si Kecil memiliki kondisi khusus yang tidak memungkinkan tubuhnya untuk berolahraga secara rutin setiap hari. Maka ibu dapat menuruti saran dokter untuk mengganti kebutuhan olahraga si Kecil dengan asupan vitamin tambahan atau hal lainnya.

Setelah berkonsultasi dengan dokter mengenai kondisi tubuh si Kecil, tentunya menjaga tubuhnya selalu sehat dan kuat harus dilakukan dengan semangat. Ibu pun sebaiknya juga menjaga kondisi tubuh sehingga tidak sakit. Jika ibu terbiasa untuk hidup sehat, tentu si Kecil tidak akan sungkan mengikuti apa yang menjadi kebiasaan ibu. Jadi, jangan lupa bahwa ibu juga harus menjaga imun tubuh, ya.