Whatsapp Share Like
Simpan

Sistem imun yang sempurna dapat membuat daya tahan tubuh si Kecil kuat dan berjalan dengan baik. Sel-sel di dalam tubuh akan bekerja dan memberikan perlindungan tubuh yang optimal dari zat-zat asing seperti virus, infeksi, bakteri, dan zat lainnya yang dapat memberikan dampak negatif kepada tubuh si Kecil. Oleh karena itu, sistem imun merupakan hal yang harus Ibu perhatikan dan dijaga. Pasalnya, jika sistem imun pada tubuh si Kecil melemah, maka kesehatan si Kecil akan melemah pula dan menjadi rentan terserang penyakit. Jangan khawatir Bu, berikut merupakan 7 cara yang dapat Ibu lakukan untuk meningkatkan imun si Kecil agar tidak gampang terserang penyakit:

  1. Selalu berikan ASI

    Pemberian ASI sejak awal pertama kelahirannya memiliki peranan penting yang dapat membantu tumbuh kembang si Kecil secara optimal ke depannya, termasuk kondisi fisiknya. Hal itu dikarenakan ASI mengandung banyak vitamin yang memiliki fungsi positif untuk membentuk antibodi pada tubuh si Kecil.

    Maka, ASI memiliki peran untuk membantu memperkuat daya tahan tubuh si Kecil supaya proses tumbuh kembangnya tidak diiringi dengan kondisi tubuh yang rentan terserang bakteri atau virus yang membuat si Kecil sakit.

  2. Iringi dengan MPASI yang sehat

    Pola makanan si Kecil menjadi faktor penentu lain dalam menentukan kondisi fisik si Kecil. Kesehatan yang baik akan terwujud dengan makanan yang sehat dan baik pula untuk tumbuh kembang si Kecil. Saat berusia 6-12 bulan, si Kecil mulai dikenalkan dengan Makanan Pendamping ASI (MPASI). Ibu sebaiknya memberikan MPASI berdasarkan bahan-bahan makanan yang memiliki nutrisi tinggi seperti sayur-sayuran dan buah-buahan. Nutrisi memiliki peranan untuk meningkatkan imun si Kecil.

    Ibu juga bisa memberikan si Kecil daging ayam atau sapi saat MPASI. Daging memiliki kandungan zinc yang dapat meregenerasi sel-sel dalam tubuh dan meningkatkan kekebalan tubuh si Kecil.

    Perlu Ibu perhatikan, Ibu sebaiknya memberikan porsi makan yang sesuai dan tidak berlebihan agar si Kecil terhindar dari gangguan pencernaan.

  3. Pastikan waktu istirahat si Kecil cukup

    Untuk mendapatkan kondisi fisik yang optimal si Kecil membutuhkan waktu tidur dan istirahat yang cukup. Beberapa pakar mengatakan si Kecil membutuhkan waktu tidur setidaknya 13-14 jam setiap harinya. Kualitas tidur akan membantu proses kinerja sistem imun pada tubuh si Kecil.

    Waktu tidur yang tidak cukup akan menghambat produksi interleukin-1 yang merupakan protein yang dihasilkan sel-sel tubuh untuk mencegah masuknya kuman ke dalam tubuh. Untuk itu, Ibu sangat disarankan untuk mengatur pola tidur si Kecil sejak dini.

  4. Tidak perlu berlebihan dalam menjaga kebersihan

    Menjaga kebersihan memang penting, namun kurang tepat jika dilakukan secara berlebihan. Dalam beberapa kondisi, si Kecil perlu melakukan kontak dengan bakteri maupun virus. Hal ini sebagai upaya untuk memperkuat daya tahan tubuh si Kecil.

    Sistem imun pada si Kecil perlu untuk diberikan stimulasi dalam menjalankan tugas-tugasnya agar dapat bekerja dengan baik. Jika tak ada bakteri dan virus sama sekali, makan sistem imun si Kecil menjadi tidak bekerja dan melemah. Namun, cukup lakukan upaya tersebut dengan batas yang tidak berlebihan.

  5. Bawa si Kecil keluar untuk terkena matahari dan oksigen

    Rumah dengan kondisi lingkungan yang bersih dan nyaman bisa menjadi tempat paling aman bagi si Kecil. Akan tetapi, bukan berarti si Kecil tidak boleh terkena lingkungan luar. Rutinitas yang dilakukan terus menerus secara monoton di dalam ruangan membuat si Kecil tidak merasakan sinar matahari dan oksigen di luar yang sebenarnya ia butuhkan.

    Sinar matahari dan oksigen memiliki dampak positif yang dapat meningkatkan imun si Kecil. Oleh karena itu, biarlah si Kecil terkena sinar matahari dan oksigen. Hal tersebut sangat baik dilakukan di pagi hari.

  6. Lakukan imunisasi

    Ada beberapa penyakit yang hanya bisa dicegah menggunakan imunisasi secara medis, seperti polio, campak, hepatitis, dan semacamnya. Oleh karena itu, penting bagi Ibu untuk melakukan imunisasi dan melakukan konsultasi pada dokter dalam pemberian imunisasi tersebut.

Selain cara-cara di atas, penting bagi Ibu untuk selalu memberikan nutrisi agar daya tahan tubuhnya tetap kuat dan terjaga. Ibu bisa memberikan produk susu bubuk pertumbuhan Frisian Flag 123 PRIMANUTRI yang kaya akan kandungan vitamin A, C, E, Seng, Selenium, Serat Pangan Inulin yang mampu meningkatkan sistem imun si Kecil serta dapat membuatnya aktif bergerak untuk mendukung aktivitas hariannya.