Whatsapp Share Like
Simpan

Dalam periode kehamilan, makanan merupakan komponen penting dalam menjaga kesehatan Ibu dan si Kecil. Pada masa ini, apa yang dikonsumsi Ibu tidak boleh sembarangan karena dapat memberikan dampak buruk kepada Ibu dan si Kecil. Di sisi lain, ada asupan-asupan makanan yang direkomendasikan untuk dikonsumsi karena kaya akan manfaat. Apa saja yang perlu dikonsumsi Ibu selama menjalani masa kehamilan? Berikut ulasannya.

  1. Sayuran Hijau dan Telur
    Sayuran hijau dan telur merupakan dua bahan baku makanan kaya akan gizi yang sangat dibutuhkan tubuh. Keuntungan lain dari mengonsumi sayuran hijau dan telur adalah keduanya merupakan makanan yang sangat murah dan mudah untuk diperoleh. Meskipun murah dan mudah didapatkan, namun jangan remehkan gizi yang dimiliki oleh keduanya. Sayuran hijau, diketahui mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan ibu hamil seperti vitamin C, vitamin K, vitamin A, kalsium, zat besi, folat, dan kalium. Nutrisi yang terdapat pada sayuran bermanfaat untuk menjaga sistem kekebalan tubuh dan pencernaan. Sedangkan pada telur, di dalamnya terkandung kolin yang sangat penting untuk kesehatan otak dan perkembangan si Kecil. Untuk membuatnya lebih menarik, Ibu bisa mengolaborasikan antara telur dan sayuran hijau menjadi olahan yang enak untuk dinikmati.
  2. Ikan salmon
    Bukan hal yang asing lagi, nampaknya ikan salmon masuk menjadi salah satu menu wajib dalam menunjang kesehatan Ibu dan si Kecil pada masa kehamilan. Ikan salmon merupakan sumber protein hewani yang dibutuhkan ibu hamil karena kaya akan asam lemak omega-3 dan vitamin D. Masing-masing kandungan tersebut sangat dibutuhkan karena dapat membantu perkembangan otak dan mata si Kecil yang sedang tumbuh. Akan tetapi perlu diperhatikan, untuk dapat dikonsumsi oleh ibu hamil, ikan salmon harus diolah dan dimasak sampai benar-benar matang. Hal ini disebabkan, ikan salmon yang diolah tidak benar-benar matang, meningkatkan risiko kontaminasi bermacam-macam bakteri yang berbahaya bagi kesehatan Ibu dan janin yang ada di dalam kandungan. Oleh sebab itu, ibu hamil tidak disarankan menyantap sajian-sajian mentah berbahan dasar ikan seperti sushi dan sashimi yang biasanya menjadi kegemaran perempuan saat ini.
  3. Daging
    Daging sering dianggap sebagai konsumsi yang buruk dan perlu dihindari. Padahal, daging merupakan sumber utama protein hewani yang berkualitas tinggi. Manfaat yang bisa didapat dari mengonsumsi daging adalah sebagai zat pembangun dan pembentuk jaringan tubuh pada bayi. Selain itu juga membantu pembentukan darah yang mana pada masa kehamilan volume darah menurun akibat pembesaran tubuh ibu hamil. Meski demikian, ada hal yang perlu diperhatikan dalam mengonsumsi daging bagi ibu hamil. Sama seperti pengolahan ikan salmon, pengolahan pada daging pun perlu dilakukan hingga benar-benar matang. Selain itu, daging juga perlu diolah dengan sangat higienis sehingga bakteri jahat yang terdapat pada daging hilang. Oleh karena itu, disarankan mengolah sendiri daging yang akan dikonsumsi daripada harus membeli makanan berbahan daging dari luar karena dikhawatirkan higienitasnya.
  4. Susu
    Khasiat susu dalam menjaga kesehatan tubuh manusia memang sudah dikenal sejak dulu. Susu dikenal sebagai asupan yang bermanfaat bagi tulang karena memiliki kandungan kalsium yang tinggi. Pada masa kehamilan, kalsium yang terdapat pada Ibu diserap juga oleh si Kecil yang ada dalam kandungan. Untuk menyiasati hal ini, diperlukan asupan yang kaya kalsium seperti susu agar Ibu dan si Kecil terjaga kebutuhan kalsiumnya. Bentuk lain dari susu seperti yogurt pun memiliki manfaat yang diperlukan oleh ibu hamil. Hasil fermentasi susu yang sudah menjadi yogurt, memiliki khasiat untuk mengurangi risiko komplikasi selama masa kehamilan Ibu. Secara garis besar, mengonsumsi susu merupakan hal yang menyehatkan bukan hanya pada saat tertentu. Khusus bagi Ibu yang sedang mengandung, susu memiliki manfaat jangka panjang bagi si Kecil yaitu dengan pertumbuhan tulang dan tubuhnya menjadi optimal.  Susu ibu hamil Frisian Flag Mama Tahap 0 SUPRIMA dengan rasa cokelat yang lezat dapat mendukung asupan nutrisi ibu selama periode kehamilan dan menyusui.

  5. Kacang-kacangan
    Pada trimester pertama, kacang-kacangan merupakan asupan yang penting bagi ibu hamil. Kacang-kacangan yang baik dikonsumsi oleh ibu hamil meliputi kacang kedelai, kacang tanah, buncis, dan kacang polong. Di dalam kacang-kacangan tersebut, terkandung nutrisi seperti asam folat, serat, protein, zat besi, dan kalsium yang diperlukan tubuh selama kehamilan. Kandungan yang terdapat pada kacang-kacangan tersebut bermanfaat untuk mencegah risiko bayi lahir dengan kondisi cacat lahir dan kemungkinan adanya penyakit pada bayi ketika lahir. Selain itu kacang-kacangan juga baik untuk perkembangan otak dan optimalisasi saraf pusat pada bayi. Untuk ibu hamil, kandungan yang terdapat pada kacang-kacangan sangat baik untuk menjaga kepadatan tulang dan mengganti kalsium yang diambil bayi selama perkembangan di dalam kandungan.


Itulah 5 asupan makanan yang direkomendasikan untuk dikonsumsi oleh Ibu saat hamil. Perlu diperhatikan, asupan tersebut dapat menyeimbangkan kebutuhan gizi yang diperlukan oleh Ibu selama masa kehamilan. Namun untuk menyempurnakannya, Ibu dapat mengonsumsi asupan tambahan yang ada pada susu bubuk untuk ibu hamil Frisian Flag Mama Tahap 0 SUPRIMA yang dalam satu gelasnya mengandung banyak manfaat untuk kebaikan janin dan Mama.